Jun 232018
 

Washington – Jakartagreater.com, Amerika Serikat (AS), Kamis, 21-6-2018, menyerahkan pengiriman pertama pesawat tempur siluman F-35 Lightning II kepada Turki, meskipun ada ketegangan dengan negara tersebut dan penentangan anggota Senat, dirilis ANTARA, Jumat, 22-6-2018 .

Raksasa pertahanan Amerika Serikat, Lockheed Martin, menyerahkan secara resmi kepemilikan pesawat tempur pertama dengan teknologi tak kasat mata alias Stealth itu, kepada para pejabat Turki dalam upacara di Fort Worth, Texas, AS.

Pesawat kedua dijadwalkan akan dikirim dalam beberapa hari mendatang dan kedua pesawat nantinya akan dibawa ke Pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat Luke di Arizona, tempat pilot dan awak pemeliharaan Turki menjalani pelatihan, kata juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Mike Andrews.

Para senator Amerika Serikat menentang pengiriman tersebut menyusul rencana Ankara untuk membeli sistem pertahanan Rudal S-400 buatan Rusia.

Dalam rancangan undang-undang anggaran pertahanan yang disetujui Selasa, Senat menuntut agar penjualan F-35 Lighting II dibatalkan jika Turki tetap membeli sistem pertahanan Rusia.

“Setiap upaya pemerintah Turki untuk semakin meningkatkan hubungan mereka dengan Rusia akan mengganggu keamanan umum aliansi NATO, dan negara-negara anggota NATO, serta melemahkan interoperabilitas aliansi,” bunyi rancangan undang-undang tersebut.

Jika kedua majelis Kongres Amerika Serikat menyetujui versi RUU itu, pemerintahan Donald Trump akan berkewajiban untuk mengecualikan Turki dari program F-35 Lightning II, mencopot semua suku cadang yang dibuat di Turki dari pesawat itu dan melarang F-35 Turki meninggalkan wilayah Amerika Serikat.

Turki telah menjadi mitra dalam konsorsium internasional yang mendanai F-35 Lightning II sejak tahun 2002.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat menekankan, setelah pesawat terbang itu diproduksi, pemerintah Amerika Serikat mempertahankan hak asuh pesawat sampai pemeliharaannya diserahkan kepada mitra-mitranya.

“Ini biasanya terjadi setelah proses panjang pelatihan mitra asing selesai (satu hingga dua tahun),” pejabat itu menambahkan.

Hubungan antara kedua sekutu NATO telah tegang sejak Turki melancarkan serangan terhadap milisi Kurdi di timur laut Syia, Unit Perlindungan Rakyat, bahwa Amerika Serikat mendukung memerangi kelompok ISIS tetapi yang dianggap Ankara sebagai kelompok teror.

Diluncurkan pada awal 1990-an, F-35 Lightning II dianggap sebagai sistem senjata paling mahal dalam sejarah Amerika Serikat, dengan perkiraan biaya sekitar 400 miliar dolar AS dan menargetkan untuk memproduksi 2.500 pesawat di tahun-tahun mendatang. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Sedangkan jika dilihat harga perunit, maka F-22 Raptor yang juga dibuat Lockheed Martin, merupakan pesawat tempur paling mahal hingga saat ini di dunia.

Berbagi

  22 Responses to “Turki Terima Pesawat Siluman F-35 Pertamanya”

  1.  

    Mantap Turki. F 35 dapet S400 juga kemungkinan dapet

    •  

      Bisa juga setrategi licik ASU setelah dikasihkan, selajutnya setelah S400 dateng, langsung secara perlahan namun pasti dilakukan pemblokiran suku cadang

  2.  

    Comment: akankah AS tetap komit dgn perjanjian kontrak dan apakah F35 Turki setara dgn F35 anggota NATO lainnya?

    •  

      bukan kayak gono pertanyaanya…drea…tapi…akan kah turkiea menyesal membeli pesawat yang teramat mahal…sedangkan dia sudah punya S4 sebagai anti sista pespur tersebut…!!!
      apa turki tidak tau kalou perpur gen5 adalah pemborosan dan belum teruji dilapangan…?!?!?!?
      sedangkan sudah banyak negara yang mengembangkan radar anti siluman termasuk kanada…seharusnya turkiea mengikuti langkah kanada yang menghentikan pembelian perpur tersebut…dan mengambil perpur seken australala…atau bisa juga mengambil perpur X arizona…kan lebih hemat…sedangkan hemat pangkal kaya…!!!

  3.  

    tak..en…test…jie..roe..lue…!!!

  4.  

    itu senat as yg kgk setuju, dan juga atas dasar dorongan dan tekanan dari negara semenanjung sinai…..sehingga pespur tsb tidak layak utk dikirim…….

    klo pabrikan sih santai aja,,,wong yg teken kontrak gw bukan elu…..mungkin gitu mikirnya…….

  5.  

    Jadi akhirnya dikirim juga… Jkgr tampilan baru nih yee semoga filternya juga baru kampret filter yg lama xixixi…

  6.  

    Akhirnya diserahkan jg, setelah serie telenovela S-400 yg lebih dominan…wekwekweeekkk

  7.  

    Akhirnya dpt pesawat F-35 ini…

    https://youtu.be/s9WoM_uJ2nw

  8.  

    Akhirnya dpt juga peawat F-35

    https://youtu.be/s9WoM_uJ2nw

  9.  

    Ngak sia-sia Turki bengok2 sambil ancam2 segala….datang juga akhirnya…..apa perlu Indonesia bergaya seperti Turki untuk segera mendatangkan Su35?

  10.  

    mungkin yg lainnya lagi mmberikan pertanyaan ke aming lee mengapa pria tersehut msh dirahasiakan aming lee, bukan spria trsebut, karna tdk perlu

    hahhaahaaaa

  11.  

    Cie Yg Tampilannya Baru… 🙂

  12.  

    baiknya aming lee mnjwb pertanyaan loe saja jimsul, mengapa pria tersebut msh dirahasiakannya, supaya jd bares

    hahhaahaaaa

  13.  

    Hahaha. Sebulan lebih Gw Off Ternyata Lu Masih Sama Pekoknya 11:12 Ama Mbh Mien

  14.  

    ah, yg ada² saja loe yg kembali nongol, tapi sih baiknya aming lee memberikan jwbn saja mengapa pria trsebut msh dirahasiakan aming lee

    hahhaahaaaa

 Leave a Reply