Turki Luncurkan TCG Kinaliada, Korvet Ada-Class Baru

40

Angkatan Laut Turki meluncurkan korvet Ada-kelas baru yang diproduksi di dalam negeri. Korvet yang diberi nama Kinaliada, telah diluncurkan pada tanggal 3 Juli, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Peresmian kapal perang ke empat yang diproduksi di dalam negeri, korvet TCG Kinaliada, dan upacara pembangunan frigate Istanbul berlangsung pada hari Senin dengan partisipasi Presiden Recep Tayyip Erdogan di Komando Galangan Kapal Angkatan Laut Turki yang ada di distrik Tuzla. Dalam pidatonya, Presiden Erdogan menekankan pentingnya swasembada dalam pertahanan serta proyek-proyek pertahanan lainnya.

“Apapun alasannya, sangat tidak masuk akal bagi kita untuk menoleransi sikap terhadap pencegahan terobosan Turki dalam industri pertahanan. Mereka yang mengadopsi sikap seperti itu akan menghadapi kita secara pribadi”, menurut Presiden Erdogan.

Korvet keempat dan yang terakhir, F-514 TCG Kanaliada, Ada class, Turki diluncurkan. © Denizhaber.com
TCG Kanaliada, korvet keempat Ada-Class buatan Turki. © Daily Sabah

Erdogan menambahkan bahwa TCG Heybeliada adalah  kapal perang nasional pertama yang dibangun melalui Proyek MILGEM (National Ship), telah beroperasi selama enam tahun ini, sementara korvet kedua, TCG Buyukada, juga telah berhasil melaksanakan tugasnya dalam empat tahun ini.

Selain itu, Presiden Erdogan menekankan perihal kontribusi penting kapal tersebut kepada kemampuan operasional Angkatan Laut Turki, serta mengungkap seberapa akurat proyek tersebut.

5 KOMENTAR