Nov 022014
 

Tahun ini, dan untuk pertama kalinya Eurofighter akan ikut berpartisipasi dalam pameran industri pertahanan internasional terbesar di Indonesia, Indo Defence 2014. Perwakilan Eurofighter akan berbagi informasi seputar konsorsium Eurofighter dan kapabilitas baru pesawat tempur Eurofighter Typhoon, serta garis besar program yang tengah ditawarkan oleh Eurofighter kepada Indonesia untuk mencapai visi “Lepas Landas”.

Jet tempur Typhoon memiliki dua dapur pacu Eurojet EJ200 berkekuatan masing-masing 13.490 pon dengan thrust-weight ratio 1,15 untuk menjamin kemampuannya mengejar dan menaklukkan lawan secara cepat di udara. Dengan sepasang canard yang terpasang di depan, pesawat sayap delta ini dijamin mampu melakukan gerakan menekuk dengan angle of attack yang jauh lebih impresif dibanding jet tempur pada umumnya. Gerakan menekuk amat diperlukan karena langit negara Eropa terbilang sempit.

Mari kita saksikan video jet tempur Typhoon yang dibuat oleh Eurofighter. Walau terlalu bombastis dan mampu melibas SU-35 (dalam video itu), namun video ini memberikan gambaran yang menarik. Dalam video ini Typhoon tempak didesain untuk bertarung dengan alutssita Rusia. (JKGR).

  156 Responses to “Typhoon vs Sukhoi SU-35 (video)”

  1.  

    Mohon Maaf sebelumnya, saran saya untuk TNI, ambil su-35 saja, pasalnya jika nanti memakai pesawat selain su-35, kawatir nanti tni-au akan kerepotan jika tangani kasus seperti pesawat masuk tanpa ijin di indonesia kemarin, gak mungkin nanti tni-au cegat pesawat tanpa ijin pakai jet tempur selain su-35, nanti pasti ada tekanan dari negara pembuatnya-sekutunya, saya pribadi lebih nyaman tni operasikan su-35 saja karena bebas dari tekanan segi apapun.

  2.  

    Bung frans, klau melihat dari komentar2 anda kelihatan anda sangat tidak berkualitas. Anda bergabung dan brkomentar di jkgr ini hanya untuk protes, bantah, dan salahkan komentar2 orang lain.
    Kreatif sedikit lah bung, silahkan smpaikan pendapat anda, silahkan saling share aja apa yg anda ketahui. Gk usah hujat menghujat bung.
    Beda pendapat boleh, tapi sampaikanlah perbedaan pndapat anda dengan baik.
    Kita ini bersaudara, dan sedih rasanya punya saudara yg brkelaluan sprti anda.

  3.  

    jadi cerita tentang pespur jadul ngintercep f18 hornet sempat dog fight juga kabarnya. kok yah f18 nya malah angkat tangan yaaa???? skil dari pilot jangan di kesampingkan bro. kemampuan pesawat ittu cuma faktor penentu di kertas aja. maaf oot

  4.  

    maaf bung uwo.Apa cukup kita belajar hanya dgn 1 negara, lagian kan korea juga masih dlm thap belajar. Maaf saya bukan golongan yg pro barat,eropa atau rusia. Tapi saya sangat pro indonesia dan untuk memajukan kemandirian kita. Apapun pespurnya saya dukung yang penting ada ilmu yang bs di petik untk kemajuan kita.

  5.  

    pagi-pagi para sales udah pada prospek, takut ditinggal pelanggan kali ya….

    santai aja.. semua akan mumet pada waktunya….

  6.  

    Typhoon dibuat untuk kondisi geografis bangsa eropa.. apa nyambung dengan indonesia yg menganut konsep pre-emptive strike????

    Dari ujung barat dan timur harus berapa kali isi bensin eh avtur? Kecuali ada strategi lain yg gak tahu apa konsepnya ya silakan

  7.  

    pemerintahan baru..para sales menggoda ….
    yang jadi pertanyaan apa sih kendala kita ngebangun pesawat yg kayak gini…?
    mohon pencerahan maklum oot nih…hehehe

  8.  

    Terlalu berlebihan typhoon, hati2 masuk perangkap tikus.kalau promosi yg buat sukhoi apa jadinya typhoon.

  9.  

    mantab, SU-35 BRO

  10.  

    mnurut sy lbih baik.. ambil 22.a yg tiifun bwt kmandirian bangsa yg 35 bwt daya gentar bagi tetangga…

  11.  

    Typhon = + lincah kencang semi stealth tot air suporty
    Sukoi = + radar banyak payload tahan pukul no tot multirole
    Kemungkinan embargo hampir sama kalo liat omongan sesepuh diatas
    = beli 2 2 nya tq

  12.  

    Cari yang dapet tot lumayan buat jangka panjang

  13.  

    sekilas liat dari video-video nya, rusia lebih memperliatkan keunggulan teknologi, radar, jumlah & kelengkapan misil yg di bawa. typhon memperliatkan keahlian pilot memaksimalkan kelincahannya, manuver pesawat ketika di kejar misil & kapan keluarin flare.

    ngeri banget, indonesia menerbangkan keduanya, typhon terbang di depan memecah konsentrasi musuh, su 35 di belakangnya siap hajar musuh. mantab..

    pantes tetangga pada lemes..

  14.  

    Maksud langit Eropa sempit apa y..?? dimana2 bukannya ukuran langit itu sama..apa krn negara2 eropa itu luas negaranya sempit jd luas udaranya jd sempit jgZx..

  15.  

    Untuk pembelian fighter ini memang harus dilihat dari sisi strategis geopolitiknya. SU35 tepat disandingkan di wilayah indonesia timur utk mengcounter F35. Untuk urusan suply chain, kita harus bisa belajar dari vietnam dimana negara tsb sudah ada pusat maintenance sukhoi, dengan pembelian sukhoi yg banyak, saya percaya indonesia bisa mendapatkannya spt halnya maintenance utk kapal selam kita, dan tentunya kita harus bisa bernegoisasi kpd rusia utk bisa memproduksi sendiri beberapa sparepartnya sbg TOT.

    Untuk video di atas harus dilihat dulu siapa yg membuatnya, selama ini suhkoi kita sendiri sdh teruji kemampuannya dlm dog fight dgn pesawat barat di australia apalagi beberapa kali intercept thd pesawat asing, sukhoi kita lah yg menjadi andalannya. Kita tdk bisa menggunakan fighter dari negara barat yg sdh ketahuan kelemahannya oleh negara barat bila melawan fighter dari negara2 boneka barat di sekeliling kita. Pesawat dari rusia adalah pilihannya krn mereka masih buta teknologi dari rusia, itulah yg dikhawatirkan oleh ausse, mereka lebih pengin indonesia membeli pesawat dari barat dibandingkan dgn pesawat dari rusia. kejadian dimana F16 kita dilock diwilayah bawean dari hornetnya amerika tidak boleh terulang lagi.

    Benar, indonesia adalah negara strategis, tapi itu bukan berarti mereka akan memilih indonesia untuk itu. Asalkan indonesia mempunyai kepentingan yang sama, tentu amerika cs akan membantu kita, kalau tidak maka mereka akan mengembargo indonesia. Cina, dgn penduduk dan perekonomiannya yg besar, tdk pernah didukung oleh amerika cs.

  16.  

    Wah seru nih debatnya, btw kalau dog fight saya rasa banyak faktor yang berperan tidak hanya sekedar kemampuan pesawat A melawan pesawat B, butuh kerjasama antara informasi intelejen dengan sumber-sumber yang dikerahkan. Jika pihak NATO lebih dulu mengetahui lawannya Su-35 tentu mereka akan mengerahkan seluruh perangkat yang mereka miliki mulai dari radar, SAM, satelit, pesawat tempur, AWACS begitu juga kebalikannya. Namun apakah pasti salah satu pihak yang sudah tahu menang, belum tentu juga. Dalam pertempuran antara 2 pihak yang memiliki kemampuan hampir sama tidak akan mudah menentukan kemenangan, mungkin hanya yang bisa memanfaatkan momentum yang mungkin hanya sepersekian detik yang bisa meraih kemenangan.

  17.  

    mengutip analis militer Aussie setalah F/A-18 Super Hornet mereka dipecundangi Su-27 & Su-30 TNI, ada beberapa kelebihan yg dimiliki falnker family itu salah satunya kemampuan radar jarak jauh yg belum bisa ditanding oleh radar2 pespur barat, spt motto mekea “first look, first shoot”..jadi kalo Su-35 begitu mudah ditaklukkan oleh Typhoon spt video di atas kita boleh curiga jangan2 Su-35 itu NGGA PAKE RADAR IRBIS-NYA……analis aussie itu mengatakan radar Irbis mampu menjangkau radius hingga 400 KM…jadi mustahil bgt sekelas Su-35 ngga tahu kehadiran seekor Typhoon……

  18.  

    dalam radar saja typhoon udah kalah dengan su-35 bung,

  19.  

    Kalau nyari efek deterent kenapa gak milih PAK FA sekalian , ni Tipun kalau bisa diambil tot nya buat IFX/LFX knapa tidak . Musuh terberat F22 dan F35 dan lawan sepadan adalah T50 PAK FA bukan SU35 .

  20.  

    Melihat kondisi alutsista sekitar, hanya Su35 diantara alutsista pamungkas terbaik.

  21.  

    Ni barang dua2nya kagak ada yg moncer….

  22.  

    Mlm..ea..h..dah lama gak komen..teringat kalau gak salah pernah baca..hadis nabi..nanti suatu masa negara2 islam akan bergabung dengan negara2 blok timur menghadapi barat(eropa+asu) negara barat langsung ambruk alias kalah tapi karena sesuatu hal blok timur dan negara2 islam akan saling menjatuhkan..inilah inti dr hadis tersebut..jadi pilih mana?

  23.  

    Typhoon lawan SU 35 menang ??? mimpi kaleee yeee.. tapi video ini cukup menghiburlah.. liat aja segalanya dipandu sama pesawat AWACS, tinggal hantam AWACS nya aja tuch.. langsung kalah tekhnologi sama SU 35.. liat dech video berikut ini : http://www.youtube.com/watch?v=xzDPyDNdv7M jadi apapun tawaran manisnya tetap dukung SU 35
    Ayooo jangan tergiur sama janji semu tukang embargo senjata.. Majulah Indonesiaku !!!

  24.  

    Terkadang apa yg kita impikan tidak selalu sesuai dengan kenyataan, tapi bagaimana caranya agar impian itu bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. saya sendiri sangat, sangat mendukung adanya SU 35 and next generation yg menaungi NKRI. Seandainya nanti DPR memilih thypon terus deal…., wahhh NKRI bisa berabe kalo terjadi konflik ma ausi and sekutunya. itu sama aja dengan ‘ ula marani gebug’, bukanya kita ditolong ma inggris cs tapi malah kita tambah ditimpuk. Setelah inggris cs habisin Thypon kita, terus giliran F 35 ausi mberesin SU 27,30 kita. Biarpun itu ToT tidak mungkin semua rahasia teknologi thypon dikasih ma kita semua, tetap yang intinya ma mereka. Moga aja orang orang yang diatas sama pikirannya ma kita ya…!!!!! biar SU 35 and next generation yg menaungi NKRI Amiiiiiin. Jayalah langit biru indonesiaku…..!!!!!!!!!!!!

  25.  

    siapa cepat dia dapat.
    nyata Indonesia bagaikan permata yg dapat mengisi kantong anda paman sam dan paman putin, siapa yg bisa mengambil hati kami, kalau saja anda jeli paman sam berikan kami 1 ska F 22 raptor atau anda paman putin berikan kami 1 ska su T50 pakfa pasti kami akan menghargai anda sebagai saudara sehati,

  26.  

    tni sudah memiliki pesawat2 buatan airbus, tidak ada salahnya tni au menambah skuadron su 35

 Leave a Reply