Jul 212017
 

Sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf buatan Rusia. © Daily Sabah

Pemerintah Turki telah menyetujui untuk membayar $ 2,5 miliar pada Rusia untuk sistem pertahanan rudal jarak jauh tercanggih S-400, menurut keterangan seorang pejabat pada hari Kamis, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

Pejabat yang berbicara kepada Bloomberg tanpa menyebutkan nama, mengatakan bahwa kekuatan regional tersebut ingin membangun sistem pertahanan rudalnya sendiri.

“Bagi Turki, aspek kunci dari kesepakatan tersebut adalah alih teknologi atau know how. Perjanjian dengan Rusia yang mengizinkan dua dari baterai S-400 tersebut diproduksi di Turki akan memenuhi tujuan itu”, tambah pejabat tersebut.

Pembelian sistem rudal canggih buatan Rusia oleh Turki merupakan tanda yang jelas dari kekecewaan negara tersebut terhadap Barat, terutama karena sikap Uni Eropa terhadap pejabat Turki.

Dan fakta bahwa pemimpin kelompok teror FETÖ, Fetullah Gülen tinggal di AS dan Pejabat Amerika belum mengambil langkah apapun untuk mengekstradisinya meski Turki telah menyerakhan 85 kotak “bukti konkret” bahwa dia berada di balik usaha kudeta 15 Juli, yang menyebabkan 249 orang tewas dan lebih dari 2.100 orang terluka.

Dukungan AS terhadap kelompok teroris YPG, afiliasi PKK Pakistan juga merupakan salah satu alasan terbesar hubungan diplomatik Turki-Amerika telah memburuk.

Turki dan Rusia telah terlibat dalam pembicaraan mengenai kerjasama Turki dengan Rusia di sektor pertahanan sejak Agustus 2016.

S-400 adalah sistem rudal pertahanan generasi baru buatan Rusia, yang sejauh ini hanya dijual kepada China dan India.

Tahun lalu, China dan India menandatangani sebuah kesepakatan antar pemerintah untuk pengadaan empat resimen sistem rudal S-400 buatan Rusia. Turki akan menjadi negara anggota NATO pertama yang membeli sistem persenjataan tersebut.

Bagikan:

  16 Responses to “Turki Setuju Bayar $ 2,5 Miliar Untuk Sistem S-400 Rusia”

  1.  

    Eh, Turki maning…

  2.  

    Medium range …..
    Target apa ya…?? …. BUK 2MK-i …??? ….. Yang jarak 30 – 50 km saja sudah cukup untuk tahapan skrg …….

  3.  

    “Aspek kunci Kesepakatan tersebut adalah alih teknologi atau know how.”
    Kalimat ini menggilitik pihak sebelah..

 Leave a Reply