May 292018
 

Jet tempur siluman Su-57 Rusia. (UAC Russia)

Moskow, Jakartagreater.com – Ankara kemungkinan akan membeli Jet tempur Su-57 Rusia jika Washington memutuskan untuk menangguhkan pengiriman Jet F-35 sebagai tanggapan atas pembelian sistem anti-rudal S-400 Rusia, dilaporkan surat kabar Yeni Safak, Minggu, 27-5-2018 dirilis Sputniknews.com.

Menurut sumber, kerjasama Rusia-Turki pada perangkat lunak militer dan pertukaran teknologi yang dibahas selama kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Turki pada tanggal 3 April 2018 mungkin juga termasuk pengiriman Jet Sukhoi, yaitu Su-57, pesaing langsung F-35, ujar koran Yeni Safak melaporkan.

Rusia dan Turki menandatangani perjanjian pinjaman Desember 2017 lalu untuk memasok sistem pertahanan udara S-400 ke Ankara. Kesepakatan itu memicu perselisihan antara Turki dan Amerika Serikat, dengan yang terakhir mengancam untuk menjatuhkan sanksi terhadap Ankara, karena Washington percaya bahwa senjata itu tidak sesuai dengan pertahanan NATO.

Pada hari Jumat 25 Mei 2018, Putin mengkritik Amerika Serikat karena mencoba memaksa Turki keluar dari kesepakatan dengan Rusia. Pada hari Kamis 24 Mei 2018, Komite Angkatan Bersenjata Senat AS merilis rincian tentang versi RUU kebijakan pertahanan tahunannya.

Rancangan tersebut, secara khusus, menyiratkan bahwa pengiriman jet F-35 AS ke Turki harus ditangguhkan sebagai tanggapan atas pembelian sistem pertahanan udara Rusia S-400 oleh Ankara.

Jet tempur generasi kelima Rusia Su-57, yang sebelumnya dikenal sebagai Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA), adalah pesawat “stealth” double-engine multirole yang dirancang untuk superioritas udara dan peran penyerangan.

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan radar array bertahap yang aktif di udara serta dengan berbagai persenjataan presisi tinggi. Jet melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010 dan masih sedang diuji oleh militer.

  15 Responses to “Turki Mungkin Beli Su-57, Jika Pengiriman F-35 Ditangguhkan”

  1.  

    Indonesia Mungkin Beli F-35, Jika Pengiriman SU-35 Ditangguhkan

  2.  

    Ane mendukung Indonesia beli Su-57 kalo Rusia sudah nyiapin varian ekspornya. Mau tau, seberapa siap Su-57 ngadepin pasar ekspornya orang China dan Indonesia beli Su-35 aja nunggu 8 tahun baru siap. Rusia aja belum bilang kalo Su-57 udah siap Ama mesinnya gitu. Hhhhhhhhhh

    •  

      Ngomong opo toh, kok ngepot2 koyo shilit cheleng sih. Indonesia beli SU35 nunggu 8 tahun br siap.? Namanya jg pembayaran sistem imbal dagang, tentu prospek kebutuhan pasar dlm negeri mereka yg hrs dipikirkan cermat. Apa hrs di pasok sawit dan karet semua, sementara kebutuhan mereka terbatas, sedangkan komoditi lainya msh dinegosiasikan jg.? Imbal dagang itu tdk mudah utk direalisasikan dlm bentuk kontrak yg berlaku tetap, krn komoditi yg jd andalan ada evaluasi hrg setiap minggunya.

      •  

        Sorry ya Bung Ruskye, Ane minta maaf dah ngatain Ente dg nama hewan yg gak pantas. Lagian kita juga udah dewasa, dah orang tua. Gak pantas lagi ngomong kasar disini. Diskusi sehat yg perlu ditampilin disini. Ane juga minta maaf juga sama Bung Diego dan semua Warjagers yg lainnya ya.

        •  

          Nah itu baru sadar, klo gitu ane minta maaf jg, minal aidin walfaidzin
          Tp diskusi ane sesungguhnya sambil becandaan aja biar nda terlalu serius.
          Skrng jawab donk komen diatas apa alasan ente sampe punya kesimpulan nunggu 8 tahun.

          Tp ane gak mau dibilang tua lho. Ane msh kinyis2

          •  

            bang russkkeee….
            kita beli minyak pakai harga kesepakatan atau ngak sih…

            https://m.detik.com/finance/energi/d-2623898/ini-sejarah-penjualan-gas-murah-tangguh-papua-ke-tiongkok

            ayooo jawab dong russkeee….

            russkeee dimanaaa kamuuuuu…..xixixxixixi

          •  

            Maksud Ane 8 tahun itu waktu yg dibutuhkan Rusia dari peluncuran perdana untuk operasional hingga sampai dibuatkan varian ekspor untuk Su-35 saja butuh waktu segitu. Su-35 mulai dipakai RuAF tahun 2007 dan baru 2014 kesepakatan dg China disetujui. Nah Ane rasa Su-57 varian ekspor pasti setidaknya akan sama waktunya dg Su-35, apalagi mesin baru Izdeliye 30 yg rencananya buat pengganti AL-41 Saturn aja belum benar-benar fix. Jadi gitu Bung Ruskye.

        •  

          Opo meneh dek KBH

          Kalo yg ditanya mengenai harga pembelian minyak itu ditentukan oleh hrg pasar, namun kuota nya yg dikontrakan.
          Sama saja prinsipnya dng penjualan komoditi hasil bumi. Kuota yg menjadi kesepakatan namun harga ditentukan berdasarkan harga international pasar komoditi. Gak bisa seenaknya menetapkan harga.

          Kejadian ekspor gas ke China itu kesalahan masa lalu, tidak pernah ada kontrak apalagi jangka panjang yg harganya dipatok. Itu yg pertama, yg kedua tanpa proses tender dng menjual banting harga demi segera daspatkan devisa. Msh untung kita tdk dikomplain oleh pihak luar, krn mereka yakin bahwa nantinya kontrak itu akan merugikan sang pemasok sendiri.

          Di link itu tdk tepat jika Kurtubi menyalahkan sang Mentri saat itu, padahal utk urusan teknis bahasannya berada dilevel dirjen. Sang menteri membuat pilihan kebijakan atas uraian teknis dirjen utk disampaikan pada presiden sebagai pengambil keputusan.

          Jd kasus ekspor gas ke China dilevel dirjenlah yg amburadulnya, sesuai statment Kurtubi bahwa kontraknya sangat teknis banget.

          Ok bro.!

  3.  

    kesalahan Turki karena terlalu bergantung dengan Amerika, jadi dia bisa seenak udelnya. Sama seperti indonesia tahun 80-an.. karena terlalu bergantung akhirnya Timor-timor lepas. Sekarang Turki direcoki dengan mendukung kurdi/PKK.. semoga kelak pespur indonesia masih ada bau2 rusianya juga walaupun IFX dan viper sudah mengisi arsenal TNI AU.

  4.  

    Klu Rusia sdh mengksport RI bs beli dgn imbal dagang!he3

  5.  

    Turki dikerjain sama israel dengan lobi lobi nya ke AS. Kalau pun turki beli su57 maka israel akan melobi russia lagi untuk mendowngrade kualitasnya.

  6.  

    Di Moskow, Russia tdk punya kepentingan di middle east atau konflik manapun di dunia, cuma warisan USSR utk lebih hebat dr USA.
    Di St.Pete, sentimen rakyat Russia cuma ingin dipandang setara oleh Eropa, mirip dgn rakyat Turkey.

    Israel selalu pakai issue itu lewat jaringan Yahudi utk masuk Kremlin krn Russia adalah asal usul Yahudi Azhernazy.

    SU 57 — tergantung duit/investasi yg ditawarkan jaringan Yahudi versus jumlah pembelian minimum Turkey.
    Bisa beli tapi spek teknik KW turun jauh, sama aja buang duit.
    Itu kalau mata uang Turkey belum dihancurkan spt Argentina.

    Strategi Yahudi selalu sama, level rakyat lewat media & level pemerintah pakai investasi. Kita jg sering kena serangan 😀

    Negara2 Eropa — Swedia, Belanda, Austria — sdh mulai kampanye anti Turk.

  7.  

    baik yg kalian bahas mengenai siapa supir yg dirahasiakan aming lee tersebut, krna hermanto kw lg mmburunya utk dipotong, sampai skrg blm mengirimkan kabar

    hahhaahaaaa

 Leave a Reply