Nov 022014
 

Tahun ini, dan untuk pertama kalinya Eurofighter akan ikut berpartisipasi dalam pameran industri pertahanan internasional terbesar di Indonesia, Indo Defence 2014. Perwakilan Eurofighter akan berbagi informasi seputar konsorsium Eurofighter dan kapabilitas baru pesawat tempur Eurofighter Typhoon, serta garis besar program yang tengah ditawarkan oleh Eurofighter kepada Indonesia untuk mencapai visi “Lepas Landas”.

Jet tempur Typhoon memiliki dua dapur pacu Eurojet EJ200 berkekuatan masing-masing 13.490 pon dengan thrust-weight ratio 1,15 untuk menjamin kemampuannya mengejar dan menaklukkan lawan secara cepat di udara. Dengan sepasang canard yang terpasang di depan, pesawat sayap delta ini dijamin mampu melakukan gerakan menekuk dengan angle of attack yang jauh lebih impresif dibanding jet tempur pada umumnya. Gerakan menekuk amat diperlukan karena langit negara Eropa terbilang sempit.

Mari kita saksikan video jet tempur Typhoon yang dibuat oleh Eurofighter. Walau terlalu bombastis dan mampu melibas SU-35 (dalam video itu), namun video ini memberikan gambaran yang menarik. Dalam video ini Typhoon tempak didesain untuk bertarung dengan alutssita Rusia. (JKGR).

Bagikan Artikel :

  156 Responses to “Typhoon vs Sukhoi SU-35 (video)”

  1. pertamax

  2. Mantab… Banjir Artikel Nih

  3. hmmmm… :mrgreen:

  4. big five

  5. Yakin kah ini vidio. Sedangkan si 35 sudah memakai radar irbis yg jarak nya super jauh. Persenjataan jangan ditanya lg si 35 mampu mengangkut senjata banyak. Saat typoon di deteksi radar si 35 typoon jelas duluan ke look.

    Mohon pencerahaan nya kk. Benarkah ini vidio ato cuma ajang promosi doank alutsista dr negri mama eli?

    SU 35 tetap pesawat terbaik di era ini . Walaupun mahal biaya penerbangan nya.

    Salam indonesia

    • Yap … Video sebagai ajang promosi. Dalam keadaan ‘perang’ saya belum mendengar kabar kedua pesawat ini ‘dog fight’ dan si badai yang menang. Jadi ‘ayamku’ ? ,,,

    • Setuju bung, SU-35 musti diambil untuk efek Deterent.

      Kalau Thypoon diambil juga untuk peluang pengembangan IFX setuju juga, ERJ-2000 engine yang cocok buat IFX jika dari Amrik gagal.
      so Dua-duanya

      • Typhoon itu umurnya pendek, dalam artian kalo IFX sudah jadi, maka IFX ini menggantikan fungsi typhoon, sedangkan SU-35 sebagai air superiority teteup bertugas bahkan bisa ditambah mengikuti kogabwilhan meskipun nanti IFX sudah mengudara…

    • ketauan bener ini sekutu amerika cm hebat di felm doang, kl mmg typhoon hebat seperti felmnya knp mesti pake bantuan AWACS, cb kl mandiri 1 vs 1 kynya gak sesuai sm di felm deh, setiap felm yg ada berbau militer pasti aja propaganda thd rusia

  6. Klo di suruh milih
    Saya tetep pilih su-35 walaupun gk dpet tot

  7. Absen dlu dehh…

  8. Masa iya SU-35 kalah ama Typhon Asa teu percaya ah ๐Ÿ˜€

  9. sekawan boleh laahhh… hehehehehe…
    sebner nya dua2 bagus… tergantung kita liatnya dri mna.. daya getar nya apa efesiensi nya….. klo su35 memiliki daya getar tpi krang efesien, typoon sebalik nya cukup efesien tpi krang memiliki dya getar yg tinggi…. itu klo menurut syaa… salam kenal…

    • Bagus jg kalo dua dua nya di akuisisi indonesia.
      Tinggal mengatur efisiensi dan strategi perangnya.

      Tapi tetep SU 35 tiada tanding nya di era skrng bung menurut sy.

      Radar IRBIS nya itu yg bikin serem.
      Dan kalo kita beli dr pihak barat sy khawatir di embargo lg. Walaupun ada tot . Tapi bakal sepenuhnya kah mereka beri ke indonesia.

  10. Namanya juga iklan…segala cara dilakukan untuk menarik pembeli, so be a smart buyer…jangan lupakan sejarah pokoknya. Masa kenangan pahit di embargo dilupakan.

  11. Kok videox kok gak bs d bk ya?

  12. video promosi terlalu mengada-ada (lebay) meski kemampuan tipun canggih tp g segampang itu ngalahkan rusia..pendapat awam

    • russian fanboy pada ga terima ๐Ÿ˜€
      begitu “cinta”nya dengan made in russia sehingga ketika diilustrasikan typhoon mampu merontokkan flanker dibilang lebay. sebaliknya ketika flanker mampu merontokkan typhoon dengan mudahnya langsung bersorak.

      kenapa ketika disini dipaparkan bahwa pilot-pilot pespur kita dengan pesawat jadul mampu merontokkan pesawat lebih canggih kita diam saja. tidak ada protes atau mengatakan bahwa itu lebay? apa hanya karena itu dilakukan oleh pilot2 kita maka kita anggap sebagai fakta kebenaran sementara jika hal tersebut dilakukan oleh lawan kita maka kita anggap sebagai lebay? apakah semua senjata yang berasal dari negara-negara eropa (NATO) lemah sementara dari rusia semua kuat?

      salah satu alasan yang selalu didengung2kan adalah soal embargo. mereka lupa bahwa peta geopolitik sudah berubah. “membiarkan” indonesia terlalu lemah tidak akan menguntungkan siapapun kecuali cina.

      mereka yang beralasan embargo adalah orang2 yang terperangkap pada paradigma lama era 80-90an. mereka lupa bahwa indonesia bertumbuh secara ekonomi, politik dan hankam. GDP kita sudah lama menyalip Belanda dan Australia. sekarang bukan mereka yang mendikte kita tetapi kita yang mendikte mereka.

      contoh paling gampang, jika kita ingin membuat australia bangkrut, kita stop saja impor daging dari australia. barangkali kita juga masih ingat bagaimana kebijakan larangan ekspor mineral mentah membuat negara-negara asal pemilik konsesi tambang di Indonesia kerepotan.

      lesunya ekonomi eropa sehingga berimbas kepada lesunya belanja pertahanannya membuat negara-negara asia yang kuat secara ekonomi dan sedang membangun industri pertahanan berada di atas angin. jika dulu negara-negara asia mengemis-ngemis mendatangi negara-negara produsen senjata (blok barat maupun timur), sekarang mereka yang berbondong-bondong mendatangi negara-negara asia untuk menawarkan senjatanya plus tot dalam skala tertentu.

      brother n sister, negara kita semakin kuat. mengembargo indonesia bukanlah kebijakan tepat dan tidak semudah era 80-90an. bisa-bisa malah menjadi senjata makan tuan.

      apakah dengan demikian resiko embargo menjadi hilang? tentu saja tidak. biarkan pakar-pakar kita di kemenhan dan komisi I dpr menghitung probabilitasnya. hal yang sama juga berlaku untuk rusia. mungkin resiko embargo sangat kecil akan tetapi ada resiko lain misalnya kebangkrutan ekonomi atau kolapsnya negara rusia. too big to fall? di masa lalu kita menyaksikan sebuah negara adidaya yang bernama uni sovyet kolaps. bukan tidak mungkin jika hal serupa terjadi di masa datang.

      dari beberapa foto proses pembuatan kapal selam dan pesawat tempur rusia banyak yang mengkomentari bahwa pabriknya terlihat usang dan tidak terlalu “kinclong”. bahkan untuk pabrik perakitan mig kondisinya lebih bagus di PT DI. apalagi jika dibandingkan dengan pabrik perakitan Airbus Military. bagaikan bumi dan langit.

      apa yang tersirat dari hal ini? artinya teknologi manufaktur dan supply chain management rusia tertinggal dibanding negara-negara eropa. fakta yang pahit memang. dengan teknologi manufaktur yang ketinggalan artinya efisiensi dan produktivitasnya rendah. harga jadi mahal dong? pasti! suplai komponen cadangan tentunya juga lambat. di saat terjadi perang dan permintaan meningkat apakah mereka bisa memenuhinya??

      benar bahwa kita jangan melupakan sejarah. akan tetapi juga salah jika kita tidak meninjau masa depan (foresight). mereka yang merancang kebijakannya hanya berdasarkan sejarah dan tidak meninjau masa depan akan terkaget-kaget karena ternyata asumsi yang dipakai selama ini sudah berubah.

      let’s move on!

      • ente bener2 kejam bung extrada, jamaah rusian strooong langsung di skakmat, ๐Ÿ˜€

      • Bener bung xtrada, Korea Utara yg sudah bersahabat dengan Rusia dan China selama hampir 50 tahun tidak pernah menggunakan alutsista lain dari negara sekutunya itu. Tapi bentar lagi diembargo persenjataannya ama Rusia dan China. Ini sekutu loh, apalagi yg bukan sekutu, ๐Ÿ˜€

        • kalau kita belajar manajemen rantai pemasok (supply chain management) , multi-source sangat penting. fatal jadinya jika hanya mengandalkan salah satu blok.

          yang terbaik tentunya mandiri. akan tetapi untuk teknologi canggih dan rumit ini jalannya masih panjang dan lama. kita belum menguasai teknologi power plant untuk pespur (bahkan pesawat sipil).

          cmiiw

        • mungkin yang ingin disampaikan bung jalo adalah, meski sekutu ternyata juga bisa diembargo.

          faktornya banyak. misalnya berkurangnya nilai strategis suatu negara karena ekonominya melemah, politiknya acak adul. atau kebijakan politik luar negeri dan hankam-nya mulai tidak selaras dengan negara-negara induknya (sekutunya).

          saya melihat itu yang terjadi bagi korut. kebiasaannya yang suka menebar ancaman merepotkan cina dan rusia yang ingin memperbesar pengaruhnya di dunia internasional. juga secara ekonomi ia membebani.

          cmiiw

        • Bung anak deli, pelajarannya itu jangan pernah percaya pada satu kubu aja.

      • ini second opinion dari saya. tidak ada maksud menjatuhkan atau skak mat pad siapapun. kebiasaan kita ketika mengagumi atau mendewakan sesuatu lantas menjadi kurang kritis.

        keledai memang tidak akan terperosok ke lubang yang sama. akan tetapi kita bukan keledai. we are smart country. dan jalan ke depan juga sudah bagus. lubangnya tidak sebanyak dulu.

        soal F-16 yang jatuh sudah ada pencerahan di JKGR. lalu apakah Sukoi juga tidak pernah jatuh. pernah dong. adakah penjelasannya?

        masalah fuselage? itu masalah manufaktur. artinya lebih mudah ditangani dibanding masalah desain.

        kembalike masalah manufaktur mana yang lebih berpeluang menghasilkan produk cacat. pabrik yang rapi jali ataukah yang berantakan.

        salah satu yang saya suka dari negara-negara eropa barat, mereka sangat terbuka terhadap masalah apapun yang menimpa produk mereka dan segera melakukan perbaikan. dan memastikan bahwa masalah yang sama tidak terjadi di kemudian hari. itulah gunanya sistem manajemen kualitas.

        embargo lagi. mana yang lebih strategis bagi negara-negara eropa barat? singapura malaysia ataukah indonesia. afaik, fpda bukan pakta pertahanan.

        silahkan dilanjut diskusinya

        • stuju… mantap

        • Kalo saya melihat dari dimensi waktu yang lebih luas. Tanpa bermaksud mengabaikan sejarah embargo dll, saya ingin menyoroti beberapa negara pengguna alutsista russia (Korea utara adalah pengecualian karena menganut azas negeri tertutup, bahkan wisatawan china dan rusia pun gak bisa masuk tanpa ijin berbelit).

          Kita lihat India dan China (inilah 2 negara yang saya anggap sebanding sdm nya dengan Indonesia), sebagai negara pengguna alutsista Russia, kini mereka sudah tinggal landas. sementara negara pengguna alutsista USA belum ada yang tinggal landas. Jepang dan Korea mampu menumbuhkan industri pertahanan tapi bukan karena faktor USA, melainkan mendapatkan TOT dari Eropa. Dus, berarti untuk kemajuan industri pertahanan kita, jangan sekali-kali berkiblat ke Amrik, maka yang diancang-ancang sekarang ini yaitu blok barat (Eropa utamanya) dan blok timur saya pikir sudah berada di relnya meskipun bukan rel kereta super cepat.

          Kalo mau super cepat, maka mix timur-barat harus diperluas lagi dengan kerjasama alternatif dengan Iran, Korut, Afsel, Brazil dll….masalahnya nanti ya gimana supaya masing-masing kompatibel satu dengan lainnya…memang bukan perkara mudah, tapi itulah konsekuensi dari politik non-blok…

          • ralat: Korea dan Turki, bukan Jepang dan Korea…cmiiw

          • maaf kayanya terlalu mengecilkan arti sekutu amerika bung … jepang korea dan taiwan adalah negara yg dapat membuat alutsista yg hebat ( tetap dengan bantuan tot usa ) tot eropa darimana ??? .. karena mereka benar2 sekutu USA yg apabila perang terjadi didunia ketiga negara tersebut berpihak dan berperang ke usa begitu juga usa akan berperang untuk mereka.. jepang sudah mengeksport kapal selam koryu .. india dan china belum menjual kapal selam ??? china terbantu mempercepat alutsista nya karena keruntuhan uni soviet dan banyak ilmuwan uni soviet yg beralih ke china ..india mengeluarkan ber milyar dollar untuk mendapat TOT rusia … membeli ratusan pesawat su27 dan ribuan tank T90 dengan lisensi dibuat di india ( dan sekarang india cenderung ke barat karena banyak produk TOT dari rusia yg apabila ada masalah terlalu lama respon dari rusia untuk pelayanan perbaikan ) .. kita ga akan dapat tot apapun dari rusia dengan membeli 1 skuad su35.. dengan cuman membeli 1 skuadron typhoon kita udah dapat segalanya .. itu harus dipikir juga .. kata siapa typhoon ga ada deterent effect ..

        • saya ingin tanya bung xtrada.
          1.mampukah typun meng intercept F 35.
          2.bila berhadap-hadapan (dog fight) siapakah yang lebih berpeluang rontok typoon atau F 35?
          3.untuk radar jangkauannya baik mana antara typoon dan SU 35?

          terimakasih pencerahannya bung extrada?
          jujur itu sebaik baik cara.

        • Pemilihan SU35 vs yg lain-lain, dari dulu muter-muter ajah … bukannya udah didiskusikan panjang lebar dimari? Setuju ga setuju dengan SU35 atau setuju ga setuju dengan Typhon/Rafa/Gripen tidak terkait langsung dengan Fanatik Blok manapun dan embargo adalah bukan keniscayaan.
          Kembali ke issue dan diskusi dulu :
          SU35 = air superiority/multi role kelas berat, efek deteren, antisipasi F35,
          IFX = intercept, patroli, … saat ini belum siap sampe 2024…nah posisi ini yg mau diisi ama itu typoon/gripen …sebenarnya issue di posisi ini sudah dijawab dengan F16 52 C/D …… make it simple pliss

      • Abang Ruski juga pernah embargo kita loooh… ๐Ÿ˜€

      • Tak bisa berkata kata bung xtrada…ibarat lelang,bukaan penawaran baru seratus ribu ente langsung teriak 10 juta!

        Rusia seterong gak ada salahnya…tp mohon dipikirkan jg keuntungan komparatif di masa yg akan datang…kita gak hidup untuk hari ini toh?

      • ya masa mau jadi donkey..! jatuh kelobang yg sama.

      • Ini masalah embargo suku cadang pespur. Bukan embargo ekonomi. Hehe

      • Good mas berpw

  13. Dua-duanya kita ambil Bung . . . TOT dapat, anti dot dapat.

  14. tetep SU-35 lahhh….promosi itu hik hik hik
    suara penjual bakmi

  15. hebat ni typhoon,ngga nyangka jg su35 dibuat ngga ade ape2nye…yg fans sukhoi pasti nggak terima,yaah biasalah,mana ada sih yg terima jagoannya kalah meski nyatanya mmg kalah gtu..
    semakin membuat jokowi kepincut ni barang,udeh deal aje..

    • SU 35 tandingan nya tu F22 bukan Typhoon. kalau video di atas tu kan orang lagi jualan…. lu lihat film rambo kelihatan hebat tapi kenyataan nya asu kalah di vietnam.

      • video keren jg nih Bung, buat ngimbangin video di atas.
        itu si SU-35 pas mau kena SAM ngeluarin jurus apaan yakh dibandannya? kyk ada listrik2 gitu…jamming ngaburin sinyal lawan kah?

      • ada manuver 360 derajat nya nih… itu utk menghindari kejaran lawan malah akhirnya mengejar lawan, udah pas lah kalo Pak Moeldoko & TNI jatuh hati pada Su-35

    • Sbnernya apa cuma garang,gahar,canggih,strong aja yg dilihat dr stiap pemblian alutsista? Kalau memang iya, kita tunggu aja nyampe 10/20 tahun lagi apa yang terjadi dgn si garang itu?

    • Wow..
      64 sukhoi?
      Hebat.
      Indonesia strong.

    • Izin saran bung, mending artikel di link tsb di terjemahkan dan dinaikkan jd artikel di jkgr utk bahan diskusi warjager..
      Maaf cuma saran aja loh bung.
      Hehehehe

    • Sudah pernah saya bilang kalau Ozzie lagi galau.

      “The Indonesian Sukhoiโ€™s fly higher and faster than the JSF, and their air-to-air missiles are longer ranging. The Sukhoiโ€™s have greater range, greater acceleration, greater agility, more missiles, and carry more fuel. ”
      Penulis saja mengakui kalau Sukhoi lebih hebat dari F-35

      “diversified, balanced and deadly air force”
      Komplit dah sebutannya tapi kurang kata2 STROOONNGG ๐Ÿ˜€

      “This is not the third world air force imagined by contemporary defence planners in Australia, but a balanced modern force structure that emphasises support of ground forces with top cover provided by cutting edge combat aircraft.”
      Artinya para petinggi TNI terbukti hebat dalam perencanaan sudah dipikirkan secara matang

      kira2 seperti itulah si bule ngomongnya. IMHO

  16. negri panda sudah menggunakan pesawat tidak jauh beda tetapi sama karakteristiknya dengan si popon ini>>http://www.ausairpower.net/APA-Sinocanard.html

  17. Jangan dikatakan typhoon melebihi SU-35 dalam segala aspek. Jelas Sukhoi lebih gaharr

  18. su 35 pilihan saya

    • Alasanya?

      • Alasannya SU-35 wajib akuisisi utk nabah Heavy Class:
        -Jangkauan jauh, dan daya angkut senjata besar.
        -Radar yang kuat.
        -Teknologi Gen 4+
        -Harga bersaing dengan pesawat sekelas Gen 4+
        -Untuk keseimbangan jumlah pesawat block Barat (F-16, Hawk, T-50, Tucano, sudah banyak ) dan Timur (baru SU-27/30, masih sangat sedikit)
        -Biaya operasi mahal, wajar mengingat kemampuan juga mumpuni. Tapi dibanding dengan SU-27/30 yg lama usia engine service lebih lama.
        -dll

        Thypoon juga perlu diambil utk ganti F-5.
        alasannya sudah banyak diatas.

        dan sebaiknya tidak perlu menunggu pertumbuhan ekonomi 7% dulu. kelamaan. pertumbuhan 6% juga sudah cukup tinggi. BBM sudah mau dinaikkan. jadi cukup banyak save APBN.

    • Beruntung indonesia punya pespur mumpuni Sukro dari papa ruskie,

      http://www.ausairpower.net/flanker.html

      dan klo lihat pespur tetangga kyak sonotan dan si upil, pesawat ini memang merupakan antidot dari pespur yang mereka punya.

      Maaf sekedar ocehan tukang tambal ban pinggir jalan

      Salam NKRI

  19. bungkus ke duanya.

  20. Hadir bung ๐Ÿ˜€

  21. Sutradanya dukung bget sama tipun nich masak gmpg bnget kalah

  22. Semudah itu kah Typhoon merontokkan Sukoi….kaya’nya nih video terlalu mengada ada….

    • Dari iklannya aja klhtn bnget si sales trllu mengagung2kn brng daganganx dn menganggap remeh pnya org lain,pake logika sdrhn sj nggak mngkn bnget bgitu mudahx Su 35 dirontokkan sprt yg trlht didlm video,kek difilm india sj

  23. KaLau Lihat EF Typhoon ingat jet yg dari KremLin benar ga’ bung Zero-01 ๐Ÿ˜‰

  24. Lawan berat typhoon di RI mgk SU35 coz byk pendukungnya ????, misal konflik dg aus/sing/maly gara2 mgk menteri Susi usir kapal, akankah US dukung RI?? kl misal Freeport diusir dr RI, US dukung RI? – Gak usah ragu, cukup ambil SU-35 1 ska, tetangga pasti mikir 10x ganggu RI ????

  25. Pokoke nyong tetep ndukung SU35 lah suurr…

  26. Gambar sukhoi pada video di atas bukan su 35. Perhatikan video itu baik-baik.

  27. su 35 vs typoon

  28. spg thypon sorak2

  29. Gripen E/F ~ 64 pencegat/multirole medium
    Su35 ~ 32 Multirole heavy fighter
    Su32 ~ 16 Strike maritim
    IFX ~ 50 Multirole medium
    T50i ~ 24 peronda/Trainer

    Su30Mk2/Su27KM dijual ( sangat boros sebagai pencegat )
    F16 blok 52id biarkan pensiun ( Kesalahan diplomasi )

    Indonesia darurat Pesawat pencegat yang biaya operasional murah tapi mematikan khususnya Lanud Eltari kupang,Biak,Tanjung pinang,Ranai Natuna.

  30. Ada pernyataan menarik dari Pak RR tentang alutsista di sctv, bahwa TNI akan menerima alutsista baru yang akan berdatangan dlm waktu dekat, pihaknya cuma bisa menerima saja krn itu merupakan kebijakan pembelian di pemerintahan sebelumnya. dll. Mungkin pernyataan tsb juga berkaitan dng rencana kedatangan Typoon yang telah dibeli bersamaan dng kunjungan SBY ke mama eli utk menerima gelar bangsawan. Jadi Pak RR sebagai menhan yang condong ke timur, tdk bisa menolak alutsista yang sdh dibeli oleh pemerintahan sebelumnya. Kalau melihat track record pak RR,isu bahwa beliau condong ke blok barat, adalah sulit utk diterima. Maaf hanya pendapat oot.

    • Bung pitik…sampai tahun 2017 hasil kerja bid.pertahanan pres ke 6 RI…alutsista akan berdatangan 80% barang tsb anyar 20% renov…yg akan datang 2015-2017 itu barang akan membuat kawasan aspac meriang…cash bayarnya…di laut spek strong..udara..gatot koco manggul jarak 300 km busurnya ..su-35 asli datang di nkri …darat misil bergerak dan statis akan di taruh di pojok2 nkri…sistem pertahanan ibu kota terkoneksi satelit…ks.vls jarak tembak 500 – 1000 km….klo pak Rr cepat kerjanya ..kontrak 2015 baru mou…barang anyar 2017…kecuali mendesak klo emang Rr pro-timur ..minjem dulu tuh yg punya papa bear…..awas pak anggarannya takut bapak khilaf lebih baik diborong aja tuh alutsista dan naikkan taraf hidup tni seperti pidato bapak di depan anggota tni..di korem lilawangsa…sebelum bapak dan pasukan di raid di lhok ngah

  31. Gripen NG atau Typhoon…..

  32. typhoon,gripen dan rafale sm baiknya,tergantung pemerintah..yg mana memberikan keuntungan,pasti itu yg di beli

  33. setuju mas xtrada..perlu dikasi konseling tuh para russian fanboy,kesian bgt jd terlihat lugu krn yg ada di otaknye cm rusia doank…jgn2 mereka…

    • Maaf kawan frans, setiap orangkan memliki pandangan yang berbeda tergantung dari segi manakah yang mreka lihat. Contohnya seperti penyakit kalo di tanyain ke dukun,ke ustad, dan ke dokter pasti jwabanya berbeda2

    • Bung frans, klau melihat dari komentar2 anda kelihatan anda sangat tidak berkualitas. Anda bergabung dan brkomentar di jkgr ini hanya untuk protes, bantah, dan salahkan komentar2 orang lain.
      Kreatif sedikit lah bung, silahkan smpaikan pendapat anda, silahkan saling share aja apa yg anda ketahui. Gk usah hujat menghujat bung.
      Beda pendapat boleh, tapi sampaikanlah perbedaan pndapat anda dengan baik.
      Kita ini bersaudara, dan sedih rasanya punya saudara yg brkelaluan sprti anda.

    • Bung frans,
      Saya sipil bukan militer, tapi dari muda hobi militer, zaman trikora ikut pendidikan militer, sekarang salah satu fanboy, terus terang komen anda menyakitkan, karena saya tidak merasa lugu dan butuh konseling, mungkin justru anda yg butuh.

      Coba baca lagi komen dari Bung Yong-Q.

    • He..he…rame juga, meskipun nyelekit, saya masih like it, daripada debat kusir jaman pilpres kemaren, yang ini debat kusir rebutan sales…gak papa…gak papa…

      Lanjutkeun… ๐Ÿ™‚

  34. bukanya anda juga begitu, diotak anda juga cuma ada amerika the best selamanya tiada matinya jos gandoz kotoz kotoz bledos, lainya makin ketinggalan. trus kalo begitu apa bedanya anda dengan mereka yang rusian minded ato mbah bowo yang mengagungkan china

  35. Ayoo para ‘sales’ pespur bersaing dengan sehat ya … N’ jaga komennya. Keluar kan argumen yang kredibel jangan esmosi … Ane mojok dulu sambil ngopi neh …
    Salam …
    NKRI HARGA MATI

  36. emang bener sih si thypoon udah diakuisisi untuk 1 ska. dengan opsi tot 70% & opsi pembelian berikutnya. berdoa aja semoga lancar dan yg penting negara lain seperti sonora, sonotan, upil beserta lainnya akan berfikir ulang kalau berniat mengganggu kedaulatan nkri.

    semoga su35bm segera datang komplit 1 ska.
    hehe.
    #celoteh ob

  37. Lebih rame kalo ada neng okeelah … Sales JF SULFUR …
    Bung Antonov sama bung Erich mana neh?

  38. Kemarin saya melihat running text disalah satu media tv swasta yg menyatakan kira2 seperti ini ‘rasio utang terhadap pendapatan negara indonesia skrg diatas 50% an sdgkan batas aman bg sebuah negara seharusnya 30% an’, apakah itu benar?? Ditakutkan kalau itu benar ada kemungkina akan terjadi lg pemotongan anggaran termasuk anggaran pertahanan

  39. udah gak usah rame rame beli aja dua2nya biar tanbah gahar bin maknyusssssssss

  40. Rusia strong,usa strog,eropa strong.muak sya dengernya juga. Bangun woy anak negri.apakah ini patriotis kalian dgn mengagung2kan negara lain? Kita memang belum bisa bikin apa2 tp mohonlah jgn terllalu di bikin sepertinya kita lemah.kapan kita harus begini terus? Apa yg kita wariskan untuk anak cucu kita nanti?

    • ha ha betul bung harusnya indonesia strong, negara lain ga bakal ada yg ikhlas bantu negara lain, seandainya rusia yg jadi adidaya mungkin sikapnya ga beda jauh dengan amerika begitu juga jika kita yg adidaya pasti ga beda jauh. yang kuat cenderung semena mena

  41. Soal kecanggihan, Su-35 memang dapat diandalkan. Mengusung mesin yang lebih powerfull, radar superior, dan peralatan pertahanan diri canggih..Flanker 35 merupakan kemajuan yang cukup besar dalam hal kemampuan dibandingkan Flanker pendahulunya..china saja minta tidak dikasih takut di copy…bagaimana penjaga udara NKRI..? mau superior apa mau klepon jawabanya…?
    apa mau dua-duanya…?

  42. Tapi kalo g sekarang kapan lagi? Kita tanya diri kita apakah yang akan kita wariskan kpd anak cucu kita? Apakah masih cuma alat perang rongsokan yang di musium?. Memang pilihan sekarang ini aga pahit tapi demi merasakan manisnya di masa depan semua harus di lakukan.

  43. kl ane pilih rafael dri pd typoon cantik rkam jejaknya jg bgus 7 banding 1 ma typoon, satu2nya pswt yg bs hindar s300 katanya

  44. Coba lihat Link ini…malah Sukhoi 35 Strong bingitttt….sekali pencet Eurofigter ambrollll

    m.youtube.com/#/results?q=Typhoon+vs+Sukhoi+SU-35+video

  45. JKGR sudah jadi salesman taifun kah?
    Video taifun (artikel) dan SU-35 (komen 15) sama2 ngecap tapi video SU-35 jauh lebih masuk akal dari video taifun.

    Video taifun :
    – 1:57 Cuma 1 pswt take off menyerang sasaran darat.
    – 4:21 Tembakan SAM musuh cuma 1 (bukan salvo) sehingga dpt dihindari dengan decoy.
    – 4:37 MANPAD? Apa urusan taifun dngan MANPAD, suatu taktik yg salah.
    – 6:19 Tiba2 saja sdh merge/ WVR dengan SU-35, tidak ada reaksi dari pilot SU-35, langsung meledak.

    Video SU-35 :
    – 4:07 Musuh berupa pembom dikawal beberapa taifun (BVR).
    – 4:48 dan 5:41 SU-35 melepaskan salvo rudal, pembom dan taifun rontok.
    – 6:16 Musuh berupa AWACS dikawal beberapa taifun (BVR).
    – 6:44 ECM SU-35 beraksi.
    – 6:57 Salvo rudal anti radiasi ke AWACS, rontok
    – 7:17 Salvo rudal ke taifun, rontok.
    – 7:28 Taifun balas salvo rudal.
    – 7:48 Merge (WVR)
    – 7:59 SU-35 yg dikejar menghindar dengan superr manoeverability (TVC?)
    – 9:30 SU-35 menghajar SAM (dengan rudal anti radiasi?)

    Selain kemampuan dan persenjataan pswt, kemenangan juga ditentukan oleh kemampuan dan pelatihan pilot, dan taktik yg digunakan.

    Komen 12 xtrada : prediksi kedepan Euro dan USA tidak bagus, sedangkan Rusia bisa cukup bagus karena ada Putin dan mengikuti/ berkawan Cina dan India.

    Pemilihan dan pembelian pespur adalah keputusan strategis yg didapat dari KAJIAN komprehensif sebagaimana telah dilakukan oleh TNI AU. Apakah kajian semacam ini telah dibuat untuk taifun? Belum kan? Mungkin juga sudah termasuk di kajian TNI AU, sehingga Rafale dan taifun tidak terpilih, siapa tahu.

  46. Mohon Maaf sebelumnya, saran saya untuk TNI, ambil su-35 saja, pasalnya jika nanti memakai pesawat selain su-35, kawatir nanti tni-au akan kerepotan jika tangani kasus seperti pesawat masuk tanpa ijin di indonesia kemarin, gak mungkin nanti tni-au cegat pesawat tanpa ijin pakai jet tempur selain su-35, nanti pasti ada tekanan dari negara pembuatnya-sekutunya, saya pribadi lebih nyaman tni operasikan su-35 saja karena bebas dari tekanan segi apapun.

  47. Bung frans, klau melihat dari komentar2 anda kelihatan anda sangat tidak berkualitas. Anda bergabung dan brkomentar di jkgr ini hanya untuk protes, bantah, dan salahkan komentar2 orang lain.
    Kreatif sedikit lah bung, silahkan smpaikan pendapat anda, silahkan saling share aja apa yg anda ketahui. Gk usah hujat menghujat bung.
    Beda pendapat boleh, tapi sampaikanlah perbedaan pndapat anda dengan baik.
    Kita ini bersaudara, dan sedih rasanya punya saudara yg brkelaluan sprti anda.

  48. jadi cerita tentang pespur jadul ngintercep f18 hornet sempat dog fight juga kabarnya. kok yah f18 nya malah angkat tangan yaaa???? skil dari pilot jangan di kesampingkan bro. kemampuan pesawat ittu cuma faktor penentu di kertas aja. maaf oot

  49. maaf bung uwo.Apa cukup kita belajar hanya dgn 1 negara, lagian kan korea juga masih dlm thap belajar. Maaf saya bukan golongan yg pro barat,eropa atau rusia. Tapi saya sangat pro indonesia dan untuk memajukan kemandirian kita. Apapun pespurnya saya dukung yang penting ada ilmu yang bs di petik untk kemajuan kita.

  50. pagi-pagi para sales udah pada prospek, takut ditinggal pelanggan kali ya….

    santai aja.. semua akan mumet pada waktunya….

  51. Typhoon dibuat untuk kondisi geografis bangsa eropa.. apa nyambung dengan indonesia yg menganut konsep pre-emptive strike????

    Dari ujung barat dan timur harus berapa kali isi bensin eh avtur? Kecuali ada strategi lain yg gak tahu apa konsepnya ya silakan

  52. pemerintahan baru..para sales menggoda ….
    yang jadi pertanyaan apa sih kendala kita ngebangun pesawat yg kayak gini…?
    mohon pencerahan maklum oot nih…hehehe

  53. Terlalu berlebihan typhoon, hati2 masuk perangkap tikus.kalau promosi yg buat sukhoi apa jadinya typhoon.

  54. mantab, SU-35 BRO

  55. mnurut sy lbih baik.. ambil 22.a yg tiifun bwt kmandirian bangsa yg 35 bwt daya gentar bagi tetangga…

  56. Typhon = + lincah kencang semi stealth tot air suporty
    Sukoi = + radar banyak payload tahan pukul no tot multirole
    Kemungkinan embargo hampir sama kalo liat omongan sesepuh diatas
    = beli 2 2 nya tq

  57. Cari yang dapet tot lumayan buat jangka panjang

  58. sekilas liat dari video-video nya, rusia lebih memperliatkan keunggulan teknologi, radar, jumlah & kelengkapan misil yg di bawa. typhon memperliatkan keahlian pilot memaksimalkan kelincahannya, manuver pesawat ketika di kejar misil & kapan keluarin flare.

    ngeri banget, indonesia menerbangkan keduanya, typhon terbang di depan memecah konsentrasi musuh, su 35 di belakangnya siap hajar musuh. mantab..

    pantes tetangga pada lemes..

  59. Maksud langit Eropa sempit apa y..?? dimana2 bukannya ukuran langit itu sama..apa krn negara2 eropa itu luas negaranya sempit jd luas udaranya jd sempit jgZx..

  60. Untuk pembelian fighter ini memang harus dilihat dari sisi strategis geopolitiknya. SU35 tepat disandingkan di wilayah indonesia timur utk mengcounter F35. Untuk urusan suply chain, kita harus bisa belajar dari vietnam dimana negara tsb sudah ada pusat maintenance sukhoi, dengan pembelian sukhoi yg banyak, saya percaya indonesia bisa mendapatkannya spt halnya maintenance utk kapal selam kita, dan tentunya kita harus bisa bernegoisasi kpd rusia utk bisa memproduksi sendiri beberapa sparepartnya sbg TOT.

    Untuk video di atas harus dilihat dulu siapa yg membuatnya, selama ini suhkoi kita sendiri sdh teruji kemampuannya dlm dog fight dgn pesawat barat di australia apalagi beberapa kali intercept thd pesawat asing, sukhoi kita lah yg menjadi andalannya. Kita tdk bisa menggunakan fighter dari negara barat yg sdh ketahuan kelemahannya oleh negara barat bila melawan fighter dari negara2 boneka barat di sekeliling kita. Pesawat dari rusia adalah pilihannya krn mereka masih buta teknologi dari rusia, itulah yg dikhawatirkan oleh ausse, mereka lebih pengin indonesia membeli pesawat dari barat dibandingkan dgn pesawat dari rusia. kejadian dimana F16 kita dilock diwilayah bawean dari hornetnya amerika tidak boleh terulang lagi.

    Benar, indonesia adalah negara strategis, tapi itu bukan berarti mereka akan memilih indonesia untuk itu. Asalkan indonesia mempunyai kepentingan yang sama, tentu amerika cs akan membantu kita, kalau tidak maka mereka akan mengembargo indonesia. Cina, dgn penduduk dan perekonomiannya yg besar, tdk pernah didukung oleh amerika cs.

  61. Wah seru nih debatnya, btw kalau dog fight saya rasa banyak faktor yang berperan tidak hanya sekedar kemampuan pesawat A melawan pesawat B, butuh kerjasama antara informasi intelejen dengan sumber-sumber yang dikerahkan. Jika pihak NATO lebih dulu mengetahui lawannya Su-35 tentu mereka akan mengerahkan seluruh perangkat yang mereka miliki mulai dari radar, SAM, satelit, pesawat tempur, AWACS begitu juga kebalikannya. Namun apakah pasti salah satu pihak yang sudah tahu menang, belum tentu juga. Dalam pertempuran antara 2 pihak yang memiliki kemampuan hampir sama tidak akan mudah menentukan kemenangan, mungkin hanya yang bisa memanfaatkan momentum yang mungkin hanya sepersekian detik yang bisa meraih kemenangan.

  62. mengutip analis militer Aussie setalah F/A-18 Super Hornet mereka dipecundangi Su-27 & Su-30 TNI, ada beberapa kelebihan yg dimiliki falnker family itu salah satunya kemampuan radar jarak jauh yg belum bisa ditanding oleh radar2 pespur barat, spt motto mekea “first look, first shoot”..jadi kalo Su-35 begitu mudah ditaklukkan oleh Typhoon spt video di atas kita boleh curiga jangan2 Su-35 itu NGGA PAKE RADAR IRBIS-NYA……analis aussie itu mengatakan radar Irbis mampu menjangkau radius hingga 400 KM…jadi mustahil bgt sekelas Su-35 ngga tahu kehadiran seekor Typhoon……

  63. dalam radar saja typhoon udah kalah dengan su-35 bung,

  64. Kalau nyari efek deterent kenapa gak milih PAK FA sekalian , ni Tipun kalau bisa diambil tot nya buat IFX/LFX knapa tidak . Musuh terberat F22 dan F35 dan lawan sepadan adalah T50 PAK FA bukan SU35 .

  65. Melihat kondisi alutsista sekitar, hanya Su35 diantara alutsista pamungkas terbaik.

  66. Ni barang dua2nya kagak ada yg moncer….

  67. Mlm..ea..h..dah lama gak komen..teringat kalau gak salah pernah baca..hadis nabi..nanti suatu masa negara2 islam akan bergabung dengan negara2 blok timur menghadapi barat(eropa+asu) negara barat langsung ambruk alias kalah tapi karena sesuatu hal blok timur dan negara2 islam akan saling menjatuhkan..inilah inti dr hadis tersebut..jadi pilih mana?

  68. Typhoon lawan SU 35 menang ??? mimpi kaleee yeee.. tapi video ini cukup menghiburlah.. liat aja segalanya dipandu sama pesawat AWACS, tinggal hantam AWACS nya aja tuch.. langsung kalah tekhnologi sama SU 35.. liat dech video berikut ini : http://www.youtube.com/watch?v=xzDPyDNdv7M jadi apapun tawaran manisnya tetap dukung SU 35
    Ayooo jangan tergiur sama janji semu tukang embargo senjata.. Majulah Indonesiaku !!!

  69. Terkadang apa yg kita impikan tidak selalu sesuai dengan kenyataan, tapi bagaimana caranya agar impian itu bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. saya sendiri sangat, sangat mendukung adanya SU 35 and next generation yg menaungi NKRI. Seandainya nanti DPR memilih thypon terus deal…., wahhh NKRI bisa berabe kalo terjadi konflik ma ausi and sekutunya. itu sama aja dengan ‘ ula marani gebug’, bukanya kita ditolong ma inggris cs tapi malah kita tambah ditimpuk. Setelah inggris cs habisin Thypon kita, terus giliran F 35 ausi mberesin SU 27,30 kita. Biarpun itu ToT tidak mungkin semua rahasia teknologi thypon dikasih ma kita semua, tetap yang intinya ma mereka. Moga aja orang orang yang diatas sama pikirannya ma kita ya…!!!!! biar SU 35 and next generation yg menaungi NKRI Amiiiiiin. Jayalah langit biru indonesiaku…..!!!!!!!!!!!!

  70. siapa cepat dia dapat.
    nyata Indonesia bagaikan permata yg dapat mengisi kantong anda paman sam dan paman putin, siapa yg bisa mengambil hati kami, kalau saja anda jeli paman sam berikan kami 1 ska F 22 raptor atau anda paman putin berikan kami 1 ska su T50 pakfa pasti kami akan menghargai anda sebagai saudara sehati,

  71. tni sudah memiliki pesawat2 buatan airbus, tidak ada salahnya tni au menambah skuadron su 35

 Leave a Reply