Uji Helikopter Black Hawk di Indonesia

73
349

Setelah dilakukan perakitan selama sekitar dua mingguย di Indonesia, helikopter Black Hawk UH-60, akhirnya diuji dalam keadaan mesin hidup. Helikopter Black Hawk ini berfungsi dengan baik. Tidak ada masalah selama perakitan. Setelah dianggap aman dan sempurna, helikopter ini akan diterbangjkan ke salah satu Pangkalan Udara di Indonesia. (SHNS / jakartagreater.com).

Black Hawk di Indonesia (jakartagreater.com)
Black Hawk di Indonesia (jakartagreater.com)

73 KOMENTAR

  1. Blackhawk itu proteksi untuk crew nya mumpuni….seahawk pernah crashed waktu tsunami relief di aceh, tapi awaknya selamat. Peristiwa Mogadishu, blackwahk yang down rata2 crewnya selamat sampai ditembaki milisi pro Sayid Muhammad Farah AL Aidit/ telat ditolong. Ini murni diciptakan untuk combat, bukan helicopter sipil yang dimodif untuk militer. Ngga salah pilih sih TNI AD. Gue juga kalau disuruh naik gratis pilih mana Cougar apa balckhawk, gue pilih blackhawk..serasa di film2 hollywood gitu.. sayang ngga ada yang ngajak. Dan setahu saya juga balckwak less expensive dari pada cougar.

  2. Assalamualaikum wr.wb.
    mau tanya saya
    kira-kira helikopter ini desainnya modular tidak? ya di susun dari beberapa bagian
    seperti pesawat sipil gitu kalau crash landing badannya terbelah, jadi penumpangnya tetap selamat.
    kira-kira tahan jatuh sampai ketinggian berapa ya?
    kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
    maaf oot ๐Ÿ˜€

    • AL mungkin lebih ke buatan Eurocopter bung PW. Seperti untuk ASW kita akan beli AS 565 Panther, dari rencana pembelian 11 unit itu tidak semua asw tapi ada untuk AKPA maupun intai. Kalau model black hawk kayaknya ke Panther deh, kalau angkut masih di Puma family dan Bell.

        • Rasanya sama aja ya bung, saya pernah naik Puma, Bell, SeaHawk, Dauphin, Bolcow, dll… Rasanya senang karena gretongan ๐Ÿ™‚ gak tahu kalau saya seorang pilot, pasti saya bisa tahu keunggulan2. Sayangnya cuman masyarakat sipil, tahunya kalau di ajak senang bin bangga. ๐Ÿ˜€

          • hahaha.. kapan” kl Bung Jalo ada kesempatan naik heli selain heli bell, ajak” ya Bung.. nanti gantian deh.. kl saya ada job nyelem,, saya ajak nyelem juga.. hehehe.. ๐Ÿ˜€

          • Hahahhahaha asik, kalau boleh bawa orang lain nanti saya ajak, ๐Ÿ˜€

            Kalau nyelem wuih suka banget bung, saya pernah ikut di acara 17 agustus beberapa tahun lalu. Saya dari dulu pengen belajar SAR-DIVE, ๐Ÿ˜€

          • Siap Bung Jalo..saya tunggu undangannya.. hehhe.. waaahh..baiklah kalo gitu.. nanti kl ada teman” ngadain acara nyelem, Bung Jalo saya ajak deh..

  3. Yah masa gak bisa di analisa dan diambil benang merahnya dgn upaya us utk menggalang sekutu potensial yg strategis yaitu, Indonesia guna menghadang kekuatan china di pasifik, terutama di LCS yg di klaim sepihak oleh china. Sesuai prediksi sy jauh2 hari ttg masalah LCS yg dpt memicu PD3 dan kpn bibit2 konflik itu diprediksi trjd, kemungkinan bsr dimulai di akhir2 thn 2016 nanti, dan sprtnya us jg sdh memprediksi sesuai dgn prediksi saya, dan itu kelihatan, us sekarang sdg gencar berusaha merayu RI utk satu barisan dgn dia dan sekutu gabungannya di asteng yg tergabung di fpda sprt aussie, singpur, malon, thai, pinoy plus brunei termasuk memanfaatkan kekesalan nam yg wilayahnya ikut dicaplok china. dan us saat ini jg memanfaatkan jurus sekali dayung dua pulau terlewati yg maksudnya memanfaatkan situasi dimana saat ini rusia sdg fokus ke masalah ukraina dan eropa, yg mmg sengaja di setting us utk trs membuat rusia sibuk dan kehilangan fokus. sehingga mengurangi pengaruh rusia di asia khususnya pasifik, yg mana us yakin rusia dipastikan membantu china dari belakang dan yg plg meng kwatirkan us adlh, jk Indonesia berpihak ke rusia dan china. jk RI berpihak ke blok timur maka diyakini us beserta anggota fpda akan sangat sulit dan membutuh gabungan pasukan yg sangat besar, dan jk fpda digabung satupun tdk akan mampu mengalahkan gabungan kekuatan china-indonesia. dlm hal ini Saya tdk memasukan rusia krn rusia akan menghadapi front dari negara eropa yg tergabung di nato plus ukraina. atas dasar analisis saya diatas itulah mengapa di priode pemerintah baru nanti, atwpn saat ini us sdh mulai gencar merayu pemerintahan skrg utk berada dibarisan mrk, dan tampaknya pemerintah kita condong mengikuti kemauan us terlepas dari senang mwpn rada terpaksa tp yg jls arah berpihak ke us sdh bs di lihat dgn berdatangannya alutsista hibah yg punya kemampuan dioperasikan ke alutsista yg msh digunakan militer us. contohnya hibah f16 baru2 ini yg bs utk versi kapal induk. pdhl buat apa toh, wong kapal induk aja kita gak punya? blm alutsista yg lain2 yg akan byk lg berdatangan kemari dan sdh di setting us utk mudah terintegrasi dgn alutsistanya2 us sprt radar2 dan heli apache,blackhawk dan yg sbntr lg jg akan di datangkan helikopter chinook. helikopter angkut kls berat dgn rotor tandem. kalau di kaji2 ada benarnya celotehan mbah bowo ttg masalah benturan 2 raksasa yg akan merebutkan dominasi dunia kedepan nanti. akan berada di kubu manakah Indonesia bbrp tahun kedepan menyambut perang pasifik jilid 2. perang yg sdh diramalkan adlh perang yg terbesar dan paling menghancurkan dlm sejarah perang modern dgn hilangnya bbrp negara dari peta dunia gegara 2 negara yg memperebutkan pengaruh, ekonomi dan sumber daya alam dunia. Ini hny prediksi saya semata, jk ada yg kurang setuju boleh dikemukakan oleh saudara skln. Salam..

    • Prediksi yang sangat bagus bung Pedro Baretta.. US semakin berusaha merapat ke Indonesia, seharusnya pemerintah juga harus memanfaatkan momentum ini untuk membujuk pihak timur/ china + rusia dalam hal sperti ini supaya juga semakin merapat ke pihak indonesia. hal ini untuk menjaga keseimbangan pengaruh terhadap kedua kekuatan blok tersebut.. buat pemerintah kedepannya harus tetap berpegang teguh dalam non blok untuk menyikapi konflik LCS dan meningkatkan peran aktif dipolmasinya untuk mencegah agar konflik LCS tidak terjadi..

      dimohon kepada bung Satrio, bung STMJ, bung Andri cahyadi, bung Gue, bung Nara, Wehr, Jalo dan Bung – bung lainnya.. untuk menaggapi komen bung Pedro Baretta. sebelumya mohon maaf. trims..

      • Bung pedro…bung bareta…indonesia memang terpaksa bermain di dua kaki karena di selatan ini cuma indonesia yg netral dan selalu di curigai pro blok timur…indonesia masih belum bs bersikap tegas seperti swiss dan swedia karena ketergantungan ekonomi yg sangat kuat pada barat dan konco konconya…

        Bagi indonesia alutsista bkn soal karena bs didapatkan dr sumber manapun sembari merintis mandiri…tp koneksi ekonomi hanya dimiliki oleh barat…china memiliki uang tp sekarang pun mereka bingung mau dikemanakan selain di putar di ASU dan kolega koleganya…rusia meskipun tegar menghadapi embargo barat perlahan mulai keteteran karena akses ekonominya hanya tinggal cina sementara negara lain ragu ragu berkat gertakan ASU..memang benar rusia menguasai 2/3 energi eropa tp bkn eropa kalau mereka gak punya substitusi apalagi menyangkut harga diri….Pada intinya koneksi ekonomi barat lebih baik drpd timur…

        Intinya kita harus mampu berswasembada apapun maka kita akan mampu menegakkan kepala…soal perang sy yakin akan dimulai dgn gertak sambal dan berakhir di meja perundingan mengingat penduduk dunia dewasa ini semakin beradab…

        Memang perang akan meletus tetapi akan cepat berakhir mengingat begitu efisiennya alutsista saat ini…pihak yg menang pertempuran belum tentu akan memenangkan perang karena hrs disadari perang sesungguhnya ada di meja perundingan dengan lobi lobi yg menjijikkan itu…

        Cina boleh coba main kayu tp ingat,ygdihadapinya bkn saja negara LCS tp seluruh dunia karena dialah bad guy sang agressor…

      • Mungkin setelah melihat F16 yg datang kemarin dilengkapi dengan penangkap tali/stager. Saya pikir itu agar bisa mendarat di landasan pendek (bukan kapal induk). Yang otomatis, banyak lapangan terbang di pulau2 yg bisa di jadikan base darurat F16 ini.

    • Dalam kesejarahan etnis tiongkok tidak disukai di nusantara. Tapi memori penjajahan bangsa barat juga tidak akan pernah hilang. Jika perang pasifik kedua meletus, justru akan membuka pintu bagi lahirnya persaudaraan muslim asia tenggara. Mungkin akan berdiri khilafah islamiyah yang sebenarnya, tapi bukan ISIS. Daripada umat islam mati berperang membela negara sekuler, dan rebutan sumberdaya dunia, lebih baik berpegang pada sesuatu yang lebih murni yaitu agama. Nabi pernah bersabda apabila sungai eufrat kering dan muncul emas dari dasarnya, banyak bangsa akan berperang untuk merebutnya. Jika umat islam melihatnya, jangan ikut-ikutan. Mungkin hadis ini bisa dimaknai bagi kita untuk mengambil sikap abstain dan konflik berdarah rebutan SDA di LCS.

    • ya Bung. Ngapain juga kita beli alutsista dari Yankee. Percuma, Ntar giliran kita ribut sama malon atau ausy tuh senjata gak boleh dipake. tau tau di embargo lagi. koq gak kapok ya. Para politisi kita gak pernah mau belajar dari sejarah. Kan sejarah selalu akan berulang…