Jan 302015
 

image

Surabaya – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme kemampuan pengawak kendaraan tempur maka dilaksanakan uji coba alat komunikasi Tank to Tank TR 6000 di kolam Simulator Rampa, Surabaya, Kamis (29/01/2015).

Kegiatan ini ditinjau langsung Irjenal Mabesal Laksda TNI Zupri Z.A. beserta rombongan dari Mabesal dan diterima oleh Kadiskomlek Korps Marinir Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia selaku Palaklat.

Alkom TR 6000 merupakan alat komunikasi buatan Afrika Selatan yang masih diuji kemampuannya oleh jajaran Korps Marinir sehingga kegiatan ini sangat menjadi perhatian Irjenal dalam memberi masukan kepada Kasal, apakah alat Komunikasi TR 6000 layak untuk memperkuat jajaran komunikasi dalam Ranpur Korps Marinir nantinya.

image

image

Mengawali uji coba Alkom TR 6000 disampaikan pula tehknis pengoperasian Alkom TR6000 oleh Bapak Rendi Nathan sebagai Direktur Tehnisi PT. Subur Sakti Putra dan tehnis pelaksanaan uji coba di lapangan disampaikan oleh Kasubdiskomlek Kormar Letkol Marinir Edi Cahyo.

Adapun Tujuan utama dari kegiatan uji coba adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang teknis pengoperasian Alkom Tank To Tank TR 6000 pada tingkat Komandan kendaraan, Pengemudi Ranpur, Penembak Ranpur dan anggota Komunikasi, serta Alkom TR 6000 di uji coba dengan menggunakan Material Tempur LVT 7 A1 dan BTR 50 PM.

“Sampaikan segala kendala yang didapat saat pengoperasian Alkom TR 6000 serta menguji kemampuan alkom TR 6000 ini dalam keadaan ranpur bergerak di darat maupun di air serta ditenggelamkan dalam air”, ujar Irjenal saat memberikan penekanan kepada para pengawak ranpur dan anggota komunikasi. (marinir.tnial.mil.id)

Bagikan Artikel :

  25 Responses to “Uji Coba Alat Komunikasi Tank”

    • Ahkirnya No 1 Juga.

      Alkom TR 6000 itu waktu belinya plusTOT nggak ya

      • Lebih bagus Alkom LEN FISCOR-100.
        produk dalam negeri, jika diberi kesempatan dan dimanfaatkan.
        yakin LEN akan semakin maju dan berinovasi. kapan ya semua memihak dalam negeri.

        • Betul sekali bung TM, alangkah baiknya kalau tni lebih memilih produk PT LEN, tni emang perlu di reformasi mentalnya agar lebih mencintai produk dlm negeri, jangan cuma mikirin besarannya fee dari perusahaan asing aja. Ingat! kalau benar2 terjadi perang yg akan menolong negeri ini ya cm rakyat indonesia sendiri, gak mungkin org asing! Mestinya petinggi tni ikut mikirin inhan dlm negeri, jangan cuma sibuk nyari proyek aja para jenderalnya

      • diperlukan UU yg super ekstrim bersifat mengikat dan mewajibkan semua user utk memakai produk anak bangsa … tugas DPR ketok palunya neh

  1. Hebat… mantab maju terus TNI 😉

    • Apanya yg mantab om?? Kalau tni mau menggunakan produk dlm negeri baru mantab. Kalau para jenderalnya sibuk cari proyek dari asing ya begini jadinya bili alkom aja mesti dari afrika, emang PT LEN gak bisa bikin alkom yg cuma di pakai tank to tank????

  2. apakah alkom ini seperti buatan thales ?

    TR 6000 FAMILY
    New generation of V/UHF EPM (ECCM) radios. SATURN and national EPM. More than 5500 radios in service, combat proven.

    Key features

    Joint /Combined operations
    UHF for military operation, tactical VHF, Air Traffic Control, maritime band.
    3 airborne formats (3MCU, ARC 164, 1/4 ATR), one manpack/vehicule equipment, one ground/surface equipment

    Main characteristics

    30/600, 30/400 or 100/400 MHz
    Fixed Frequency, Have Quick, SATURN, proprietary Fast Frequency Hopping
    External or embedded COMSEC
    25 kHz and 8.33 kHz channel spacing
    Guard receiver (option)

    Our products

    TRA 6030-N: NextW@ve Multi-purpose airborne Terminal
    TRA 6030 Airborne V/UHF EPM Radio
    TRM 6020 – Manpack V/UHF EPM radioborne
    TRA 6040 – Airborne V/UHF EPM radio
    TRG 6030 – Ground/surface V/UHF EPM radio
    TRA 6020 – Airborne V/UHF EPM radio

    https://www.thalesgroup.com/en/worldwide/defence/tr-6000-family

    • berita tahun jebot :

      THALES AND PT LEN DEVELOP A PARTNERSHIP IN TACTICAL COMMUNICATIONS
      November 19, 2008
      This agreement will start a long-term partnership regarding the production of VHF PR4G F@stnet and HF 3000 Skyf@st radios in Indonesia.

      This signature celebrates an existing long termlong-term fruitful relationship that relies on PT LEN Industri and Thales’s shared view of permanent innovation and excellence in industry, and particularly electronics.

      The agreement between PT LEN Industri and Thales aims at defining how the two companies would collaborate for the production of VHF PR4G F@stnet and HF3000 Skyf@st family radios in Indonesia.

      Thales, through its multidomestic strategy, has long understood that fostering genuine partnerships with local industrial leaders is a fundamental point for customers. By signing this MoU, Thales guarantees Indonesian Forces a full availability of operational resources, while capitalizing on both Thales’s and PT LEN Industri’s extensive experience in electronics and military communications.

      “Thales is very excited by this new partnership with PT LEN Industri”, said Marie-Laure Bourgeois, Thales’s Representative in Indonesia. “Thales and the Indonesian industry have everything to gain by working together. We are convinced that there are real opportunities for solutions that take advantage of the Indonesian industry’s know-how and Thales’s expertise in tactical telecommunications. By manufacturing the PR4G F@stnet and the Skyf@st radios, PT LEN Industri will give to Indonesia the advantage of equipping its soldiers with the radio already in operation in many countries. Currently more than 43 countries are using 130,000 radios in the world, which proves that PR4G is a true global radio.”

      “We are very happy to sign this MoU with Thales”, said Wahyuddin Bagenda, President Director, PT LEN Industri. “This agreement formalizes an already existing longtime relationship with Thales. By encompassing the production of radios in Indonesia,
      PT LEN Industri guarantees the government to rely on a full service and a greater availability of equipment and services thanks to local maintenance. More important, this transfer of production also strongly reinforces the national independence and sovereignty on defensce programs.”

      The PR4G F@stnet product line: a new generation of radio

      Based on the core features which made the PR4G a success, Thales’ F@stnet product line delivers a whole series of especially innovative services.

      First of all, the PR4G F@stnet can transmit voice and data simultaneously. This feature, unique in the market, explains the success of the PR4G F@stnet, which has been selected by over 43 countries all around the world.

      The Mux Mode enables in one radio two services, voice and data in the same channel, where a standard solution will need two different radios. Therefore, the Mux Mode of PR4G F@stnet has a positive impact on the investment while giving to the soldier an unsurpassed advantage in terms of foot print and weight.

      This makes it the ultimate solution for the future to the data transmission needs of C4I applications, while also meeting the operators’ voice communication requirements. In compliance with IP standards, the PR4G F@stnet then naturally takes its place at the heart of battlefield digitization applications, facilitating exchanges of data between information systems, at all command levels, in particular for mobile applications deployed near the front line.

      Another major asset of the PR4G F@stnet is its capacity to handle communications at all times, even in the most hostile environments. While protection against hostile interferences, interception or follower jammers remains a crucial point for tactical communication, Thales has developed in consequences the concept of different operational modes reflecting the real situation of troops in a battlefield.

      PR4G F@stnet is the only radio providing, fast frequency hopping, free channel search or the unique combination of these two modes. The automatic selection of ECCM (Electronic Counter-Counter Measure) mode is the result of the dynamic observation of the frequency spectrum and depends on the level of jamming. This makes life easier for the operator, but also provides an effective counter measure to various types of Electronic Counter Measure (ECM) targeting strategies.

      Since the introduction of the first PR4G radio in service, through a combination of software porting to a new advanced platform, major improvements were introduced transforming year after year the PR4G as the Worldwide reference. The close collaboration with all armies in the world has contributed to develop unmatched features. Based on a unique leader position in defense Tactical Communication, Thales has set up a worldwide organization for a close and continues collaboration with its customers.

      https://www.thalesgroup.com/en/content/thales-and-pt-len-develop-partnership-tactical-communications

    • Lho pt len khan udah buat , di jkgr juga di muat

      http://jakartagreater.com/berkomunikasi-tanpa-terlacak-made-pt-len/

      “TES… satu, dua, tiga… satu, dua, tiga… dikopi,” ucap Sri Yuniardi, peneliti alat komunikasi militer dari PT LEN Industri. Ia tengah mempraktikkan bagaimana cara kerja produk inovasi Manpack Alkom FISCOR-100. Alat komunikasi militer buatan PT LEN Industri (Persero) itu merupakan salah satu inovasi unggulan PT LEN yang pernah memperoleh penghargaan Anugerah Rintisan Teknologi Industri 2009 dari pemerintah. Manpack Alkom FISCOR-100 dikembangkan sejak 2001 oleh PT LEN Industri. Nama ‘100’ diambil dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-100 pada 2008. Tujuannya untuk membangkitkan industri berbasis teknologi dalam negeri. Dst……….

      Nah kenapa nggak kerjasama dgn pt len? Klo cuma alat komunikasi.
      Pdhl cms kri owa dan sebagian parchim jg buatan pt len

      • Itulah busuknya para petinggi tni, sama sekali tidak memihak produk dlm negeri krn tidak dpt fee kalau beli dari dlm negeri. Kalau cuma alkom tank to tank saya yakin 100 persen PT LEN mampu bikin yg beginian. Ternyata betuk kata eyang saya bahwa tidak semua yg berseragam tni jiwanya nasionalis.

        • 2 thumbs up !

          katanya mau mandiri alutsista, baru radio aja udah alot banget…

        • Dari artikelnya disitu baru uji coba bung, belum positif memakai itu kan.”…Alkom TR 6000 merupakan alat komunikasi buatan Afrika Selatan yang masih diuji kemampuannya oleh jajaran Korps Marinir sehingga kegiatan ini sangat menjadi perhatian Irjenal dalam memberi masukan kepada Kasal, apakah alat Komunikasi TR 6000 layak untuk memperkuat jajaran komunikasi dalam Ranpur Korps Marinir nantinya..”. jadi saya tidak sependapat dengan bung Sufi Muda.

  3. Indonesia bisa bikin, tapi masih pakai produk import. Semoga kedepannya tidak perlu import lagi. prihatin.com

  4. nyimak aja..

  5. PT. LEN bisa buat alat komunikasi seperti ini gak ?

  6. Kapan bangsa ini mau mandiri kalau TNI gak mau pakai produk dlm negeri, saya berharap pak jokowi dan pak jk bisa memaksa tni agar mau pakai produk dlm negeri.

  7. Daer sepuh ,,, mau tanya ,,, apa Manpack Alkom FISCOR-100 bisa digunakan/diaplikasi komunikasi Tank to Tank sbgmn TR 6000, atau memang merupakan type berbeda antara alkom militer personil sama alkom tank ?

    • seharusnya bisa bung DL …
      ane yg awam alkom … cuma bayangkan kalo tenk pake alkom produk LEN maka urusan teknis nya akan lebih mudah utk integrated dg CMS produk LEN yg dipakai kapal perang kita.

  8. Eeee…..kebacut seneng. Dakiro produk LEN. Jebule……improt…….wealahhh…..gimana mau maju, kalo sekedar alkom saja masih improt…….

  9. kalau dari import bisa diketahui musuh kelemahannya, kl buatan sendiri susah diketahui mekanisme kerjanya

 Leave a Reply