Jan 132019
 

ilustrasi: TAF-Turkish Army tanks.(@ VOA)

Ankara, Jakartagreater.com – Turki terus memusatkan kendaraan militer di dekat perbatasan Suriah, ujar kantor berita Anadolu melaporkan pada hari Sabtu 12-1-2018, dirilis Sputniknews.com.

Menurut kantor berita Anadolu, sekelompok kendaraan lapis baja baru dan kendaraan militer lainnya telah tiba di provinsi Hatay yang berbatasan dengan Suriah. Pada hari Jumat 11-1-2019, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menegaskan bahwa negara itu sedang mempersiapkan operasi militer ini, mengklaim bahwa itu akan dilancarkan “pada waktu yang tepat.”

Pada awal Desember 2018, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Turki siap untuk melancarkan operasi militer melawan pejuang Kurdi di tepi Timur Sungai Eufrat serta di Manbij Suriah, yang terletak di dekat perbatasan Turki jika Amerika Serikat tidak mengusir milisi dari sana.

Setelah percakapan telepon dengan Presiden AS Donald Trump pada 14 Desember 2018, Erdogan mengatakan bahwa dimulainya operasi akan ditunda. Setelah panggilan telepon yang sama, Trump mengumumkan bahwa pasukan AS akan ditarik dari Suriah.

Bagikan: