Turki Memulai Pembangunan Korvet Project MILGEM Pakistan

Jakartagreater – Di galangan kapal Turki di Istanbul, upacara peletakan lunas pertama secara simbolik diadakan untuk empat korvet Type ADA yang sedang dibangun untuk Pakistan sebagai bagian dari program MILGEM.

Dua korvet akan dibangun di Turki, sementara dua korvet lainnya akan dibangun di Pakistan sebagai bagian dari transfer teknologi kepada galangan kapal Karachi, lansir Defense24.

Baca Juga:

Pengembangan Drone Siluman Okhotnik Dijamin Asuransi

Angkatan Udara AS Rancang Drone Tempur Dogfight Melawan Pilot

Peletakan lunas pada 4 Juni 2020 untuk korvet – ADA – Pakistan adalah hasil dari kontrak yang ditandatangani antara Grup ASFAT (Askeri Fabrika ve Tersane ?sletme) Turki dan Kementerian Pertahanan Pakistan pada Juli 2018. Perjanjian itu bermanfaat bagi kedua pihak. Di satu sisi, Pakistan akan menerima empat kapal perang modern (yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan angkatan laut Pakistan) dan mendukung sektor pembuatan kapal didalam negeri Pakistan (sebagai bagian dari transfer teknologi, Turki akan membantu dalam desain dan konstruksi korvet ketiga dan keempat di galangan kapal Pakistan di Karachi).

Di sisi lain, untuk pertama kalinya Turki akan menjadi eksportir teknologi kapal perang. Menurut Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli, penjualan empat korvet ini menjadi kontrak ekspor senjata terbesar dalam sejarah Turki, bukan hanya nilai pendapatan besar yang didapatkan Turki, tetapi juga pengakuan sebagai produsen kapal perang modern

Dua kapal pertama akan dibangun di galangan kapal INSY Turki (Istanbul Naval Shipyard) di Istanbul, dimana produksi pertamanya sudah berlangsung sejak Oktober 2019, dengan upacara pemotongan baja pertama dilakukan. Upacara itu dihadiri oleh Presiden Turki Recep Erdogan, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, Kepala Staf Umum Jenderal Yasar Guler dan Komandan Angkatan Laut Laksamana Adnan Özbal, dan juga Komandan Angkatan Laut Pakistan Laksamana Zafar Mahmood Abbasi.

Hingga kini, perangkat perang yang akan dipasang di korvet pesanan Pakistan masih dirahasiakani. Diketahui bahwa korvet dibangun menggunakan basic pada proyek Corvette ADA Turki yang dikembangkan di bawah program MILGEM. Angkatan Laut Pakistan akan menerima kapal perang dengan kapasitas sekitar 2.400 ton, panjang 99,8 m, lebar 14,4 m dan draf 3,9 m.

Persenjataan dan peralatan kapal perang Pakistan kemungkinan besar akan berbeda dengan korvet yang dimiliki angkatan laut Turki. Sistem propulsi mungkin akan berbeda, pada korvet Turki menggunakan tipe CODAG, dan pada yang Pakistan akan menjadi tipe CODAD.

Persenjataan juga akan diubah, yang mungkin akan menggunakan persenjataan buatan Cina. Pada Februari 2019, komandan angkatan laut Pakistan Admiral Abbasi mengumumkan bahwa kapal yang dibeli di Turki akan menggunakan rudal anti-pesawat LY-80 yang dipasang di enam belas sistem peluncur peluncuran vertikal (VLS). Demikian juga, rudal anti-kapal mungkin akan diganti dari Atmaca Turki menggunakan rudal C-802 China atau Harbah Pakistan.

Tidak disebutkan juga apakah akan mengganti meriam OTO Melara 76mm dan dua senapan mesin 12,7mm STAMP RCWS (buatan Aselsan Turki) dengan senjata buatan China atau Pakistan sendiri.

TERPOPULER

Satu pemikiran pada “Turki Memulai Pembangunan Korvet Project MILGEM Pakistan”

Tinggalkan komentar