Sep 142015
 

kri-banjarmasin211.jpg

Uni Emirat Arab (UEA) mulai menegoisasikan ketertarikannya untuk memesan produk kapal perang buatan PT PAL Indonesia. Direktur Utama PT PAL Indonesia Firmansyah Arifin di Surabaya, Minggu, 13/9/2015, mengakui beberapa negara telah melirik produk kapal perang Indonesia dan kecanggihan yang ditawarkan. Beberapa negara juga sudah mulai bernegosiasi untuk pemesanan.

“Kita sedang bernegoisasi dengan UEA untuk kapal jenis LPD, seperti yang dipesan Filipina, karena mereka mengakui tertarik dengan kecanggihan kapal itu dan kita sudah menguasai kecanggihan dari A sampai Z jenis kapal ini,” ucapnya.

Arifin mengatakan, ketertarikan UEA juga diungkapkan negara itu ketika melihat langsung kapal sejenis saat digunakan dalam evakuasi ekor pesawat AirAsia yang mengalami kecelakaan, yakni KRI Banda Aceh.

Sebelumnya, negara yang telah memesan dan kini sudah memasuki tahap akhir atau 70 persen pengerjaan adalah Filipina, yang memesan dua kapal perang tipe “strategic sealift vessel” (SSV).

KRI Surabaya & KRI Banjarmasin

KRI Surabaya & KRI Banjarmasin

Menurut Firmansyah, dua kapal perang berukuran panjang 123 meter dan lebar 21,8 meter itu merupakan alat utama sistem senjata (alutsista) pertama yang diekspor Indonesia ke negara lain. Pengiriman kapal pertama akan dilaksanakan dengan kontrak 28 bulan dan diluncurkan pada Desember 2015, sementara kapal kedua sekitar 36 bulan.

Firmansyah menjelaskan, pengerjaan dua kapal perang Filipina dilakukan setelah perusahaan BUMN itu memenangkan tender internasional senilai 90 juta dolar AS melawan tujuh perusahaan termasuk dari Korea Selatan.

“Kita menang karena pengalaman. Pasalnya militer Filipina ingin yakin bahwa kapal yang dipesan itu sudah dipakai di negara kita,” katanya. Ia mengatakan, sesuai dengan peraturan pemerintah tingkat kandungan komponen dalam negeri (TKDN) kapal perang yang diekspor ke Filipina telah memenuhi regulasi, yakni antata 30 hingga 35 persen. “Ke depan, kita telah membuat strategi jangka panjang, yakni bagaimana seluruh komponen kapal perang canggih berasal dari tangan-tangan anak negeri,” ujar Dirut PT PAL.

ANTARA

  81 Responses to “UEA Tertarik dengan Kapal LPD PT PAL”

  1. Dibeli – dibeli LPD nya….silahkan dibeli…hasilnya buat beli amur….

  2. Mantabb…

  3. Sip… Beli yg byk ya.. Kan ente dah kita bantu di OPEC… Duitnya didepan ya.. Buat mesen sodaranya kilo 50 biji lagi..xixixixixiixixixixxi…

    • Kalau buat Beli Lontong 50 biji Kebanyakan bung BW.
      Buat lainnya aja.. Yg di permukaan mksudnya.. Kan msh kurang banyak tuch..
      Macam La Fayatte atau Destroyer gitu..
      Hehehee…

      Salam Kenal Bung BW 🙂

      • Salam hangat kembali bung @puret.. Klo kapal permukaan tenang aja bung.. Semua sdh siap delivered.. Sampen ingetkan kapal usman harun dll.. Brunei berperan dalam pembeliannya.. Dan skrg sahabat dari timteng yg akan turun tangan bantu RI.. Poros JAB yg pernah dibabar itu mulai beraksi.. Sumber dana buat TNI sgt besar bahkan melebihi perkiraan barat krn saat ini dukungan buat RI bukan hanya datang dari negara2 asia.. Negara2 OPEC pun tak tinggal diam melihat jagoannya di asteng sdg berkutat dgn krisis.. Kondisi persahabatan rusia dan timteng pun tak lepas dari peran RI di OPEC.. Klo kita lihat list A1 yg pernah beredar mungkinkah itu terealisasi..?hehehhehehehehe…anda lihat begitu welcomenya timteng thdp RI.. Sampai presiden kita pun mendapatkan Abdulaziz medal.. Skrg kerjasama itu mulai ditunjukkan kpd dunia saat ini dimana dlu semua itu bergerak dalam senyap…WelcomeIndonesia.. TheBlack Horse from Asia…

    • Maff bung bener kita expor – tapi jangan bangga hanya dengan 30 % produk dalam negri, jangan2 mungkin cuma besinya 30 % Minimal bangga itu 60% dalam negri
      – tapi bila dilihat waktu pembuatanya untuk 1 galangan kapal butuh waktu 24 – 36 bulan untuk 1 kapal bukankah sangatlah lambat bung
      – TARGET 60 % Waktu Maximal 12 Bulan – baru AMIN atau ada yang mengulur2

      • bolehlah bangga bung , emang malon gak bisa ape2, walau cuma 30 % dr lokal yg terpenting kepercayaan pasar dan negara lain mulai mengakui buatan ina itu terbukti 3 negara timur tengah yg di kunjungi presiden melirik dan memesannya ,! gimana gak bangga sebagai rakyat gw bangga
        walaupun 30% masih memakai produk lokal tapi dgn kepercayaan pasar kita makin pd dan siap atau menyiapkan produk lokal lebih banyak dan baik lagi
        di artikel atas jelas menuju kesana
        revolusi mental diatas adalah bagaimana pemerintah menjrmput bola dgn
        mengenalkan produk2 ina dan invrstasi
        kemaren raja arab saudi memberikan penambahan koata haji 10 ribu thn 2016 setelah di minta pak jokowi

        gw akui
        gw makin respek sama jokowi

  4. Teringat tulisan bung yayan tentang poros JAB

    • ANE Tambahin ya bung :

      http://jakartagreater.com/?s=+poros+JAB

      bagi yang baru gabung ayo dibaca ….

      hilangkan masalah alutista karena ini dan itu ….. lupakan gap , karena alutsista militer adalah program berkesinambungan
      semua jempol , tidak karena si gendut atao si kurus …. apalagi wo

      yang ada adalah si gemblung kadan suka ikin onar dimari reply komentnya

      –> kowe wong gemblung

      tidak ada yang menjadi pahlawan kesiangan , yang ada adalah Bung Admin yaitu Diego …

      salam SAtu Jiwa – Iwan Fals ( lho kok … ) maaf
      Salam NKRI

  5. PT PAL makin maju….mungkin karena telah mampu membuat LPD TNI AL dan sekarang ekspor SSV PHILIPINE ,,proses tot kapal selam jadi berubah..DSME takut kehilangan pasar ekspor…apalagi dengan kapal kalau mampu dibuat pt pal ..DAEWOO akan gigit jari lagi..harganya mungkin separo dari DAEWOO…
    LARIS LARRIIISSSS..

  6. yakhont mantap kayaknya di install di LPD….kamuflase…

  7. Apa ada senjata’y nih kapal. Atau sekedar tempat angkut.

  8. Apa ini kapal d lengkapin senjata. Atau cma sekedar alat angkut tank dll?

  9. JANGAN LUPA BERTERIMA KASIH KEPADA PEMBELI PERTAMA (PENGLARIS), YAITU PHILIPPINES

    jangan mengecewakan Manny Pacquiou

    jangan membuat sedih Maribeth

    SAVE MARY JANE !!!
    SAVE MARY JANE !!!
    SAVE MARY JANE !!!

    • Bener banget bung… ada harapan mary jane bebas hukuman mati. Salut banget sama Philipin kalo ngebelain warganya yg bermasalah di luar negeri, ada masalah sama malon aja sampe dibelain putus hubungan diplomatik…. istilahnya kalo ga bisa halus, cara kasarpun bolehlah… heeeee..

  10. Mantaap kuadrat..!!
    Itulah knp korea selatan menunda nunda ifx..mereka takut produk mrk gk laku dlm bersaing dgn produk Indonesia seandainya besok ifx sdh jadi..seperti yg tjd dgn industri kapal mrk yg kurang berhasil bersaing dgn PAL..
    Bayangin seandainya Indonesia besok dah bs bikin changbogo rasa nusantara.., kapal selam yg akan selalu dikembangkan Indonesia melampaui batas imajinasi insinyur mrk..dan lebih menarik hati negara lain untk membelinya..
    Dan akhirnyaaa..kita berhsil bangkrutkan mrk..
    Indonesia menang lagiii..menang telak malahan..
    Menang bikin LPD..Menang bikin ifx..Menang bikin kasel..
    Skor 3-0..
    Mantaaap..mantaaaaaapp..

  11. UEA tertark pada LPD kita?
    Beli yg banyak yah.

  12. gk sekalian tawarin mobil listrik pak di sana mobil sportnya banyak pak mobil listrik sportnya bung ricky kan tokcer sangking tokcernya pak dahlan mpe nubruk

    xicicxi 🙂

    • Yg dibikin bung ricky elson itu engine dan sistem kelistrikanya bung bukan rangka dasar dan body partnya…jd kalo ada kecelakaaan yg salah bukan mesinnya mungkin karena trouble di brakenya ato kesalahan body part yg lain tp menurut saya itu wajar soalnya mobil masih tahap riset dan pengembangan blm produksi massal sedangkan mobil yg sudah diproduksi massal aja masih bayak yg kecelakaan..tp tenang aja proyek mobil listrik ini sudah dikandangin org2 gak jls kok dan kayaknya pengusaha malaysia yg akan ambil alih jd org2 nyinyir yg tdk suka negaranya maju kayak anda ini sekarang bisa syukuran.

  13. Biasa nya kalo negara timteng beli alutsista borongan dan mudah-mudahan bayar dimuka yaaa… aaamiiin…

    mudah-mudahan mesen sekodi……

  14. Nyempetin baca artikel jkgr sambil minum kopi sebelum beraktivitas..

    Semoga PT PAL semakin sukses,semakin inovatif!

  15. Alhamdulillah… Berawal dri export LPD, suatu saat nanti kelak bakalan bisa export korvet,frigate,LHD dll.
    Maju terus inhan dlm negri ..

  16. ini contoh tot yang baik, kedepan diharapkan bisa utk bidang rudal,kapal selam dan mimpi sya pesawat tempur. semoga kemhan mempertimbangkan faktor ini tdak hanya gahar sesaat.

  17. Kena srempet lagi… lama2 si malon bisa penyok luar dalem !!.. xixixixixixixi..

  18. Good news! !!

  19. sekalian ama akik*nya biar laris di UEA…?

  20. Hmm ada yang mau isengi koneksi gue ya …

    Dibales nanti nyinyir .. lol

  21. Rame nih d blog tetangga debat SU35 Hot..hot…hot… hihihi..di undang jamaah ghoibiyah buat nongol disana ye kwkwkwk … Nih alamatnya…
    analisismiliter.com
    seru bung2 buat nambah wawasan.
    Yang fans SU35 segera merapat diskusi di sana hihihi…
    Ayo bung bakul clurit ane tunggu komentar cerdasnya di sana….

  22. INGAT GAK KITA DENGAN ARTIKELNYA BUNG YAYAN… (Habibie, Poros JAB dan TNI) http://jakartagreater.com/habibie-poros-jab-dan-tni/

  23. AlhamduliLLah smoga bisa ikut memperbaiki ekonomi RI, PT PAL ada rencana perluasan n tambah SDM gak tuh, kedepanya klo makin banyak pesanan apa bisa kepegang smua, pdahal untuk 1 kontrak aja 28 bln, trus yg buat kbutuhan dlm negeri gmana?

    • pakai sistem modular bung, seperti contohnya pada bagian labung dikerjakan di galangan kapal jakarta, deck di batam, haluan di Lampung… nanti disatukan di PAL surabaya.. gitu jadi kebagian kue semua….

  24. analisismiliter.com saya duga adalah blognya bung @Antonov, mungkinkan nama bung @Antonov adalah Anton Abdullah ?

  25. baru periksa sekilas ternyata antonov dan admin 2 orang yang berbeda, sorry bung @antonov … siap salah

  26. dipasangi vertical missile launcher biar lebih gahar…

  27. santai aja bung mamiq saya bukanya nyinyir atau tidak ingin maju jika nasionalis mana rakyat dan pemerintah sendiri banyak semua menerapkan prinsip ekonomi maunya yang praktis²saja sudah terbukti kehandalan nya udah di pake bnyk orang dll lihat mobil/motor karya anak bangsa juga sama tragisnya tidak usah ngomong kaum nyinyir bung faktanya saja masih pakai kendaraan merek luar juga kan .

  28. Hell Yeah !!

  29. Sabar -sabar ..

  30. momentum yg bagus mumpung hub RI sedang mesra dgn Jerman sekalian kerjasama join produksi plus TOT sekalian dgn prinsipal produsen mesin utama kapal laut terbaik didunia saat ini Wärtsilä, utk memenuhi kandungan lokal pembangunan kapal di RI yg sedang pesat.

  31. Pendapat ane bkn tertarik dgn kecanggihan..tp krn harganya yg murah disebabkan barang nya gado2..mustahil negara kaya spt uae akn beli dri PT PAL..filipine itu baru mau membangun alutsistanya dan anggarannya juga sgt terbatas..

  32. Kapal buatan pt pal itu mempunyai dayasaing tinggi dgn kualitas setara industri maju dn memiliki spek yg lebih tinggi dibanding kapal sejenis buatan negara laen belum lagi ditambah harganya yg terjangkau itulah keunggulannya buatan negeri sendiri.
    Majuterus pt pal buatlah inovasi yg lebih canggih lagi …

  33. belum tahu dia kalau welding engineer dan welding inspector gajinya dalam dollar. pasti ngiler lihat gaji mereka yang tahan krismon.

    • Ikut prihatin bung kalo ada yg nyepelin profesi welding…padahal bung sendiri pasti tau kalo ga semua orang mampu menjadi seorang welder yg mumpuni !..
      Salam bung Alugoro… sukses selalu…

  34. tes tes tessss

  35. tanya para sesepuh jkgr@ gmbar no 2 yg paling kiri tu kok bongsor sendiri trus ada tulisan tavagar di lambungnya? mhon dijawab agar dpat pahala dunia akherat para sesepuh jkgr😁😁

  36. ralat sesepuh jkgr@ fatagar. kok bongsor ndiri bisa di babar ndan

  37. Alhamdulillah sedikit demi sedikit majukan lah dan naikkan derajat bangsa kami ya Allah, amin

  38. kpal lpd indonesia adalah penyumbang devisa negar indonesia

 Leave a Reply