Agu 052015
 
Turret Cockerill CT-CV 105 CMI Defence, Belgia

Turret Cockerill CT-CV 105 CMI Defence, Belgia

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pagi ini di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Menurut JK, keduanya sempat membahas peningkatan kerjasama industri pertahanan dan akan segera merealisasikan join industri antara Indonesia dengan Turki.

“Kemarin sudah dibicarakan dengan Pak Jokowi tentang hal itu (alutsista), tentu bagaimana dan komisi perdagangan kita sudah bicarakan. Nanti kita akan realisasi join industri,” kata JK usai bertemu Presiden Recep Tayyip Erdogan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (1/8).

JK mengatakan, dalam realisasi join industri tersebut, Indonesia akan menggandeng PT Pindad (Persero), BUMN produsen alat-alat militer dan komersial. Kendati demikian, ia masih belum mengetahui perusahaan alat militer Turki yang akan terlibat dalam rencana kerjasama ini.

Sebelumnya, menurut Direktur Utama Pindad Silmy Karim, PT Pindad menggandeng sejumlah negara untuk pengembangan produksi alat utama sistem persenjataan (alutsista). Kerja sama ini dilakukan dengan sejumlah negara seperti Jerman, Turki dan Belgia.

Turret 90mm CMI Defence

Turret 90mm CMI Defence

Dengan perusahaan Jerman, Pindad akan bekerja sama dengan Rheinmetall untuk memproduksi amunisi tank. Sedangkan, dengan FNSS Turki mengembangkan pembuatan tank kelas sedang, dan dengan Belgia bekerja sama dengan Cockerell Maintenance & Ingeniere SA Defence (CMI) memproduksi sistem senjata atau turret untuk kaliber 90 mm dan 105 mm.

Diharapkan kerjasama ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan alutsista dalam negeri, namun juga dapat dilakukan transfer teknologi.

Republika.co.id

  54 Responses to “Turret untuk Tank Medium Pindad”

  1.  

    pindat jos…

  2.  

    Mantap …
    Ayo kita berdikari …

  3.  

    Tingkatkan kerja sama TOT demi kemandirian Negeri ini,,,

  4.  

    Smoga mnjadi awal kbangkitan produk tank nasional…aamiin

  5.  

    Sukses yah say .. 🙂

  6.  

    Sukses yah say … 🙂

  7.  

    Bangga punya pindad..medium tank nya kapan ya..majulah bangsaku..Dam’n ilove Indonesia

  8.  

    Sukses yah say …

  9.  

    Aku emang JOSS…MANTAP…NGGA ADA DUANYA…HIDUP AKU!!!

  10.  

    terima kasih ak memang HEBAT..!! 🙂

  11.  

    Sudah disiapkan lawannya RPG (Ra Pas Guwang)

  12.  

    Andaikan ada kompetisi mendesain alutsiata, mkin bnyk yg berminat. Tentunya akan ada input2 buat para pengembang alat tempur d tanah air.

  13.  

    Nunggu BMG aj bung, mereka tu yang suka ngsih pencerahan jika cuaca cerah, ddl. he he PISS

  14.  

    @ Bung Sengkuni
    Desain tank medium Pindad memang sudah dri awal drancang untuk mengakomodasikan turrent CMI Cockerill CT-CV 105 HP atau OTO Melara HITFACT, sesuai dgn persyaratan awal dmana bobot tank tidak boleh lebih dari 30 ton ini tentu menyesuaikan dgn kondisi geografis Indonesia….
    Memang smpai saat ini blum ad kputusan final mengenai turrent tank medium pindad namun diantara dua kandidat CMI Cockerill CT-CV 105HP Dan OTO Melara HITFACT, bsar kemungkinan pindad akan memilih CMI Cockerill CT-CV 105HP mengingat pengalaman kerja sama Pindad dgn CMI dalam melisensi perakitan kanon CSE90LP untuk Panser Kanon Badak. Sehingga bsa dikatakan CMI sudah memiliki pijakan yang cukup baik dalam pertarungan bisnis alutsista di Indonesia…..
    salam

  15.  

    Kalo Indonesia bisa buat badak..kenapa kog tidal dimodifikasi di madder untuk canonnya…casingnya 2and kan ga masalah…beli bisa lebih murah…soalnya bekas..maaf Karena untuk keperluan di darat bukan udara atau lautan..saya yakin madder dikasih canon 120 Dr NATO atau 125 Dr Russia…lebih Dari cukup Dan..maximal,menurut saya…

  16.  

    ketika indonesia dan turki sedang sibuk untuk bekerja sama membangun dan meningkatkan kekuatan militer, ada pula di negara lain alutsista di jadikan sebagai kendaraan umum .. apakah itu ?
    KONON NEGARA INI MENJADIKAN TANK PERANG SEBAGAI TAXI UMUM!!

  17.  

    ni bang, senter batu bacan, biar cerahh..

  18.  

    Produksi Tnak kelas sedang yg sesuai dengnan kondisi lingkungan nusantara…

  19.  

    Chubby banget tanknya….sini-sini abang kasih Javellin

  20.  

    Kapan nih produksinya?

  21.  

    Siipp mas jd byk referensi (walau sy prnh baca) tp ttp menarik sebagai bahan pembelajaran bagi kita semua. Memang dibutuhkan pikiran yg bener2 jernih bacanya…

  22.  

    Ass, selmt malam warga jkt greatr! Sy pembca setia web ini, dan ini merupkan komentar pertama saya,! Seblumnya maaf diluar topic, sy mau bertannya kepada sesepuh PSU oerlikon skyshild kita ad berapa? Awalnya sy kira cuma ad di jawa, tpi ternyata tdi siang sy melihat sendiri iring2ngan PSU tersbut meluntas di Jl.pettarani. Makassar sebnyak 4 unit sekitar pukul 11:30 siang tadi yg dikawal oleh paskhas.
    Mohon pencerahannya.

  23.  

    Mantap,body prancis(tot Anoa),turet rasa belgia,amunisi rasa Germany(tot beli leo) tinggal ramu ama pala dan cabe rawit nusantara,di jamin pedassss,tetangga sebelah pasti keringet deras klo mau coba2,,,pedassss