Mar 202017
 

Kapal SSV desain PT PAL Indonesia. (istimewa)


Selain menandatangani MoU pembelian senjata dan tank boat dengan PT Pindad, Uni Emirat Arab (UEA) juga menyatakan minatnya untuk membeli produk buatan galangan kapal PT PAL Indonesia.

“Sudah ada MoU dengan PAL, mereka akan buat kapal perang jenis LPD dan atau PKR?,” kata Deputi Usaha Bidang Industri Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno kepada Liputan6.com, Minggu (19/3).

Harry menjelaskan bahwa PT PAL memang sudah memiliki kemampuan untuk membuat kapal jenis LPD dan PKR. “Untuk yang sama UAE, PAL sedang mengkaji kebutuhan dan spek yang dimau UAE akan seperti apa,” ujarnya.

Kapal jenis LPD (Landing Platform Dock) merupakan kapal perang yang memiliki fungsi sebagai pengangkut pasukan dan kendaraan-kendaraan tempur. Sedangkan kapal perang jenis PKR (Perusak Kawal Rudal) merupakan kapal perang yang berfungsi untuk? menghancurkan musuh.


Negara Timur Tengah tertarik pesan kapal perang PT PAL

Sejumlah pekerja beraktivitas di dekat kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) di Galangan Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/11/2016). (Antara Foto/Irfan Anshori)

Sebelumnya, Direktur Utama PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin sempat menyampaikan bahwa salah satu negara di wilayah Timur Tengah tertarik memesan kapal perang buatan Indonesia sehingga telah mengirim utusan untuk bernegoisasi jenis kapal yang dipesan.

“Yang pasti negara itu ada di wilayah Timur Tengah, nanti kalau sudah waktunya akan kita umumkan beberapa negara yang tertarik dengan kecanggihan kapal perang Indonesia,” ucap Arifin di Surabaya, Selasa (5/4/2016).

Arifin mengaku belum bisa menyebut secara pasti negara bersangkutan, karena masih dalam proses negosiasi, serta menghargai negara tersebut untuk tujuan kepastian pemesanan kapal perang.

Sumber: liputan6.com dan Antara

  20 Responses to “UEA Berminat Beli Kapal Perang Buatan PT PAL”

  1. Petramax

  2. 1

  3. Senang dan bangga dengan progres PT PAL. Juga Pindad.

  4. Borong yg banyak..

  5. Laris manis tanjung kimpul,dagangan laris duit nya ngumpul ..
    Klw udah ngumpul duit nya buat ngurut PKR sigma biar tambah panjang jadi 125meter xixixi ..

  6. Berita gembira..semoga laris dagannya.

  7. jangan terlena dan jumawa dulu karena itu bisa menenggelamkanmu. seiring bnyaknya pesanan mancanegara ada ide gak memperbaiki dwelingtime pesanannya. misal struktur lini produksi diperkuat dan ditambah personilnya. ato bukak cabang di UEA, dan melanesia. sekalian menancapkan pengaruh di kepulauan pasifik mungkin di merauke perlu ada pusat galangan kapal untuk melayani kawasan melanesia. sambil unjuk gigi plus menanamkan pengaruh bung. tetangga adalah benteng terkuat. jd ..sebarkan kekuatan melalui perdagangan.

  8. Tahniah….semoga berjaya

  9. Hanya menunggu Lini Produksi Destroyer PT.PAL.semoga impian jd kenyataan!

 Leave a Reply