Uji Komunikasi Pesawat CN-295 dengan Kendaraan Tempur di Natuna

JakartaGreater – Untuk melatih kesiapsiagaan di perbatasan, prajurit Komposit Marinir Natuna Pasmar 1 melakukan uji komunikasi dengan pesawat TNI AL CN-295, di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu, 08/11/2020.

Uji alat komunikasi dengan pesawat TNI AL CN-295 ini menggunakan Radio dengan jenis Dicom RF 4050 VHF/UHF Vehicularradio yang terpasang di kendaraan tempur (Ranpur) BVP-2 dan Roket MLRS Vampire TNI, dirilis situs TNI.

“Kita melaksanakan uji alat komunikasi dengan pesawat TNI AL CN-295 dengan Pilot Mayor Laut (P) Bani Safangat,” ujar Pasiops Yonif 2 Brigif 1 Marinir selaku Komandan Satgas Komposit Marinir Satuan TNI Terintegrasi Natuna Pasmar 1 Mayor Marinir Erwin Wisnu Putra.

Uji Komunikasi Pesawat CN-295 dengan Kendaraan Tempur di Natuna (@TNI)

Uji komunikasi yang melibatkan Co Pilot Lettu Laut (P) Yudistira dan Komandan Peleton Arhanud Lettu Marinir Yusha Amriz ini, mengambil jarak komunikasi ±32 km dari stelling BVP-2 dan Roket MLRS Vampire.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan alat komunikasi yang kita gunakan di daerah perbatasan ini, dapat berfungsi dengan sehingga dapat mendukung tugas pokok kita untuk mengawal pulau terdepan di wipayah NKRI ini,” ujar Mayor Erwin Putra.

Situsi Laut China Selatan.

Ketegangan di Laut China Selatan tinggi karena klaim China atas sebagian besar kawasan laut itu, ditentang sejumlah negara.

Bahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo telah mengeluarkan pernyataan resmi pada 13 Juli 2020, tentang posisi AS, terkait klaim maritim China di Laut China Selatan, dirilis Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Menurut Michael R. Pompeo, RRC tidak memiliki dasar hukum untuk memaksakan kehendaknya di kawasan secara sepihak. Beijing tidak punya landasan hukum untuk mengklaim “9 Garis Putus-putus” di Laut China Selatan, setelah secara resmi mereka umumkan pada 2009.

Sikap Amerika Serikat atas kawasan Laut China Selatan adalah memperjuangkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Prinsip ini diikuti Sekutu Amerika Serikat.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar