Turki Mulai Produksi Massal Tank Altay Tahun 2019

Tank tempur utama Altay, buatan Otokar, Turki. © Otokar

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Nasional Turki, Nurettin Canikli mengatakan pada hari Jumat bahwa produksi massal tank domestik akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2019, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

Seorang pejabat senior, sebelumnya berbicara dengan Bloomberg pada bulan November, mengatakan bahwa dokumen penawaran yang diajukan oleh tiga perusahaan untuk tank Altay terdiri atas 12 kotak, mencatat bahwa evaluasi dokumen akan memakan waktu dan penawaran akan disimpulkan dalam maksimal tiga bulan kedepan.

Dalam proyek tank Altay, yang menerima tiga proposal dalam penawaran untuk produksi massal 500 unit, dengan 250 di antaranya bersifat opsional, Turki bermaksud untuk menyelesaikan kontrak dalam waktu maksimal tiga bulan.

Menggarisbawahi bahwa Turki tidak memiliki kekhawatiran terkait dengan mesin tank, pejabat senior tersebut mengatakan bahwa “persepsi bila mereka tidak dapat menemukan mesin untuk tank Altay tidak benar, menambahkan bahwa jika tanggapan negatif berasal dari Jerman, alternatif akan dievaluasi dan mesin yang berbeda akan ditemukan dan dimasukkan ke dalam tank”.

Pada akhir November, Kementerian Industri Pertahanan (SSM) Turki mengumumkan bahwa mereka menerima permintaan proposal dari lima perusahaan untuk Proyek Pengembangan Mesin untuk tank pertempuran utama Altay. Dengan demikian, BMC Automotive Industry and Trade Inc., Figes Physics and Geometry Computer Simulation Service Trade Inc., Istanbul Maritime Shipbuilding Industry and Trade Inc., Turkish Aerospace Industries (TAI) Engine Industry Inc. dan TÜMOSAN Engine and Tractor Industry Inc. adalah perusahaan yang mengajukan proposal untuk kontrak tersebut.

Altay adalah tank tempur utama generasi 3+ dan program pengembangan tank domestik pertama di Turki. Tank itu dinamai Jenderal Fahrettin Altay, yang memimpin Korps Kavaleri ke 5 selama Perang Kemerdekaan Turki.

Tinggalkan komentar