Jun 012019
 

Jet tempur Royal Air Force (RAF) yang berbasis di Pangkalan Udara Arimari di Estonia diluncurkan untuk mencegat pesawat Rusia untuk ketiga kalinya pada bulan Mei
.
Jet tempur Typhon Inggris bergegas untuk mencegat dua fighter Su-30 Flanker Rusia, dua pesawat serang SU-24 Fencer dan sebuah pesawat angkut AN-12 yang terbang di lepas pantai utara Estonia pada Kamis, 30 Mei.

Ini adalah misi rutin Typhoon untuk NATO yang mengambil alih misi Pemolisian Udara Baltik NATO dari Angkatan Udara Jerman bulan lalu. Kehadiran Typhoon Inggris di Baltik memberikan keamanan dalam kemitraannya dengan Estonia.

Menurut pilot Typhoon dari Skuadron XI (fighter) yang tegabung di Expeditionary Air Wing (EAW) ke 121, pesawatnya bergegas mencegat sekelompok empat pesawat tempur Rusia. Pencegatan itu rutin dan dilakukan sekitar 25 menit selama pesawat tempur Rusia melakukan transit dari daratan Rusia ke Kaliningrad.

Setelah mengawal Su-30 dan Su-24, Typhoon kemudian melakukan pencegatan pesawat AN-12 Rusia yang terbang lebih rendah dan lebih lambat di sepanjang rute yang sama. Pencegatan semua lima pesawat itu lancar dan dilakukan secara profesional.

Pencegatan ini merupakan bagian dari misi Quick Reaction Alert (QRA) keempat sejak pesawat tempur Typhoon RAF dikerahkan pada April 2019 sebagai bagian dari Baltic Air Policing.

Gov.uk

 Posted by on June 1, 2019