Mar 022018
 

Jet tempur multirole generasi kelima Su-57 Rusia. © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – United Aircraft Corporation (UAC) Rusia mengatakan siap untuk mengembangkan versi pesawat tempur multirole Su-57 untuk kapal induk baru yang diantisipasi Rusia, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Menurut keterangan perwakilan perusahaan yang mengatakan versi kapal induk harus dikembangkan bersamaan dengan sistem kapal induk itu sendiri.

Meskipun belum menerima perintah dari Kementerian Pertahanan Rusia, United Aircraft Corporation (UAC) siap mengembangkan versi kapal induk dari jet tempur Su-57, yang sebelumnya dikenal sebagai T-50, kata Kepala Desainer UAC, Sergey Korotkov.

“Jika dibutuhkan, kami akan melakukannya, tidak diragukan lagi”, katanya dalam sebuah wawancara untuk media Rusia.

Korotkov menggarisbawahi bahwa penting untuk mengembangkan pesawat berbasis kapal induk bersamaan dengan sistem pengangkutnya.

“Jika kita hanya bekerja pada komponen udara dan tidak mengerjakan komponen kapal, maka semuanya tidak akan sesuai. Seluruh masalah melibatkan lepas landas, pendaratan, operasional, kompatibilitas elektro-magnetik dan sebagainya harus dilakukan bersamaan”, katanya.

Dia juga menunjukkan bahwa tugas-tugas semacam itu harusnya dipecahkan dengan menggunakan teknologi baru.

“Jika kapal induk baru dibangun, ia harus memiliki fitur modern, seperti ketapel elektro-magnetik”, tambah Korotkov.

Sebelumnya pada bulan Februari lalu, pejabat Angkatan Laut Rusia Nikolay Maximov mengungkapkan rencananya untuk membangun sebuah kapal induk baru Rusia yang mungkin akan membawa jet multirole terbaru Su-57. Berbicara dengan media Rusia, Maximov menunjukkan bahwa versi baru Su-57 akan dibutuhkan untuk itu.

Bagikan