JakartaGreater.com - Forum Militer
May 282018
 

Sukhoi T-50, purwarupa jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia. © Alex Beltyukov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Ankara kemungkinan akan membeli jet tempur Su-57 Rusia jika Washington memutuskan untuk menangguhkan pengiriman jet tempur siluman F-35 sebagai tanggapan atas pembelian sistem anti-rudal S-400 Rusia, seperti dilansir dari laman Yeni Safak.

Menurut sumber, kerjasama antara Rusia-Turki pada perangkat lunak dan pertukaran teknologi militer yang dibahas dalam kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Turki pada tanggal 3 April mungkin juga termasuk pengiriman jet tempur generasi kelima, Sukhoi Su-57, sebagai pesaing langsung F-35, menurut Yeni Safak.

Rusia dan Turki telah menandatangani perjanjian pinjaman pada Desember tahun lalu untuk memasok sistem pertahanan udara S-400 ke Ankara. Kesepakatan itu memicu perselisihan antara Turki dan Amerika Serikat.

AS mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap Ankara, karena Washington yakin bahwa senjata yang dibeli Turki dari Rusia tidak sesuai dengan sistem  NATO. Jumat lalu Putin mengkritik Amerika Serikat karena mencoba memaksa Turki membatalkan kesepakatan dengan Rusia.

Jet tempur siluman F-35A buatan Lockheed Martin © USAF via Wikimedia Commons

Pada hari Kamis, Komite Angkatan Bersenjata Senat AS merilis rincian tentang RUU kebijakan pertahanan tahunannya. Rancangan tersebut, secara khusus, menyiratkan bahwa pengiriman jet tempur siluman F-35 AS ke Turki harus ditangguhkan sebagai tanggapan atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Ankara.

Jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia, yang sebelumnya dikenal sebagai Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA) adalah pesawat “siluman” bermesin ganda multirole yang dirancang untuk superioritas udara dan peran menyerang.

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan radar AESA serta dilengkapi dengan berbagai persenjataan presisi tinggi. Jet tersebut telah melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010 dan saat ini sedang diuji oleh militer Rusia.

Berbagi

  20 Responses to “Turki Mungkin Beli Su-57 Jika AS Menunda F-35”

  1.  

    emang bisa keq gitu?

  2.  

    Makin suram
    xixixixixi

    makin ditekan makin menjadi dia

  3.  

    Hhhhhhhhhh, Emangnya butuh waktu berapa tahun??? Su-57 aja masih tahap uji coba, Belum masuk dinas operasional. Mesinnya aja belum kelar gitu. Mungkin 15-20 tahun lagi baru bisa diekspor ke Turki tuh. Hhhhhhhhhh

  4.  

    Indonesia Mungkin Beli F-35 Jika Rusia
    Tunda Pengiriman SU-35 Karena Gagal Barter/Gagal Offset

  5.  

    hebaynya turki mereka gk mau diatur, semakin ditekan semakin melawan

  6.  

    Negara yang berani terang-terangan ngancam dan balik mengultimatum adalah Turki, memang Turki mempunyai presiden yang galak dan di segani rakyatnya, selain itu kemampuan teknologi militernya berkembang pesat, segala jenis rudal punya, kendaraan tempur apalagi….di tambah satelit militer punya sendiri. Ya gini, jika militer dan peralatan tempur bikin sendiri, punya keberanian luar biasa.

  7.  

    Turkey… Makin menggila ,, semakin di tekan semakin mnjdi jd… ,

  8.  

    Komenku ilang

  9.  

    Turki berani mengkritik AS, kudeta gagal bs jd AS pakai cara lain melengsengkan bang Toyib.he3. SU-57 cocok jg untuk TNI AU.

    •  

      hahaha, mata uang nya pasti collapse duluan kayak jaman Soekarno.
      Atau kayak Argentina, crisis tdk pernah pulih sampai bunga bank 40%.

      Harus kuat economy dulu baru bisa main di level kelas berat 😀

      •  

        benar bung, ekonomi kuat seperti amerika dan ternyata efek samping nya adalah banyak dan maraknya imigran gelap yg mencari pekerjaan di negara yg ekonominya sudah mapan.

        amrik dulu sering terima imigran dr cinak dan mexico.
        tpi anehnya indonesia negara kgk maju malah dijadikan target juga oleh imigran dr cinak….

  10.  

    kesatria bh @ itu sdh proses alami orang2 dr negara miskin migrasi ke negara makmur, sda indo besar cuman sdmnya yg kurang mampuh mengelolah.indo tdk terima migrasi dr china sebab penduduk indo sdh banyak.

  11.  

    Buat apa beli produk amerika jika kwalitas dan perawatannya bikin boros kantong, buang ! Biar selamat dunia akhirat

    😎

  12.  

    F-35 kan gagal produk, masih banyak trouble di sistem pesawat nya dan lebih parahnya mahal sekali pengoperasian nya buat negara bangkrut.. xixixi.. ada beberapa negara Eropa yang tidak mau beli F-35 bermasalah.. xixixi..kalo pengen sempurna beli F-22 Raptor tapi ASU tidak mau kasih barangnya.. xixixi..

 Leave a Reply