Dec 052017
 

Jerusalem (commons.wikipedia.org)

Ankara, Jakartagreater.com – Tindakan yang mungkin dilakukan AS untuk mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel akan menjadi bencana buat wilayah tersebut, kata Juru Bicara Pemerintah Turki Bekir Bozdag pada Senin 4 Desember 2017.

“Jika status Jerusalem diubah dan langkah lain dilakukan, bencana akan terjadi,” ujar Bekir Bozdag dalam satu taklimat setelah pertemuan Kabinet Turki. Rakyat Israel atau Palestina atau yang lain takkan memperoleh keuntungan dari tindakan semacam itu, ujar Bozdag, sebagaimana dilaporkan Xinhua, yang dipantau Antara pada Selasa 5 Desember 2017 di Jakarta.

Itu akan benar-benar menghapuskan proses perdamaian yang rapuh di wilayah ini, dan mengarah kepada konflik baru, pertikaian baru dan kerusuhan baru.” Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengadakan percakapan telepon dengan timpalannya dari Palestina Mahmoud Abbas mengenai masalah tersebut, ujar Bozdag tanpa memberi perincian lebih lanjut.

Selama kunjungan Abbas ke Turki pada Agustus 2017, Erdogan memperlihatkan dukungan kuat buat Palestina, dan mendesak Pemerintah Israel agar mengakhiri upaya pendudukannya atas wilayah Palestina. Perbuatan Israel itu, ujar Recep Tayyip Erdogan, mengancam kemungkinan penyelesaian dua-negara bagi konflik Palestina-Israel.

Erdogan juga berikrar Ankara akan melanjutkan upayanya bagi pengakuan Palestina di semua arena internasional. Di dalam tindakan yang disambut oleh sebagian pihak dan kontroversi buat yang lain, Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada pekan ini.

Israel telah menguasai bagian Barat Jerusalem sejak berdirinya Negara Israel pada 1948. Pada 1967, setelah Perang Timur Tengah, Israel merebut bagian Timur Jerusalem dari Jordania dan mengumumkan kedua wilayah tersebut sebagai ibu kotanya yang bersatu. Tindakan itu tak pernah diakui oleh masyarakat internasional, termasuk sekutu paling dekat Israel, Amerika Serikat.

Rakyat Palestina memandang Jerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka. Jerusalem adalah tempat bagi semua kantor pemerintah Israel sementara kedutaan besar asing berada di Tel Aviv, dan kebanyakan hubungan dengan pemerintah Israel dilakukan di Jerusalem ibu kota yang tak diakui oleh siapa pun.

Jerusalem adalah tempat suci bagi agama Islam, Yahudi dan Kristen, dan membuatnya jadi tempat penting buat banyak orang di seluruh dunia. Sekarang, dalam apa yang dipandang sebagai upaya untuk menenangkan Israel dan konstituennya.

Presiden Donald Trump diduga akan mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel untuk menahan pukulan gara-gara janji kampanyenya yang belum dilaksanakan, yaitu memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Jerusalem, tindakan kontroversial lain.

Namun masih belum jelas apakah Amerika Serikat akan melakukan tindakan semacam itu, dan jika benar, apakah Amerika Serikat mengakui kedua sisi Jerusalem sebagai ibu kota Israel, atau Washington hanya mengakui wilayah Baratnya.

“Presiden Donald Trump adalah teman Israel dan ia berpendapat mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel dan mengakui hubungan bersejarah antara orang Yahudi dan kota itu adalah tindakan yang benar,” ujar Prof. Efraim Inbar, Presiden Lembaga Kajian Strategis Jerusalem, kepada Xinhua. (Antara/Xinhua-OANA).

  86 Responses to “Turki : Mengakui Jerusalem Sebagai Ibu Kota Israel Akan Timbulkan Bencana”

  1. Wahh dunia dlm bahaya..

    • Dunia direncanakan memasuki perang total setidaknya pada akhir 2018, Itulah titik dimana Amerika tidak mungkin pulih dari jeratan hutang dan sangat berharap pada “hasil rampasan perang” dan negara-negara penghasil minyak mulai beralih ke Yuan atau mata uang yang didukung stock emas (termasuk gold-backed cryptocurrency). Tetapi masa damai masih bisa dipertahankan, tergantung pada setidaknya tiga figur kunci: Trump, Putin dan Jinping (yang juga merupakan tiga anggota tetap DK PBB)
      Sebagai catatan, Arab Saudi dan venezuela mulai melirik ke Yuan sebagai pengganti petrodollar.
      Pikiran Amerika: Perang, dapatkan hasil rampasan perang (dan keuntungan-keuntungan lainnya pasca perang atas negara-negara yang dituduh “Penjahat Perang” dan “Pelanggar HAM”) atau hancur sama sekali.

  2. ARAB cs di ambang perang

  3. akhir kisah dari negri yahudi dan antek anteknya,sunatullah..
    waallahua’alam

  4. Pengakuan Jerusalem menjadi ibukota Israel takkan berpengaruh terhadap perdamaian dunia. Takkan terjadi perang juga, kalo demonstrasi sih iya.

    Kunci keseimbangan perdamaian di Jerusalem dan timur tengah ada pada Iran, Turki, Mesir dan Arab Saudi. Kalo keempat negara ini bersepakat melawan Israel yg artinya Sunni-Syiah bersatu dg IM maka Israel baru akan menghentikan langkahnya.

    Kalo Indonesia?? Indonesia gak akan berpengaruh apapun terhadap Israel dan timur tengah kecuali 1 hal, Indonesia berani mengirimkan TNI dan Alutsistanya secara langsung untuk melawan Israel bila terjadi perang. Kenyataannya Kita tak pernah terjun langsung dan lagi itu bukan perang agama tapi konflik komunal antara orang Israel dan orang Arab.

    Gak semua orang Israel itu Yahudi (Karena ada juga yg Islam, bahkan di IDF) dan gak semua orang Palestina itu Islam (Karena ada yg Kristen dan Yahudi). Jelas itu bukan konflik agama.

    • Politik luar negeri kita adalah bebas aktif dan non-blok, jadi kita ndak akan terlibat konflik dengan mereka, tetapi kita wajib mendukung kedaulatan Palestina dan hanya Indonesia yg paling aktif melakukan misi kemanusian di Palestina, sebagai contoh Rumah sakit Indonesia sudah berdiri di Gaza dan di jaga oleh HAMAS. Warga Palestina dekat dengan Indonesia, jadi peran diplomatik kita lebih lihai di banding negara Arab maupun Turki.

      • TURKI MEMBANTU PALESTINA LEBIH YG SEPERTI ANDA KIRA. KASUS KAPAL BANTUAN MAVI MARMARA YG DI SERANG IDF MENEWASKAN BANYAK WARGA TURKI DAN AKHIRNYA TURKI MEMUTUSKAN HUBUNGAN DENGAN ZIONIS ISRAEL.

        JIKA ISRAEL INGIN MENORMALISASI HUBUNGAN DENGAN TURKI MAKA ADA BEBERAPA SYARAT YG HARUS ISRAEL PENUHI. SALAH SATUNYA ZIONIS ISRAEL MAU MEMBUKA BLOKADE TERHADAP PALESTINA.

      • BARU BARU INI TURKI MENGANCAM AMERIKA AKAN MEMUTUSKAN HUBUNGAN DIPLOMATIK DENGAN ZIONIS ISRAEL JIKA AMERIKA TIDAK MEMBATALKAN.

  5. Yg… Paling… Mungkin…bisa saja terjadinya Intifada.. ,,, karna… Jerusalem timur sendr… Akan Dijadikan ibukota masa depan palestina… ,, jika… Intifada.. Ditanggapi… Tangan besi militer israel… Bisa.. Jd.. Bumerang… Untuk kawasan itu… ,, di dunia arab… Yg cenderung.. Moderat.. Dan punya hububgan… Dgn israel yg secara terang2an dan sembunyi aja.. Menentang.. Itu… ,, apa.. Lg yg punya sikap keras pada israel…. ,, malah… Bisa jd bahan bakar… Untuk terus memerangi israel

    • Ini masalah negara, bukan agama. Dan lagi kebanyakan negara2 Arab udah jenuh, makanya Palestina ya bakal berjuang sendiri. Intifada juga gak akan berpengaruh pada kawasan timur tengah.

      • BUKANNYA JENUH, NEGARA2 ARAB SEPERTI SAUDI, UEA, YORDANIA DLL BANYAK YG BERSAHABAT DENGAN ZIONIS ISRAEL WALAUPUN SECARA RAHASIA. YG JELAS MEMUSUHI ZIONIS ISRAEL YAITU IRAN, SURIAH, PALESTINA, LEBANON DAN IRAK.

  6. Klu israel ngotot sejarah jerusalem, harus dilihat jauh kebelakang ketika Nabi Musa dan kaumnya lari dr Mesir, dan sebelum orang2 Israel aka Yahudi aka Ibrani bermukim dsn jauh sebelumnya sudah ada bangsa Filistin dan akhirnya ditaklukan Daud atau David versi barat! Klu semua saling klaim yg paling berhak ya orang asli dsn jauh sebelum kedatangan dan pendudukan bani Israel! Yahudi itu kaum jg sekaligus indentitas agama, klu gak dibilang perang agama jd perang apa maunya?

    • @ Bung Andre: Israel/Bani Israil itu muncul dari sebutan rombongan keluarga dan kerabat Nabi Yaqub AS dari daerah sekitar Israel sekarang ke Mesir dimana mereka diminta pindah oleh anaknya, Nabi Yusuf AS. Karena panasnya gurun maka mereka selalu bergerak dimalam hari dan di siang harinya mereka beristirahat. Karena itulah dalam Al Qur’an mereka disebut Bani Israil/Israel yaitu orang/keluarga yg berjalan dimalam hari. Bahkan runutnya hingga ke Nabi Ishaq AS dan Nabi Ibrahim AS. Mereka udah sangat lama bermukim di daerah yg sekarang disebut Israel jauh sebelum mereka berhijrah ke Mesir hingga kembali lagi ke daerah Israel. Itu yg ditulis dalam Al Qur’an.

      Warga Palestina yg mendiami disana jelaslah warga Arab, yg bermigrasi dari wilayah sekitar jazirah Arab. Jelas bila Bani Israil lebih dulu menetap disana. Apalagi Filistin berbeda dg Palestina, Filistin adalah bangsa pelaut yg mendiami sekitar Asia Kecil/Anatolia (wilayah Turki di Asia sekarang). Salah satu contoh mereka adalah Kerajaan Troya, mereka lalu pindah ke area sekitar Pulau Kreta di Yunani dan Siprus. Jelas beda Filistin dan Palestina, itu cuma namanya aja yg mirip.

      • Numpang nyimak ya bung agato….

      • wah ngawur sejarah ente bung….!!! masa kepindahan bani israel dari mesir keyerusalem pada jaman nami musa dan yahya….sebelum entu tidak diketahui karna sejah nabi ibrahim as belum terurai ada dugaan ibrahim as berasal dari persia…!!! jadi bani israel di yerusalem pendatang…..tapi mereka meyakini bahwa tanah yang di janjikan adanya di yerusalem….!!!

      • bahwa israel dari yerusalem ditulis alquran surat apa ayat keberapa bung agato….???

        • Itu ada disejarah para nabi, khusus tanah yg dijanjikan untuk Bani Israil itu ada di Surat Al Isra’ ayat 104.

          • Kalau tidak paham sejarah agama jgn mendoktrin merasa argumen mu itu benar, sejarah Nabi Yaqub dimulai di mesir bukan di palestina dgn tokoh terkenal nya Nabi Yusuf, sedangkan palestina masih dikuasai bangsa kanaan yg pemuja dewa2 anti 1 Tuhan.

            Bangsa israel Dijanjikan tanah disitu tp harus dgn syarat memerangi dan merebut tanah tsb dr bangsa kanaan dulu tp ditolak oleh bangsa Israel, kamu baca aja Al Maidah 24

            Kalau menurut orang barat janji telah batal ketika bangsa Israel melanggar 10 perintah Tuhan dan dgn dihancurkan traktat tabut ten commandent

      • Memang benar asal kata Israel tsb! Tapi bangsa mereka adalah bangsa terkutuk karena selalu ingkar Tuhan, dan bahwasannya mereka merasa bangsa terpilih dan tanah yg dijanjikan itu jg semua ada syaratnya dan sampai kinipun mereka gak bs memenuhinya karena sifat mereka yg buruk! Banyak sebenarnya sejarah asli tanah Palestina sekarang saya pernah membacanya dibuku tapi sudah banyak lupa! Klu sejarah versi barat banyak biasnya, terbukti sejarah Nusantara aja byk diputar balik fakta oleh sejarawan barat tetutama Belanda dan sejarawan dan ahli budaya dr berbagai suku di RI aja harus ke Belanda untuk bs lbh mengetahuinya dan itupun blm tentu bs karena Arsip2,Artefak2,Prasasti2 dan barang etnik lainnya diboyong ke Belanda! Itu lbh kurang pendapat saya klupun ada kesalahan itu murni kekhilafan saya, banyak lho buku2 referensi untuk itu dari berbagai versi!

        • Terkutuk atau bukan itu bukan urusan kita, itu urusan Allah yg akan mengadili di hari kiamat. Orang Sholat aja bolong2 dan gak selalu ikut sholat berjamaah di Masjid kan Bung Andre. Masalah budaya kita kalo mau belajar harus di Belanda itu bukan urusan Belanda, itu urusan kita. Coba saya tanya, apa Bung Andre bisa nulis huruf bahasa daerah sendiri gak?? Pasti dah lupa, padahal itu awal dari pelestarian budaya kita. Artefak kita boleh ada di Belanda tapi budaya kita harus ada ditangan kita sendiri.

          • Memang betul bung budaya harus kita yg menjaganya,tapi tetap sejarah asli bangsa kita banyak yg hilang karena2 bukti2 otentiknya dirampas belanda, dsn didaerah saya aja budayawan batak aja sampe bersusah payah mencari bukti2 peninggalan bersejarahnya agar bs lebih digali! Kenapa Barrat/ Belanda melakukannya agar supaya daerah jajahannya tetap Inlander buta akan sejarah dan peninggalan luhur nenek moyangnya! Ya namanya kita dsn saling berbagi opini untuk saling melengkapi!

          • Ya betul, dulu ketika belanda menjajah kita, buku2 atau kitab2 suci dan silsilah kita dari nenek moyang memang dijadikan satu tempat yg luas spt alun2 ato taman lapang yg luas, nah disana lah disuruh membuang satu per satu buku2 peninggalan leluhur kita…jd skr kita sangat susah mencari silsilah keluarga besar kita..sungguh kejam dan sistematis kolonial belanda itu…

  7. Bakal rame besar …

  8. Nak Ganar, kemarin dastermu tertinggal di warungnya Bung Pragota…

    Xixixixixixi

    • Ralat sedikit bung Phd, terhitung sejak hari ini (6 desember 2017) kata “daster” telah diganti menjadi “anu”…..mohon disesuaikan, makaseh

    • KALO SAUDARA MAU DEBAT AYO MONGGO.. OJO MUNG ISONE NGELAWAK MENCEMOOH ORG LAIN.

      • Wuih ada yang panas hati.

        Kalau hati sedang panas, hatinya dicopot lalu masukin ke kulkas, ntar kalau udah sejuk dipasang lagi hatinya di tempatnya.

        Begitu aja marah, xixixixixi ntar cepat tua lho, masa masih SD belum lulus kok udah keriput gara-gara mudah marah ?

        Xixixixixixi

        • Sudahlah bung tn…ada kalanya org itu tidak bs diajak bercanda dgn suatu alasan tertentu,,,jd kita hargai lah mrk, stop utk bahas2 daster lah, anu lah,,,itu ga penting..,

          • Dek tn emang gitu seh, kemarin seven aja disebut kayak piaraan

            Cool, calm and confident

          • Yeee emangnya itu daster mau dipakai Ganar ?khan belum tentu, misal nih Ganar beli daster trus mampir ke warung Bung Pragota, trus daster itu tertinggal. Ganar beli daster itu dengan maksud mau dibungkus sebagai kado kejutan untuk dipakai Seven.

            Xixixixixixi

          • Seorang bun tn yg sy banggakan dl spt nya ga pantas berbicara dan membahas ttg daster, anu dan bla3x…kembali ke jatidiri bung aja ..itu lbh mantap dan baik…

          • Habis di artikel ini nggak ada yang dihitung, kalaupun ada nanti hasilnya bikin si siswa SD itu mencak-mencak tak karuan…sebab jagoannya pasti lenyap beberapa tahun lagi.

          • Mending diam bung…spt yg lalu2, anda jika tak ada topik yg seru ga bakalan anda hadir kan! ya kembali lah spt itu, krn sifat yg spt itu yg kami rindukan….drpd selalu hadir yg dibahas cuma daster, kerupuk dan kaleng2nya,..

          • Tapi sy selalu hormat sm anda Suhu…trims…

          • Tn phd perasaan tamat SD, pergi sekolah dasar ajja cuma sampai gerbang doang, mmng kalau diluar jam belajar agak hemat pikiran & hemat buku, hemat pinsil & hemat segalanya, kalau seven mmng suka yg beginian, wajar ajja kalau ruskye komen hrs diulang kmbli supaya bisa masuk ke zeven

            Hahhaahaaaa

    • KWAAKKK….. KWAAAKKK…. KWAAAAKKKKK……

  9. Ini karena mamarika cemeng dan takut sama korut, isue nya di alihkan ke palestina biar tdk kalah muka di mata dunia.

    Itu cuma korut loh, apalagi kalau china ikut nimbrung bakalan ngewer ngompol di jalan tuh……. 😀

  10. AMERIKA DI TEKAN ZIONIS ISRAEL UTK MENURUTI DAN DI TEKAN BANYAK NEGARA ISLAM TERMASUK SEKUTU2 ARABNYA UTK MEMBATALKAN. AMERIKA LEBIH MENGUNTUNGKAN BERSAMA SEKUTU ARABNYA DARI PADA ZIONIS PARASIT YG PEMBUAL SEPERTI TUKANG NGITUNG PHD.

    • Istiqhar bro,jgn gara2 konflik israel vs palestina kita sesama anak bangsa indonesia jadi berantem

      • SEHARUSNYA SAUDARA LEBIH JELI DAN MEMAHAMI SIAPA YG MEMANTIK API. DAN JIKA SAUDARA SUDAH TAU SIAPA YG MEMBAWA KOREK API MAKA SADARKANLAH DIA UTK JANGAN MEMBAKAR “BENDERA”.

        • Di timur tengah itu ada dua kekuatan besar yang sedang bersaing… Arab Saudi dan koalisi arabnya dan Iran yang kuat dengan basis syahnya… dibelakang kedua kekuatan itu ada pihak yang menjadi sekutu kuat untuk menjadi sumber kekuatan militer keduanya… dan USA menjadi latar bagi pendukung utama koalisi Arab Saudi, sedangkan Russia cenderung menjadi mitra utama Iran, dan itu bisa dilihat dari persenjataan yang dimiliki kedua kekuatan itu, meskipun sekarang sepertinya akan lebih membaur…
          negara2 disekeliling Israel pernah berusaha untuk menghancurkannya tetapi terbukti gagal dan sekarang justru berbalik menjadi negara yang diacak2, lihat yang terjadi pada Mesir, Libya, Suriah, Yordania dan Irak…
          sebelum membicarakan masalah Israel sebenarnya lebih baik mempersatukan kepentingan dan hubungan negara2 di kawasan itu… selama itu tidak terjadi percuma membicarakan masalah pembebasan Palestina, bahkan disana terlalu sibuk dengan persaingan sendiri daripada berusaha untuk menyatukan kepentingan…

    • Ganar,

      Emangnya apa yang sudah Hezbollah lakukan demi kebaikan RI sehingga kau bela mereka mati-matian ? NGGAK ADA.

      jadi ngapain kau bela mereka mati-matian jika tidak ada kontribusi mereka bagi RI ? Bukankah itu menyatakan betapa picik sikap anda dan betapa anda tidak nasionalis.

      Emangnya apa yang sudah Palestina lakukan demi kebaikan RI sehingga kau bela mereka mati-matian ? NGGAK ADA.

      Sebaliknya RI sudah membantu Palestina sangat banyak dan sudah puluhan tahun dibantu tetapi mereka tidak mentas juga.

      Sekarang kejahatan apa yang sudah Israel lakukan kepada RI sehingga kau musuhi mereka mati-matian ? NGGAK ADA.

      Sebaliknya Israel berulang kali membantu RI dengan melatih para pilot RI, mengirimkan puluhan jet tempur Skyhawk, ribuan Uzi untuk Kopasus, beberapa drone, membantu pengembangan radar untuk IFX.

      Jadi ngapain kau musuhi mereka mati-matian jika ternyata ada banyak sekali kontribusi mereka bagi kepentingan RI.

      Anda sama sekali tidak bisa membedakan mana huruf besar dan mana huruf kecil.

      Anda sama sekali tidak bisa membedakan yang mana tangan kiri dan mana tangan kanan.

      Anda sama sekali tidak bisa membedakan siapa kawan anda dan siapa musuh anda.

      Anda sama sekali tidak bisa berpikir dalam kerangka untuk membela kepentingan RI sebaliknya anda bela mereka mati-matian yang tidak ada kontribusi sama sekali bagi kepentingan RI.

      Bukankah itu menandakan betapa picik pandangan anda dan betapa anda tidak nasionalis ?

      Dalam hal ini kelihatannya anda perlu ditampar supaya bangun dan sadar serta membuka mata anda lebar-lebar.

      Paham ?

      • sulit bung tn, klo cara pandang bung ganar selalu dilihat dari kacamata keyakinan, karena tidak semua mslh di dunia selalu dilihat dari kacamata agama, harus dipertimbangkan dari aspek nasionalisme, kemanusiaan, ataupun agama itu sendiri. klo para pejuang kita dahulu pandangannya seperti bung ganar, sudah lama negara kita jd negara islam. tp itu tidak dilakukan oleh pejuang kita, karena dalam bernegara tidak bisa dilihat hanya dari 1 aspek saja. itu yg membuat negara kita yg beragam ini bsa bertahan smpai sekarang..

        • Saya justru agak skeptis dengan negara2 di timur tengah… Negara2 disana sangat dipengaruhi banyaknya suku2 yang mendiami suatu negara… Libya ketika pemerintahnya digulingkan, alih2 melakukan rekonsiliasi yang baik untuk negara justru yang terjadi kemudian perang saudara antara kekuatan2 besar yang berpengaruh di negara tersebut, itu juga yang terjadi di Irak, dan di Irak sebenarnya sudah lebih baik sampai diacak2 oleh ISIS… hal yang sama juga berlaku di Palsetina, beberapa kali disana terjadi persaingan juga…
          Yerusalem sudah lama menjadi wilayah yang disengketakan dan diperebutkan untuk diakui sebagai kota penting menilik dari sejarah agama2 yang menyertainya, yang menjadi perhatian disini adalah, pusat dari kegiatan muslim adalah di Arab Saudi, sehingga praktis bagi Arab Saudi mereka akan berpikir sederhana, semuanya sudah ada di Arab Saudi sehingga mereka tidak terlalu ngotot untuk mengurusi masalah yang terjadi di Palestina… dilain pihak, mereka membutuhkan peran Israel untuk menekan Iran sehingga secara sendirinya Arab Saudi tidak perlu terlalu kawatir hanya bersaing sendirian melawan kemampuan Iran…

          • itulah hebatnya bangsa kita, bisa menyatukan ratusan mungkin ribuan suku dan sudah terbukti sampai sekarang, klo tidak, bukan tidak mungkin sudah hancur berantakan seperti timteng..

      • Paham.

      • KAMU SEOLAH2 PALING BENER DI DUNIA INI DAN ORANG LAIN SALAH. ORANG LAIN HARUS MENURUTI PIKIRANMU.

        EMANGE KOE SOPO HAH, MAIN TAMPAR TAMPAR ENTE KIRA SAYA TAKUT! TAK KEPLAK NDASMU?????

      • ORANG BEDA PIKIRAN LU PROTES. ORANG BEDA ARAH LU PROTES. APA SEMUANYA HARUS SEPERTI YG KAMU MAU? EMANGE KOE SOPO!

      • TUKANG NGITUNG PHD INI GAYANYA SEPERTI PREMAN. DIA NGEBULLY ORG LAIN SEENAK JIDATNYA GILIRAN DI BULLY MARAH. LUCU.

      • PADAHAL SAYA TIDAK PERNAH MEMBULLY DIA DARI DULU. SAYA MENGHARGAI WARGA JKGR. TAPI TUKANG NGITUNG YG MULAI, APA SAYA HARUS DIAM??.

      • KAMU JUGA MEMBELA MATI2AN ZIONIS ISRAEL. NASIONALISMU MANA, RASA KEMANUSIAANMU MANA, LIHATLAH BAYI, ANAK ANAK DAN WANITA PALESTINA YG DI BUNUH IDF. RUMAH MEREKA DI BOMBARDIR. APA SALAH MEREKA???

        • Lho saya cuma membuka fakta kontribusi masing-masing pihak bagi kepentingan RI.

          Disentil halus soal daster marah.

          Trus nantang debat segala, begitu dilayani debat dengan membuka fakta yang ada jadi marah pula.

          Soal wanita dan anak2 yg jadi korban, semua pihak yg kau dukung itu juga melakukannya. Semua perang itu berakibat jatuhnya korban di pihak para wanita dan anak2 di kedua belah pihak.

      • Sebaliknya Israel berulang kali membantu RI dengan melatih para pilot RI, mengirimkan puluhan jet tempur Skyhawk, ribuan Uzi untuk Kopasus, beberapa drone, membantu pengembangan radar untuk IFX.

        ——————————

        Itu BELI Bukan Di Sumbang. Jadi Apakah Israel Mau Berbagi Jika Kita Tk Beli. Dan Jangan Sampe Anda Menjadi Terlalu Chauvinisme.

        ——————————

        Sebaliknya RI sudah membantu Palestina sangat banyak dan sudah puluhan tahun dibantu tetapi mereka tidak mentas juga.

        ——————————

        Anda Bisa Memahami Kondisi Palestina Kan?.

    • Konflik Palestina-Israel bukanlah konflik agama. Itu jelas konflik antar bangsa aja. Hanya karena diakuinya Yerusalem menjadi ibukota Israel bukan berarti Masjidil Aqsha akan dihancurkan atau diratakan (kalo di hancurkan, Israel akan tau sendiri akibatnya). Jika berpisah itu susah kenapa gak digabung aja. Toh ada juga orang Yahudi yg Islam dan orang Palestina yg memeluk Yahudi.

      • Dipisahkan aja sudah bagai bumi dan langit, apalgi disatukan..bs pecah perang saudara tiap hari bung,,,inti nya cuma 1, dulu mengapa bangsa yahudi diberikan tempat utk stay dan menetap di sana? itu aja pertanyaannya,.,coba aja dr dl semua itu diakuisisi oleh palestines dan buang jauh2 org2 yahudi yg ingin liburan lah, kerja lah ato bla3x…ya kejadian bakal spt ini dan berlangsung selamanya,,,manuver trump ini sungguh mengusik kedamaian dunia…

        • Loh, kenyataannya banyak orang Arab yg tinggal di wilayah Israel biasa2 aja tuh. Gak ada yg menentang. Malah kalo gabung maka orang Arab Palestina akan punya kesempatan yg sama untuk mengatur Israel. Lebih dari 1/3 penduduk Israel itu orang Arab.

          • Yakin bung hidupnya biasa2 saja?ndak salah lihat nihhh? Kalau anda lihat dan jalan2 di Sheraton Tel-Aviv, ya memang normal dan damai, anda ndak bisa bedakan mana orang Arab dan mana orang Yahudi, sulit bagi orang Asia untuk membedakannya, kecuali kalau orang Yahudi mereka pake pakaian adat, baru mereka berbeda. Coba anda masuk ke Gaza atau wilayah pendudukan lainnya, sorooo poool bung uripnya orang Palestina, banyak orang Palestina di gusur rumah dan tanahnya guna pemukim baru Israel.

          • Mungkin orang Arab yang hidupnya biasa-biasa saja (normal2 saja) yang dilihat bung Agato di Israel adalah orang Arab kayaraya dari negara lain (bukan Palestina) yang mampu membeli properti dan segala fasilitasnya di Israel. Kalo orang Arab Palestina di situ jelaslah sengsara dan tidak leluasa kehidupannya.

  11. Kata kuncinya, peran Indonesia untuk menghindari konflik perlu di libatkan, karena kebijakan Indonesia terkait Palestina begitu baik dan sangat menguntungkan Palestina dan tidak memancing Israel berbuat onar. Saatnya meredam konflik, agar tidak menimbulkan sentimen SARA, sehingga tidak memancing konflik baru. AS adalah pembuat kibijakan politik dan ekonomi dunia, mulai kebijakan dollar maupun standar aturan pasar modal serta persenjataan, mau atau tidak mau negara ke tiga di paksa mau, apalagi mereka ingin membuat legitimasi tentang demokrasi, padahal juga mereka tak pernah menerapkan demokrasi itu seperti apa. Maka dari itu dengan memicu umpan baru di Timteng, maka seluruh mata akan terkonsetrasi ke sana karena masih hangat-hangatnya perang di Syria dan Irak, padahal AS sekarang ini mulai membidik Asia dan Amerika Latin untuk kebijakan ekonominya, Indonesia harus mencari tahu model apa strategi kebijakan AS di Asia sekarang ini.

  12. Ane gak nyangka kalo si Huha sangat terkenal di Rusia, bahkan Camerad Putin juga kenal si Huha.

    Nih videonya:

    https://youtu.be/1dWE_uq7aOQ

  13. tanah yang dijanjikan itu mengacu pada tempat baru bukan tempat asal kembali [pulang kampung] surat al isra 104 menyatakan agar mereka berdiam di wilayah tersebut….!!!
    laa terus mana yang menerangkan bahwa yaqub as bermukim diwilayah yerusalem….???

 Leave a Reply