Jan 132018
 

Joint Strike Missile (JSM) Kongsberg dengan F-35. © Konsgberg Defence Systems

JakartaGreater.com – Sekretariat Industri Pertahanan Turki (SSM) telah mengumumkan tender untuk pengembangan sistem jet tempur F-35 yang akan mengamankan pembagian informasi antara Sistem Informasi Angkatan Udara (HVBS) dan Joint Strike Fighter (JSF), sehingga menghasilkan kekuatan istimewa Angkatan Udara Turki dalam waktu dekat.

Dilansir dari laman Daily Sabah, SSM yang telah beroperasi di bawah Kementerian Pertahanan Nasional Turki sejak tahun 1985, telah beralih dibawah pengawasan kepresidenan sesuai dengan keputusan terakhir yang dikeluarkan.

Tender tersebut, yang telah ditandatangani Sekretariat Industri Pertahanan, telah diberi judul Proyek Integrasi HVBSJSF.

Ini bertujuan untuk mengamankan pertukaran informasi antara Sistem Informasi Angkatan Udara dan jet tempur F-35, yang diperkirakan akan masuk ke dalam inventaris Angkatan Bersenjata Turki tahun ini.

Sistem yang telah disiapkan akan memastikan bahwa informasi rahasia dipindahkan dari kantor pusat ke F-35 dan dari F-35 ke markas dengan cara yang aman dan terkendali.

Batas waktu penawaran proyek tersebut adalah hingga 28 Februari. Produsen akan dipilih oleh Komite Eksekutif Industri Pertahanan (SSIK), yang akan bertemu di bawah kepemimpinan presiden.

Menurut sebuah laporan dari harian Habertürk, jet tempur F-35 generasi berikutnya sedang dikembangkan dan diproduksi dalam kerjasama sembilan negara, termasuk Turki, di bawah kepemimpinan AS.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Angkatan Udara Turki berencana untuk mengakuisisi 100 jet tempur F-35 yang diproduksi dalam proyek JSF. Turki sejauh ini telah memesan sebanyak 14 pesawat. Pengiriman jet F-35 pertama yang diproduksi direncanakan akan tiba tahun ini.

Menurut pengumuman sebelumnya oleh SSM, Departemen Pertahanan AS telah menyelesaikan pencarian untuk badan pesawat terbang Eropa dan pusat perbaikan pemeliharaan motor heavy-duty untuk pesawat tempur baru JSF/F-35 dan Turki akan menjadi pusat perawatan dan perbaikan di Eropa untuk jet tempur F-35.

  108 Responses to “Turki Umumkan Tender Integrasi Sistem Pesawat Tempur F-35”

    •  

      Bohay dong bung, cuma kurang pandai bergoyang alias manuver.he3. Apakah sistem di F35 ditanamkan semacam alat sadap oleh untuk bs memata2ai setiap kegiatan operasional negara2 pengguna F35?

      •  

        Oleh As kamsudnya.

      •  

        nii pesawat memang dirancang bukan untuk menari….xixixixi…pesawat ini dirancang untuk mode senyap{siluman} jadi lebih dulu menghancurkan lawan sebelum dideteksi{itu menurut teorinya}kenyataanya entah wong belum botol vulpen…!!!

        •  

          Jd klu ketahuan masuk pekarangan orang babak belur dong dihajar tuan rumah karena gak pandai berkelit!he3

          •  

            Nah itu kan “klu ketahuan”.
            Tapi “klu nggak ketahuan”, tau-tau si montok f-35 udah nerobos dan kentutnya bikin klenger tuanrumah. Gimana coba

          •  

            Bung Pra, gimana klu tuan rumah punya pagar dgn jimat anti siluman.he3. Kayak radar Quantum China, pasti Rusia jg py.Intermezo dipetang hari.he3

          •  

            kang pra kok yaa istilahnya seneng yang bau bau si…apa kecanduan sama barang bau…xixixi…!!!
            @dree…kita harus sepakat dulu nih…ini pembicaraan kosong{teori}semata yaa…!!!
            itu tergantung tuan rumahnya…apa centengnya dan becengnya bisa diandalkan….!!! kalo tuu centeng tuli dan siwer{alat penditeksi/radar. dsb.}yaa sulit….tapi kalo centeng bisa diandalkan dan lengkap semua peralatan{radar dan senjata penangkal/S series}mungkin bisa tuu penyusup dipentung…!!!
            tapi itu liat juga ngapain dia masuk halaman…kalo spionase kan bukan maunya pake nii barang…kalo mode serang kan engak sendirian pasti banyak konco konconya…!!!

          •  

            Bung Andre
            Jika demikian tentu saja ‘santet-lit’ milik tuanrumah harus dilumpuhkan dulu.
            Seampuh apapun pagar gaib anti siluman, kalo ‘santetlit’ nya dilumpuhkan maka itu jimat pagar gaib milik taun rumah hanya akan jadi hiasan saja.

          •  

            Klu tuan rumahnya kita ya kelabakan. Toh masing2 negara maju punyakan tombak sakti anti satetlit jg tamengnya! @al klu sudah pake perkoncoan bukan serangan senyap lg namanya tapi tawuran.he3. Masak tukang racun gak punya penawarnya, bgt jg alutsista.he3

          •  

            laa emang kalo ada konco jadi nii pesawat engak seattle lagi gitu…!?!?!kan bisa diback up sama yang lain….!!!
            masalah penawar kan dah dibilang…ini belum lulus dalam bidang potol vulpen gitu juga anti racunya{anti dot}…!!!

      •  

        Semua sistem yg terhubung ke dalam jaringan beresiko untuk dicuri dan dikendalikan orang lain, inilah yg dikhawatirkan oleh Israel, apalagi mesin penggerak F-35 tidak memiliki opsi untuk dijalankan secara manual, semua dikendalikan oleh komputer…

  1.  

    KFX/IFX adalah Pengembangan dari F-35 Jadi Kita Maju Selangkah Dr Turki

  2.  

    Itulah yg diharapkan turkye selama ini pespur F35 yg katanya siluman.

    Mungkin aming lee tau rahasianya

    Hahhaahaaaaa

  3.  

    gue belum liat nii barang dalam mode siluman…haaa…apalagi ngetes nii barang bisa dideteksi apa engak{dalam mode siluman}…jadi NO COMMENT LAH…XIXIXI…!!!

    •  

      Sewaktu di uji dengan radar buatan AS dan Eropa sih katanya siluman bung 😀 xixixix

      •  

        tapi kalo dipikir lagi kalo engak seattle nipesawat kok yaa mau mereka beli….apa mereka endak ikut liat tuu atraksi uji cona…!!!

        •  

          kan udah terlanjur bayar DP buat pengembangannya bung, dan DP gak bisa diambil lagi… wkwkwkwk 😆 lagian saat uji coba kan negara-negara tersebut cuma menerima laporan aja… klo gagal ya gagal, klo berhasil ya berhasil katanya…

          •  

            laa katanya join tuu para ahli berapa negara…mosok dak tau…?!?!!? apa mungkin tuu ahli pada kena sogok rudal ….!!!

          •  

            Itu f35 mmng siluman pd jarak 1000km, pd jarak 20km kebawah? Itu pespur sama sperti pespur non siluman, karna mudah didetek radar irst, jd knp mrk mau ambil bagian sementara germany, franc & canada tidak ikut? Dikarnakan itu pespur hanya mengandalkan kecepatan teknologi perangkat elektroniknya, di jarak jauh dgn bvr nya

            Hahhaahaaaa

          •  

            ini harus jelas dulu nii huu….itu kata sapa…???

          •  

            Bah, masih juga loe rahasiakan

            Hahhaahaaaa

          •  

            Sebelum masuk jarak 20 km ya pespur musuh termasuk Rusia udah masuk jarak hajar AIM 120 lah.

          •  

            Begini aming lee, kalau f35 itu menggunakan ram pd posisi memindai? Bukan berarti semua bisa di selesaikan ram itu sendiri, karna ram yg digunakan f35 hanya bisa menyerap pantulan radar lawan kemudian di belokkan ke arah lain, misalnya dibelokkan ke tempat ruskye & seven lg tawar menawar, sehingga yg dilihat dilayar pilot hanya bercak2 bukan dr hasil setelah nego antara ruskye & seven.

            Jadi apa yg diandalkan f35 menarget & menembak? Yg dilakukan adalah kecepatan teknologi perangkat elektroniknya, sperti mnjaming rwr & ecm pespur yg dibidiknya, pd saat f35 melakukannya? Otomatis f35 diketahui tapi tidak dgn jaraknya, karna rwr tidak punya pengukur jarak posisi lawan, knp bisa f35 diketahui? Dikarnakan jammingnya mengantar daya gelombang elektromagnetik yg ditangkap rwr lawan, jadi penentuannya adalah jarak & kecepatan f35 itu sendiri

            Hahhaahaaaa

          •  

            Ada lg yg mmbuat f35 diketahui, pd saat menarget dgn radarnya, kemudian ditangkap rwr lawannya, yg berbunyi bahaya bos bahaya bos

            Hahhaahaaaa

          •  

            Lain pula ruskye, kalau sudah ditarget, rwr nya brbunyi bahaya bos bahaya bos, kemudia ruskye mnjwb, gak apa asik kok, kemudian peluru mazuk kepopor panas

            Hahhahaaaaa

          •  

            wah jawaban mu kurang lengkap too huu..???tapi sayang waktunya sudah habis…jadi gitu deh….xixizi…!!!

          •  

            Loe kira undian

            Hahhaahaaaa

        •  

          Seattle apa Stealth?? Beda kata beda arti loh.

  4.  

    gemblung payah bener sihh ngaplot commen aja…!!!

  5.  

    Wah, dah rame ya.. Ane pass dulu deh. Besok mau liburan ke Jogja ma keluarga. Bung Jimmy & Bung Hari, mau tanya nih wisata alam buat keluarga dimana aja ya?? Oya, katanya ada jalan tembus ke Baron dari Parangtritis ya.

  6.  

    Yang Anti Nagapasa & IFX adalah Orng2 Anti Kemandirian Nasionalisme

  7.  

    xixixi….engak dua duanya…!!!
    yang bener biar ada orang kurang kerjaan yang ngoreksi tuu tu lisa.n…!!!!
    @huu kan saya tadi tanya itu kata sapa….?!?!?laa malah dijawab ngalor ngidul…piye too…xixixi

 Leave a Reply