Nov 232018
 

Sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot buatan AS © Osman Orsal via Reuters

JakartaGreater.com – Sebelumnya, seorang pejabat tinggi AS mengatakan kepada media Turki bahwa Washington masih mempertimbangkan “menghajar” Ankara dengan sanksi atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia di tengah kekhawatiran bahwa itu bisa menjadi ancaman bagi NATO dan juga F-35, seprti dilansir dari laman Sputnik.

Turki tetap siap untuk membeli sistem pertahanan udara Patriot AS jika mendapat harga yang bagus dari pihak AS, sebut juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin.

“Batch pertama S-400 akan dikirim ke Turki pada akhir tahun depan, yang kemudian produksi bersama akan dimulai. Tetapi Turki tidak pernah puas pada satu proposal dan kita perlu melihat dari perspektif ini”, kata Kalin.

Menambahkan bahwa jika Turki mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk sistem Patriotnya dan mendapatkan penawaran yang bagus serta mencapai kesepakatan tentang produksi bersama, maka Turki akan menerima tawaran tersebut.

Sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 Rusia. © Russian Federation MoD

Menurut Kalin bahwa pembelian sistem pertahanan udara Rusia oleh Ankara ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Turki. “Kami tidak akan menyerang siapa pun, kami hanya akan melindungi diri dari kemungkinan serangan”.

Pada hari Rabu, 21 Nopember 2018, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu telah mengisyaratkan bahwa Turki mungkin akan membeli sistem pertahanan udara dari AS, mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun kesepakatan S-400 adalah telah selesai, Ankara masih membutuhkan “pertahanan udara” dan “lebih suka untuk membeli dari sekutunya”.

Peluncur rudal permukaan-ke-udara Patriot di Fort Bliss, Jerman. © Mark Halloway via Wikimedia Commons

Awal pekan ini, juru bicara Pentagon mengatakan kepada Sputnik bahwa Departemen Pertahanan dan Kongres AS masih berharap menemukan “alternatif yang layak” untuk kesepakatan S-400 Turki.

“Kami telah melakukan diskusi diplomatik yang sedang berlangsung tentang alternatif tersebut”, kata juru bicara Pentagon, Eric Pahon.

Pekan lalu, sebuah sumber tinggi di Washington mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa AS mungkin akan memberikan sanksi kepada Turki atas keputusannya membeli S-400, mengatakan bahwa pemerintahan Trump “tidak optimis” tentang masalah ini.

Lusinan jet tempur generasi kelima, F-35 Lightning II © US Air Force

Sebelumnya, AS mengancam akan memblokir pengiriman pesawat generasi kelima F-35 ke Turki, terlepas dari masalah keuangan, litbang dan produksi yang besar dimana Turki terlibat dalam penciptaan jet tempur siluman generasi kelima tersebut.

Bagikan:

  14 Responses to “Turki Mungkin Akan Beli Sistem Patriot Ditengah Tekanan AS”

  1.  

    MIM-104F (PAC-3) Patriot Anti Ballistic Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=J03C-a5EG30&t=41s

  2.  

    Jualan kok maksa jg pake ancaman!

  3.  

    Oala, brrti bener dugaan ane klo turki bakalan jga mmbli patriotnya USA.

    Wah brrti 4 batalion S-400 =$2.5 billion
    Plus 2-4 battalion MIM-104F =$3-5 billion
    Plus 100 F-35 =$100 billion
    Bisa jadi nnti turki memiliki angkatan udara terkuat di timteng

    •  

      patriot juga akan dibeli turki untuk menyeimbangi kekuatan timur dan barat, turki berharap barat lupa dengan kejadian yg kemarin itu 😆 semoga dengan waktu dia melupakannya 😆
      kaya sinetron cinta segitiga antara aming lee, huha dan anu 😆 😉

      •  

        lah klo analoginya cinta segitiga ya karuan threesome wae biar gak panjang beratus2 episode kayak sinetron

        paling 2-3 jam kelar dan itupun sudah jelas happy ending

      •  

        Yang penting militer mereka skrang lbih kuat, mereka boleh pamer2, berbangga atas itu. Enak bener emang turki ini, udah dapet F-35 terus dapet S-400 bonus patriot pula wkwkwkwkwk

      •  

        Huha itu udah jatahnya Mbah Mien dan Mbah Bowo. Lha kok yg muda² ini mau melangkahi yg senior itu gimana ceritanya. Mau kuwalat sampean??? Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          Ellaah, agato sekali muncul nama gue disebut sebut lg, nama aming saja loe sebut, tapi aming lg merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak cita² aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
          begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya

          Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudh²an aming lee tdk adu speed ama istri sipria, tapi gue tdk ada hubungannya mengenai cinta segitiga yg dimaksud iwan root bear
          😆 😆

    •  

      Ini ni pemikiran warga dari negara kekurangan wang…banyak piktor nya… 😆 kayak mana engak…liat negara lain borong borong laa kita nunguin barang yang sepuluh tahun lalu dah dibeli belum juga dikirim karna kredit nya macet… 😆

      •  

        Ellaah, agato sekali muncul nama gue disebut sebut lg, nama aming saja loe sebut, tapi aming lg merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak cita² aming & tujuannya hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
        begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya

        Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudh²an aming lee tdk adu speed ama istri sipria, tapi gue tdk ada hubungannya mengenai cinta segitiga yg dimaksud iwan root bear
        😆 😆

  4.  

    Turki beli senjata rusia atau amerika aku dukung kalo sudah mandiri turki join dengan indonesia produksi bersama sama kata tank medium harimau

  5.  

    Jualan model preman =-O
    Sama turki paling ntar itu patriot buat iseng, berburu nyegat burung emprit di sawah doang…

 Leave a Reply