Sep 222019
 

Mock up skala penuh jet tempur siluman TF-X Turki (foto : TRT World)

Teknofest, festival teknologi yang berlangsung selama enam hari di Turki, menampilkan berbagai kegiatan seperti pertunjukan penerbangan, seminar, lokakarya, kejuaraan drone, kontes, dan konser.

Bandara Ataturk Istanbul menjadi tuan rumah festival enam hari, yang diselenggarakan bersama oleh Yayasan Tim Teknologi Turki dan Kementerian Industri dan Teknologi.

Ketegangan antara Turki dan AS berdampak besar pada industri pertahanan Turki. Sebelumnya Washington telah memblokir penjualan jet tempur F-35 ke Ankara setelah Turki telah menginvestasikan satu miliar dolar dalam program tersebut.

Keputusan AS tersebut telah membawa urgensi bagi Tukey untuk mempercepat produksi pesawat tempurnya sendiri.

Pameran teknologi udara terbesar Turki, Teknofest, memberikan wawasan yang lebih dalam tentang rencana jangka panjang Turki untuk kekuatan udaranya termasuk pembuatan jet tempur baru Turki, TF-X, yang diperkirakan akan memiliki kecepatan suara dua kali lipat, dan semakin mengurangi ketergantungan Turki pada sistem pesawat tempur asing, seperti F-35.

Turki mengatakan pesawat TF-X akan mulai diproduksi sekitar tahun 2029.

Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki pada 2010 memulai proyek produksi pesawat tempur TF-X buatan dalam negeri untuk menggantikan armada F-16 Turki, dan akan bergabung dengan armada Stealth F-35.

TRT World

 Posted by on September 22, 2019