Jul 312017
 

Ankara – Pihak berwenang Turki melakukan penahanan atas 1.098 orang selama sepekan ini terhadap tersangka bterkait dengan kelompok pemberontak atau kelompok kudeta yang gagal tahun lalu, kata kementerian dalam negeri pada Senin 31 Juli 2017.

Dalam pernyataannya, kementerian itu mengatakan 831 orang ditahan atas dugaan terkait dengan ulama Fethullah Gulen, yang dituduh Ankara mendalangi percobaan kudeta pada Juli 2016. Gulen membantah terlibat dalam peristiwa tersebut.

Pihak berwenang Turki mengatakan bahwa 213 orang lagi diduga mempunyai hubungan dengan kelompok terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Partai tersebut melaksanakan pemberontakan selama 3 dasawarsa melawan pemerintah dan dianggap kelompok teroris oleh Amerika Serikat, Turki dan Eropa.

46 orang ditahan atas dugaan terlibat dengan ISIS, sementara 8 orang lagi ditahan sebab diduga mempunyai hubungan dengan “kelompok teroris kiri”, kata kementerian dalam negeri tersebut.

Setelah kudeta pada 15 Juli 2016, Turki menahan sekitar 50.000 orang, memecat atau mencopot lebih dari 150.000 pekerja di dinas Tentara, pelayanan umum dan swasta sebagai bagian dari pembersihan.

Tindakan itu membuat khawatir kelompok hak asasi dan beberapa Negara Barat. Mereka mengatakan bahwa Presiden Tayyip Erdogan memanfaatkan kudeta tersebut sebagai alasan untuk memberantas perbedaan pendapat.

Pemerintah mengatakan bahwa tindakan itu berada di bawah aturan darurat, yang diberlakukan setelah upaya kudeta tersebut dan diambil mengingat besar ancamannya. Antara/Reuters

Bagikan:

  6 Responses to “Turki Tahan 1.000 Orang Dalam Pembersihan Anti Teror”

  1.  

    Komen apa, bingung ya. Nggak ada kaitannya dgn alutsista…

  2.  

    Dimana Fethullah Gulen saja sudah cukup menjelaskan siapa yg mendukung teror,
    Sekelas CIA beserta jajarannya Moestaheil gatau ada rencana tersebut..

  3.  

    buat turki emang rada simalakama. Klu dibuang sayang, tp ngelus2 amrik jg bikin ngeselin si erdogan…..

  4.  

    Tayyep erdogan : ” jaman dimana turki tunduk pada seluruh aturan dan perintah barat , sudah berakhir”.

  5.  

    pembubaran dan penangkapan pake perppu permbubaran ormas ga?
    wkwkwkwk..
    the power must not go unchecked…

 Leave a Reply