Mar 222019
 

Sistem rudal pertahanan udara (SAM) jarak pendek “Hisar-A” © SSB Turki via Youtube

JakartaGreater.com – Pada hari Rabu, 20 maret 2019, Turki telah berhasil menguji coba sistem rudal pertahanan udara (SAM) jarak pendek “Hisar-A”, yang diluncurkan secara vertikal dan dikembangkan secara lokal oleh Presidensi Industri Pertahanan Turki (SSB), seperti dilansir dari laman Yeni Safak.

“Selama uji peluncuran vertikal pertama dari sistem rudal pertahanan udara Hisar-A, itu sukses mencetak keberhasilan hingga 100% terhadap target udara ketinggian tinggi yang terbang cepat. Kami berencana untuk mengirimkannya (Hisar-A) pada tahun 2021 dan Hisar-O (jarak menengah) pada tahun 2022 ke Komando Pasukan Darat Turki”, tulis SSB dalam cuitan.

Hisar-A adalah sistem rudal pertahanan udara (SAM) yang diluncurkan secara vertikal dan dikembangkan bersama antara Aselsan dan Roketsan berbasis pada kendaraan lapis baja ACV-30 beroda rantai buatan FNSS.

Uji Coba SAM Hisar-A Turki

ACV-30 dipersenjatai dengan empat rudal yang diluncurkan secara vertikal Hisar-A yang dipasok oleh Roketsan. Sistem Hisar-A dilengkapi Radar Pertahanan Udara KALKAN dan sistem elektro-optik/inframerah (EO/IR), memungkinkannya beroperasi sebagai sistem mandiri yang berdiri sendiri tanpa perlu beroperasi dengan baterai terpisah.

Sistem rudal pertahanan udara Hisar-A memiliki jangkauan antara 2 – 15 kilometer, dan ketinggian operasional antara 30 – 15.000 meter.