Uji Dinamis Roket R-Han 450 Tahap II-III Indonesia

Uji Dinamis Roket R-Han 450 Tahap II-III . (@ Kemhan RI)

Garut, Jakartagreater.com   –   Balitbang Kementerian Pertahanan dalam hal ini yang terkait Puslitbang Alpalhan melaksanakan uji dinamis pengembangan roket jarak 100 Km ground to ground/R-Han 450 tahap II-III di Balai Uji Teknologi LAPAN Pamempeuk Garut, Jawa Barat, dirilis Balitbang Kemhan RI, Jumat, 28-12-2018.

Uji dinamis pengembangan roket jarak 100 Km ground to ground/R-Han 450 tahap II-III disaksikan oleh :

  1. Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati.
  2. Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden.
  3. Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani.
  4. Deputi LAPAN Dr. Rika Andiarti, GM Divisi Migas PT. Dahana Bapak Heri Heriswan.
  5. Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf Setya hari, S.H.
  6. Para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI.
  7. Tim uji dinamis dari PT. LAPAN serta personel yang terkait.
Dok. Roket R-Han 450 Indonesia (© Lapan)

Kegiatan diawali sambutan pertama oleh Deputi LAPAN Dr. Rika Andiarti, kemudian sambutan kedua oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, sambutan ketiga dari Dirtekbang PT. Dahana Bapak Heri Heriswan, pembacaan doa, dilanjutkan uji dinamis pengembangan roket jarak 100 Km ground to ground/R-Han 450 dari tim PT. LAPAN dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji dinamis pengembangan roket jarak 100 Km ground to ground/R-Han 450.

Dalam pelaksanaannya, program pengembangan roket jarak 100 Km ground to ground/R-Han 450 TA. 2018 adalah salah satu program kerjasama utama antara Balitbang Kemhan, PT. Dahana dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Roket R-Han 450 ini memiliki motor roket dengan massa propelan sebesar 760 kg. Motor roket ini dapat menghasilkan gaya dorong maksimum sebesar 12.000 kg dan memiliki gaya dorong rata-rata sebesar 7000 kg dengan waktu bakar selama 20 detik. Akselerasi maksimum yang dapat dialami oleh roket pada saat terbang dapat mencapai 13 G dan kecepatan maksimum roket dapat mencapai 4,7 Mach.

Tujuan dari pelaksanaan uji dinamis R-Han 450 ini adalah untuk mendapatkan data dan mengetahui perilaku terbang roket selama di dalam lintasan, yang dapat dijadikan bahan analisa guna kesempurnaan pada program pengembangan roket R-Han 450 berikutnya.

Target dari pengembangan roket R-Han 450 ini adalah bahwa roket terbang dengan baik dan stabil tanpa adanya anomali gerakan yang terjadi pada saat uji terbang.

Di samping itu juga diharapkan data sensor gerak roket (akselerometer, gyro dan GPS) yang terdapat pada payload dapat bekerja dengan baik dan dapat ditransfer ke ground station secara utuh dan baik sejak awal peluncuran sampai dengan roket kembali jatuh ke bumi serta jarak jangkau dapat tercapai 3 digit.

Tinggalkan komentar