Des 122018
 


Pesawat tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris (foto : Common wikipedia)

Dua kelompok kecil pesawat tempur Angkatan Udara Inggris hampir saja saling bertabrakan diatas perbatasan Skotlandia.

Kedua grup tempur yang terdiri dari tiga pesawat latih tempur Hawk dan dua pesawat tempur Typhoon baru menyadari hampir bertabrakan hanya beberapa detik saat saling berhadapan di udara, rilis penyelidikan resmi .

The Airprox Board Inggris – tim penyelidik menyatakan – insiden nyaris bertabrakan berhasil dihindari karena sebuah “mukjizat”.

Karena insiden itu pihak Angkatan Udara Inggris berencana akan memasangkan sistem peringatan tabrakan – Collision Warning System- baru , dan harus dipasangkan pada jenis pesawat yang terlibat insiden nyaris bertabrakan.

Saat itu pesawat Hawk dan Typhoon terbang dengan kecepatan sekitar 400 knot per jam dengan ketinggian rendah di atas Coldstream pada 25 April.

Satu Hawk pemimpin sedang bersama Hawk Kedua saat melakukan pelatihan penghindaran terhadap Hawk ketiga, ketika ia melihat dua pesawat Typhoon terbang di pinggirnya – tepat sebelum keduanya menurunkan sisi kanan sayapnya.

“Pada saat itu tidak terjadi tabrakan, tetapi setelah melakukan pemeriksaan lebih terperinci dengan informasi dari data urut-urutan penerbangan, menjadi jelas bahwa Typhoon terbang dengan ketinggian yang sama dan hanya berjarak 300 meter di samping,” bunyi laporan tersebut. .

Pemerintah Inggris kabarnya akan menyediakan anggaran untuk memasangkan sistem Collision Warning System pada pesawat Hawk dan Typhoon, dengan sistem yang lebih baik dalam 12 bulan ke depan.

Sunday Post

Bagikan:
 Posted by on Desember 12, 2018