Jan 162019
 


Eurofighter Typhoon (foto:Common Wikipedia)

JakartaGreater.com – Eurofighter akan menyodorkan pesawat tempur Typhoon-nya untuk menggantikan armada CF-18 Hornet Angkatan Udara Kanada yang sudah uzur.

Eurofighter, perusahaan patungan Airbus, BAE Systems dan Leonardo, kemungkinan akan mengikuti kompetisi penggantian pesawat tempur Angkatan Udara Kanada yang membutuhkan 88 jet tempur canggih terbaru, meski saat ini belum secara terbuka mengakui keinginannya untuk ikut dalam kontrak pengadaan tersebut.

Simon Jacques, kepala Airbus Defence and Space di Kanada, menyatakan perusahaannya ingin mengajukan proposal untuk Typioon, yang menurutnya adalah pesawat tempur multi-peran generasi baru yang paling canggih.

Pada bulan Oktober 2018, Kanada mengeluarkan rancangan permintaan proposal untuk menggantikan armada CF-18 yang menua. Ottawa mendaftarkan lima pemasok yang berhak bersaing, yakni : Dassault Aviation – pembuat Rafale, Saab – pembuat JAS 39 Gripen, Airbus Defense – perusahaan patungan Eurofighter pembuat Typhoon, Lockheed Martin- pembuat F-16 dan F-35 dan Boeing-pembuat F / A-18 Super Hornet dan F-15E Strike Eagle. Hanya lima kandidat tersebut yang akan diizinkan untuk mengajukan proposal.

RCAF berencana untuk menerima proposal awal dari peserta lelang antara musim panas dan musim dingin 2019. Sebuah kontrak diperkirakan akan diberikan selama bulan-bulan musim dingin di tahun 2021-2022.

Kanada menginginkan pesawat tempur pertama dapat dikirimkan pada tahun 2025, dengan kemampuan operasional awal dicapai pada tahun 2026. Pemerintah menginginkan semua pesawat tempur sudah dapat dikirimkan pada tahun 2031 atau 2032, dimana pada saat itu armada CF-18 akan pensiun.

Jacques mengatakan tawaran Eurofighter termasuk partisipasi dari produsen Kanada untuk ikut dalam proses perakitan Typhhon, meskipun jenis pasokan atau perakitan lebih luas lagi belum ditentukan.

“Dengan mitra Kanada kami, itu akan menjadi solusi Kanada dan nilai yang baik untuk Kanada,” katanya. “Recuest for proposal (RFP) akan keluar pada pertengahan tahun ini, tepat sebelum pemilihan.

Flightglobal

 Posted by on January 16, 2019