Feb 272018
 

Rudal Petir (Dok. Kemhan, 28/10/2017)

Lumajang, Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang terkait Puslitbang Alpalhan melaksanakan uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir I-102 tahap II di Air Shoot Range Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur, dirilis Kemhan.go.id pada 27/2/2018.

Uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir I-102 tahap II disaksikan Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Ses Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigadir Jendral TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsekal Pertama TNI Bambang Wijanarko, S.T, S.E., M.Si.(Han), Kabag Datin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., Staf Koharmat TNI AU, Pusen Arhanud TNI AD, Sopsal, Disenlekal, Itjen Kemhan, para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, serta tim uji coba dari PT. Sari Bahari Malang.

Pada Senin malam, 26 Februari 2018 diadakan paparan oleh pihak PT. Sari Bahari, selesai paparan dilanjutkan pengarahan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati.

Penelitian ini memiliki urgensi dan relevansi yang sangat tinggi dengan fungsi litbang dan pertahanan dikaitkan pada sasaran kemandirian alutsista yang ingin dicapai. Timing dilakukannya penelitian ini juga tepat di saat pemerintah sedang mengembangkan kerjasama teknologi roket dengan berbagai pihak konsorsium. Dengan adanya rudal petir ini diharapkan menambah kemampuan dan penguasaan teknologi terhadap roket khususnya rudal.

Uji Dinamis Rudal Petir I- 102 TAHAP II (Kemhan.go.id)

Uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Sari Bahari. Uji dinamis lanjutan pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2018 ini merupakan kelanjutan dari uji fungsi yang sudah dilakukan sebelumnya pada tanggal 27 – 28 desember 2017 di Binuang Serang Banten dengan hasil cukup optimal.

Pada uji fungsi tersebut hanya bertujuan untuk mengetahui karakteristiknya terhadap kecepatan, jarak jangkau dan sistem auto pilot. Pada uji dinamis lanjutan saat ini bertujuan untuk pembuktian performa rudal petir untuk mencapai kemampuan yang sesungguhnya di lapangan.

Uji dinamis lanjutan ini dilaksanakan untuk mendapatkan masukan, sehingga rencana pembangunan dan pengembangan bidang industri teknologi roket dan rudal dapat berjalan dengan baik sesuai kebijakan pemerintah. Acara uji dinamis lanjutan yang dilaksanakan sekarang ini merupakan suatu upaya untuk mengurangi ketergantungan alutsista dari luar negeri.

Bagikan:

  16 Responses to “Uji Dinamis Rudal Petir Tahap 2”

  1.  

    Rencananya rudalnya mau dlm platform apaan yahh? Utk di pespur atau utk yg lainnya lg?

  2.  

    Jangkauannya seberapa jauh tuh? Trs daya ledaknya gmn? Mohon para sepuh dijawab

  3.  

    Berita di atas tidak menyebutkan jangkauannya, semoga risetnya berlanjut

  4.  

    Yg ini seharusnya rahasia jika dah sukses nanti diuji coba didepan khalayak

  5.  

    Mantap Kembangkan trusss, ayo bangkit Putra Putri Indonesia

  6.  

    Mana min VIDEO NYA

  7.  

    Bentuk baru bodi rudal petir menginginkan Ane pada SCALP Strom shadow, ditambah ekor tunggal konvensional. Jadi lebih menarik bentuknya. PT. Sari Bahari juga sepertinya mau mengembangkan sirip lipat pada rudal petir, kalo iya maka bisa dipasang secara vertikal dikapalkan perang atau bisa juga disimpan di lambung pesawat siluman. Bravo PT. Sari Bahari.

  8.  

    Alhamdulillah baru kemarin dibicarakan tiba2 muncul. seperti Taurus

  9.  

    Yg plg vital sistem seeker dan pemandunya! Gmn dgn R-Han series ya?

  10.  

    Bentuknya kotak ya, ga bulat spt rudal pada umumnya.

  11.  

    Masih ujicoba sdh byk pejabat yg datang menonton semoga dananya jg bertambah byk yg diberikan untuk risetnya.

  12.  

    sik ga suka monconge…mosok ngono wi…kurang gahar

 Leave a Reply