Uji Coba Flare Pesawat Tempur Sukhoi di Lanud Sultan Hasanuddin

JakartaGreater  –  Pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 melakukan uji coba flare atau suar sebagai piranti perang elektronika pasif guna menghadapi ancaman senjata musuh berpemandu infra-merah atau pencari panas.

Uji operasional flare yang menghasilkan cahaya sangat terang dan panas tinggi, pada pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin 16-11-2020 berjalan lancar dan aman, dirilis stus TNI-AU, Rabu 18-11-2020.

Pesawat tempur sergap kebanggaan TNI AU tersebut sukses melakukan pengujian flare di atas landasan dengan ketinggian sekitar 1500 kaki yang aman untuk melaksanakan pengujian. Terlihat puluhan flares keluar dari pesawat seperti bola api dan menyala sangat terang.

Pada uji coba tersebut, pesawat tempur Su-30MK2 dengan nomor ekor TS-3006 diawaki oleh Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb I Gusti Ngurah Sorga Laksana, dan Mayor Pnb Setyo Budi Pulungan beberapa kali melintas tepat di atas rerumputan (grass trip) landasan pacu Lanud Sultan Hasanuddin, berhasil melepaskan flare sesuai dengan rencana.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama TNI H. Haris Haryanto, S.I.P. beserta para kepala dinas dan komandan satuan di jajaran Lanud Sultan Hasanuddin.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, di sela-sela kegiatan mengatakan pengujian flare ini dilaksanakan untuk mengecek kinerja flare baru yang akan melengkapi kebutuhan pertahanan diri pesawat tempur, agar bisa digunakan sesuai fungsinya dengan aman.

Tinggalkan komentar