Ubin Karet Lepas Jadi Kendala Kapal Selam Nuklir AS

14

Salah satu kunci keberhasilan operasi kapal selam adalah tidak terdeteksi oleh musuh, dan untuk membuat tidak tedeteksi maka berbagai macam kapal selam menggunakan teknologi yang membuatnya ‘nyaris tidak bersuara’.

Seperti kapal selam nuklir Virginia class milik Angkatan Laut AS yang menggunakan ubin karet untuk meredam getaran mesin dan suara yang keluar dari lambung dan memecah pancaran sonar musuh yang membuatnya anti deteksi suara dan sonar.

Lapisan anechoic ubin karet yang disebut Special Hull Treatment (SHT) seiring berjalannya waktu, entah itu karena kondisi lingkungan seperti perubahan suhu yang ekstrim atau tekanan air laut saat menyelam pada kedalaman 300 meter atau akibat bergesekan dengan kapal tunda saat berlabuh bisa membuat ubin karet terlepas akibat terkelupasnya lem perekat.

Ubin karet SHT memang ditempelkan ke lambung kapal selam dengan menggunakan lem perekat khusus.

Sebenarnya pihak Angkatan Laut AS sudah menyadari masalah tersebut sejak tahun 2006 dan sudah berusaha memperbaikinya dengan mengembangkan proses perbaikan yang bisa membuat kapal selam Virginia class lawas sudah bisa beroperasi pada tahun 2018 dengan lapisan ubin karet baru.

Author : Muhidin

11 KOMENTAR