Uji Coba Roket Lapan RX 450

166

roket-rx450-lapan

Garut – Uji coba roket RX 450 dan RX 320 di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, berhasil. Dua roket yang tengah dikembangkan untuk program peluncuran satelit tersebut memenuhi target saat menjalani pengujian berbeda.

Kepala Pusat Teknologi Roket Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Sutrisno mengatakan, roket RX 450 diuji statis sementara roket RX 320 diuji terbang (dinamis). Pengujian statis roket RX 450 ditujukan agar para peneliti LAPAN mengetahui performa motor roket.

“Hasilnya, uji statis terhadap RX 450 berhasil memenuhi target. Kami memprediksi durasi performa motor roket RX 450 adalah selama 18 detik. Namun hasil uji statis ini menunjukkan durasi waktunya mencapai 19,5 detik,” kata Sutrisno di Garut, Jumat (22/8/2014).

Roket berkaliber 450 mm dengan panjang total 6.110 mm ini memiliki gaya dorong sekitar 12.895 kg. Roket yang menggunakan bahan bakar propelan komposit ini memiliki panjang motor 4.459 mm. “Setelah keberhasilan ini, kami akan mengagendakan uji terbang roket RX 450 di akhir 2014 mendatang,” ujarnya.

Pengujian terbang roket RX 320 juga berhasil memenuhi harapan. Untuk alasan keamanan dan keselamatan jiwa para teknisi, peneliti, dan masyarakat di sekitar lokasi peluncuran, roket berdiameter 320 mm ini diterbangkan LAPAN pada kemiringan 70 derajat.

“Kami luncurkan di kemiringan 70 derajat. Jadi tidak tegak lurus. Namun, hasilnya cukup memuaskan. Berdasarkan data dari rekaman yang kami miliki, roket RX 320 berhasil terbang pada ketinggian antara 20 hingga 30 km. Ketinggian ini cukup memenuhi target, karena hanya diluncurkan dalam posisi elevasi 70 derajat. Kalau diluncurkan dengan posisi tegak lurus, daya jangkaunya akan lebih jauh lagi,” paparnya.

Menurut Sutrisno, RX 450 dan RX 320 merupakan jenis roket sonda. Roket sonda adalah roket yang biasa digunakan untuk misi meneliti parameter atmosfer, kelembaban temperatur, dan lainnya.

“Jadi, jika kita mampu menguasai teknologi roket sonda, meluncurkan satelit sendiri di kemudian hari bukan hal yang tidak mungkin lagi. Kami akan terus mencoba, meneliti, dan mengembangkan masing-masing roket sesuai tahapan-tahapannya. Karena untuk meluncurkan satelit pada ketinggian tertentu, diperlukan lebih dari satu roket atau bertingkat.” (sindonews.com)

44 KOMENTAR

  1. “Untuk alasan keamanan dan keselamatan jiwa para teknisi, peneliti, dan masyarakat di sekitar lokasi peluncuran, roket berdiameter 320 mm ini diterbangkan LAPAN pada kemiringan 70 derajat.” Harusnya LAPAN disediakan wilayah steril sendiri jauh dri pemukiman masyarakat utk uji coba roket tsb agar lebih cepat mendapat datanya dan tidak terganggu

  2. Ini sebenarnya proyek2 rahasia yg sudah lama di kerjakan oleh pemerintah. Namun mulai tahun 2012 mulai dibuka informasinya dikarenakan tuntutan keterbukaan informasi sesuai amanah undang-undang. Apalagi pemerintah saat ini juga ingin menunjukkan hasil kerjanya dan berharap kedepan tidak dihentikan oleh pemimpin baru yg biasanya suka ganti2 kebijakan. Untuk yg antar benua saya kira tidak perlu dibuka. Maaf oot.

  3. Bung Jalo, utk RX 320 dan RX 450, jangkauannya berapa km? Berapa lama lagi utk bisa jadi RHAN dan di produksi masal? dan bgm beritanya program 1000 RHAN 122. Semoga Indonesia segera bisa menguasai teknologi Roket, krn punya daya gentar tinggi. Semoga mahasiswa T.Metalurgi ITS bisa ikut menyumbangkan ilmunya utk menciptakan material roket/nozelnya. Suwun Cak atas pencerahannya.

  4. Cuma bisa buat roket yg bisa meluncur aja kok dibanggakan. Itu bahkan belum apa2, ktinggiannya masih terbatas, sistem kendali belum menguasai, apa yg menggembirakan, kendala2 jg msih ada??
    Harusnya ambil semua ilmuan2 kita yg ada diluar negeri, taro di lapan, baru joss!
    Lembaga swasta dijepang aja yg punya ilmuan, sarana/fasilitas, dan dana terbatas bisa buat roket keluar angkasa.. Mungkin benar ya klu roket RX ini baru sekelas buatan mahasiswa universitas di LN.

  5. wih..mantapp
    moga risetnya dipercepat,,akurasi ,kecepatan dan daya ledaknya ditingkatkan tanpa celah dan yg penting kembangkan roket dan rudal pintar jadi klu ditembakan kekaprang atw ks ,kapur hanya 1 tembakan hehehe….musuh makin dekat hampir sampai di halaman rumah kita..

    salam bung jalo@

  6. hehe.. berita rx ni maju mundur bin simpang siur..
    450 lagi terus yg 750 dh sampai mn ya? 😀

    kayanya 750 masih ada kendala, karena yg diberitakan mundur ke 450 lg,,
    ngopi dulu sambil bayangin kapan yg pakai pemandu bersliweran di atas kepala upin ipin.