Turki Luncurkan Boat Tempur Tanpa Awak

Drone tempur ULAQ Tyrki

Jakartagreater.com – Galangan Kapal ARES yang berbasis di Antalya, dan Meteksan Defense yang berbasis di Ankara meluncurkan konsep drone boat – Armed Unmanned Surface Vehicle (AUSV) “ULAQ” pertama di Turki pada hari Rabu, Lansir Defenseworld.

Armed Unmanned Surface Vehicle, yang prototipe-nya akan diluncurkan pada bulan Desember, akan menjadi platform pertama dari jalur “ULAQ”, kata Meteksan dalam rilisnya.

ULAQ dibangun dari bahan komposit canggih, memiliki jangkauan 400 km, kecepatan 65 km / jam, kemampuan penglihatan siang / malam, infrastruktur komunikasi terenkripsi, dapat dioperasikan dari kendaraan bergerak dan markas atau dari platform laut seperti kapal induk atau fregat, dan digunakan untuk misi seperti intelijen, pengawasan, pengintaian, peperangan permukaan, perang asimetris, misi pengawalan, perlindungan infrastruktur strategis.

Boat prototipe yang desainnya selesai pada bulan Agustus dan bangunan strukturalnya baru saja selesai, rencananya akan diluncurkan ke perairan Mediterania pada bulan Desember setelah selesai perlengkapannya. Boat akan dilengkapi 4 sel rudal Cirit dan 2 rudal L-UMTAS, yang dipasok oleh penyedia sistem rudal ROKETSAN, di mana uji tembak direncanakan akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2021.

Selain sistem rudal, AUSV akan dilengkapi dengan berbagai variasi sistem komunikasi dan intelijen seperti sistem pengacak dan peperangan elektronik untuk memenuhi beragam kebutuhan operasional. AUSV akan dapat melakukan operasi gabungan dengan pasukan pelengkap seperti UAV, AUAV, dan TUAV. Selain itu, AUSV tidak hanya kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh tetapi juga dan yang lebih penting adalaha drone otonom yang dilengkapi kecerdasan buatan.

Setelah kapal prototipe pertama, USV lain untuk misi operasi seperti pengawasan dan intelijen, penyapu ranjau, perang anti-kapal selam, pemadam kebakaran, misi pencarian dan penyelamatan, akan diproduksi juga, kata perusahaan itu.

Tinggalkan komentar