Aug 242014
 
Royal Navy Type 45 Daring class Destroyer 1

Tingginya center gravity dari destroyer Daring class, membuat kapal mampu berputar dengan kecepatan tinggi dan radius yang kecil

Royal Navy Type 45 Daring class Destroyer 2

Royal Navy Type 45 Daring class Destroyer 4

Kapal destroyer Tipe 45 yang juga dikenal sebagai Daring Class, adalah kapal perusak berpandu rudal yang dibangun untuk Royal Navy, Inggris. Kapal ini dirancang terutama untuk anti-serangan esawat dan perang anti-rudal yang dibangun berdasarkan sistem pertahanan udara PAAMS (Sea Viper) dengan memanfaatkan SAMPSON AESA dan serta radar jarak jauh S1850M.

Tiga kapal pertama dirakit oleh BAE Systems dan sebagian prefabrikasi “blok” dibangun di galangan kapal yang berbeda. Namun tiga destroyer sisanya dibangun sepenuhnya oleh perusahaan kapal permukaan BAE Systems. Kapal pertama Daring class, HMS Daring, diluncurkan tanggal 1 Februari 2006 dan bertugas pada 23 Juli 2009.

  70 Responses to “Uji Ngepot Destroyer Daring Class”

  1. Sore…!!!

  2. zoh

  3. keren

  4. 3 .. Nyimak lg

  5. indonesia gak usah banyak2 punya destroyer macam ini, cukup 12 buah aja buat timur, tengah, barat

  6. wow…awas kepleset….

  7. Indonesia harus punya destroyer sebanyak mungkin

  8. ahahag..ngepot.. :mrgreen:

  9. 2fast farious versi laut

  10. Udah lama baru dengar lagi istilah ‘ngepot’ 😀
    Kalo bahasa anak sekarang apa yah

  11. keren nih kapal, mungkin bisa kayak moto gp

  12. hebat,,, padahal kapal ini cukup tinggi,,, dia bisa belok dgn radius kecil dan kecepatan yang lumayan, tanpa terguling,
    padahal gaya reaksi air laut tidak terlalu tinggi utk nahan beban nya saat berbelok,

    ada yang tau knpa?

    soal nya kan klo kapal makin tinggi titik berat nya (resultan gaya) semakin tinggi juga, sehingga kemungkinan terguling nya semakin besar.. tp kapal ini tidak terguling… knp yah???

    apa faktor berat atau apa?

    • Kemungkinan ada pendulum bung. Seperti permainan kita waktu kecil dua kelereng Di ikat seimbang pada sepotong lidi jika di ombang ambing sekuat apapun tidak akan tumbang. Beberapa gedung tertinggi seperti Taiwan 101 agar tahan terhadap goyangan gempa extrem dibuatkan pendulum di puncak gedungnya. Kemungkinan destroyer daring class ini pakai system pendulum bisa goyang kiri kanan tanpa terbalik.

      • Kalo saya. Kapal pemecah es yang di jadikan basic design. Terus baling2nya agak ke tengah badan kapal ngga di ujung. Terus apalagi yah, Sisanya mirip ama sampeyan deh 😀

        • ntu kapal bisa ngepot gak bang freax.. 😆

          • Jiah keliru ya. Kalo rotor nya bisa di geser horizontal apa masih ngga bisa ngepot bung akung. Sok tau mode on 😀
            Kan saya cuman ngira2.
            Ato di kasih balancer model mitsubishi pajero tapi geser samping dibawah center of grafitinya (berharap bener nih)
            Paling yang benerin MRLF yang bisa jawab dengan benar 😛

    • Assalamualaikum wr.wb
      mungkin karena center of gravitynya besar
      ngomong-ngomong saya juga gk tau apa itu center of gravty dan dimana letaknya :v
      mungkin itu letaknya di tengah ya, yang sering dimasukin air untuk jaga keseimbangan kapal :v
      katanya itu berkaitan dengan letak ruangan kapal jumlah ruangan beban kapal jadi kalau di ubah sedikit aja perhitungannya maka bisa terguling itu kapal :v
      kalau salah ya maaf 😀

    • Sama seperti boneka plastik yang suka dipukulin anak anak kira kira tinginya 1m yang bawah lebih berat karna di isi pasir. walaupun dipukulin tetap akan kembali. Itu contoh yg g pake rumus. Kalau yg pake rumus tidak cukup 1 bulan bahasnya tanya aja sama arsiteknya
      Hehehehe maaf OOT .

    • Seperti kata Bung anang, tampaknya begitu, tapi pasti canggih sistemnya. Apa mungkin ada sistem penyeimbang yang dinamik mengikuti kemiringan supaya tidak ngguling sekaligus beban total tak terlampau meningkat. Sory kalau ngawur .. hehe

    • mgkin yg bwa ny marc marquez…bung andri,,mkny kgak jatoh :mrgreen:
      (bcnda bung)…ni da di babar ma abang2 diatas

    • Boss ada balast dibawah..bobot dihitung sekalian untuk menurunkan titik berat kapal, dg titik berat kapal makin kebawah, stability saat manuver makin stabill

  13. selamat sore
    salam kenal semuanya

  14. Ass.Bg Mirza terus ah.. kayaknya kemana- bw leptop ya? gile bener.

  15. Gesit juga neh manuver nya …

  16. Semoga TNI punya destroyer buat menjaga laut kita

  17. berharap Indonesia punya Kapal Frigate Kelas Berat dan Destroyer…aminn

  18. mantaf…..

  19. Maap..biasa nya kalu ditampil kan di jkgr..kayak nya ini kapal..mau di beli ama AL kita..nih..nemanin yang tiga itu..hee..maap ya bung diego…

  20. Ada apa yang bung andri…???btw bobotnya brapa ton ya bung…???

  21. bukannya semakin tinggi center grafitynya maka semakin agak mudah jatuh ya bung jika alasnnya dianggap sama?

    • betul bung.
      semakin tinggi CG semakin mudah oleng kapal.
      biasanya diimbangi dengan penambahan ballast air laut di tangki2 kapal di bagian bawah sekitar lunas.
      ballast berfungsi sbg penyeimbang/counterweight spy titik CG kapal jadi turun setidaknya mendekat ke arah tengah kapal (kalau dilihat horizontal).

      sptnya kapal Daring di atas justru memanfaatkan keadaan ‘mudah oleng’-nya kapal untuk memperkecil radius putar.
      entah bagaimana caranya karena ini pasti riskan sekali untuk terguling dan juga sangat tidak nyaman bagi awak di dalamnya.
      tapi rasanya manuver ini hanya dipakai sekali2, tidak setiap saat.

      salam

  22. apakah ini sebuah clue bung diego,saya ada sempat baca tpi lupa dimana klo tni al ada rencana mau membeli fregat ini,mudah mudahan aj terealisasi,

  23. Coba di tes di laut arafura atau laut sorong…pasti terguling ..hahahahahaaa

  24. kapal ini cocok kayake bwt dipake tni al hhehe

  25. Saya tebak bagian dasar kapal dikasih semacam pemberat biar dapat stabil kembali. Masih ingat boneka dari cina yang bagian bawahnya dikasih pemberat ?
    Bila bonekanya kita pukul maka akan tegak kembali !!?

  26. mantap

  27. Destroyer yg kita minat bukannya dari Rusia y..nemenin KS dari negara yg sama..:)

  28. Ass.Bang Diego mo nanya nih.bukankah nih destro pengawal HMS QUEEN? Yg bisa bw topan,Yg kemarin nyaris diarbitrase,yg trus dibantu ama juragan asal nusantara,yg trus dpt gelar kehormatan? Klo bener cocok jdi tandem varyagh dri mas pitung di timur,quen mbak ely di barat(…WOW ???) ngarep sanget.

  29. saat perang manuver seperti ini berguna g ya? Maaf saya naik perahu jukung kecil aja sering muntah apalagi kaya gini g bisa ngebayangin..hadee..maklum wong ndeso

  30. apakah Bung Tomo Class kita bisa manuver seperti ini gk bung? Soalnya kalau dilihat dari design menara nya hampir sama.. Mohon pemcerahannya. Trims

  31. Kunci keseimbangan kapal laut (bkn kapal kayu ya?) itu terletak pada lunas didasar lambung kapal. bentuknya didepan sprt torpedo, terbuat dari besi baja tebal dan umumnya semakin pipih hingga memanjang keburitan dimana berakhir hingga ke poros baling2 kapal, gunanya sangat penting selain sebagai pemecah ombak dan pembelah kerapatan air jg penting sbg proteksi dari karang dan batuan2 es yg terkadang mengapung dilautan srt benda2 keras yg menghalangi haluan jg sbg penyeimbang dari brp ukuran dari dr ketinggian kapal tsb sprt menara radar, cerobong asap, ruang nahkoda. yg diukur dari permukaan atas air, dari situ diambil hitungan seberapa berat/besar lunas tsb. dan yg gak klh penting lunas tsb bs dikatakan sbg tulang punggung dari sebuah kapal, tanpa lunas, kapal yg terbuat dari baja sekalipun akan sprt kapal kertas yg ditaruh di air. lambung gak akn mampu menopang beban dan tekanan air dan pd akhirnya kapal patah pinggang, dan lunas kapal itu salah satunya jg sbg penyeimbang sebuah kapal dan masih ada lg penyeimbang agar kapal ttp berdiri tegak seimbang wlw trkdg sdh miring 60° dan jg utk tdk terguncang2 dihantam ombak yaitu dgn penerapan teknologi balaz. yaitu dilambung dasar kapal bagian dalam, dibuat puluhan kamar2 bersekat terhubung satu dgn yg lain dgn pintu2 otomatatis terkadang memakai desain pintu klep. gunanya balaz utk menenggelamkan sebagian tubuh kapal hingga tercapai berat ideal dgn beban yg diangkut kapal dan disesuaikan dgn alur pelayaran dari kapal tsb. jk berlayar di dikedalaman sdkt dangkal, maka balaz yg berupa kamar2 yg berisi air akan dibuang keluar, begitu jg jk kapal tdk membawa beban angkutan, maka kapal trll ringan dan gampang terombang-ambing maka balaz akan dipenuhi air agar beratnya sesuai. sebagai penyeimbang, kamar2 balaz ber sekat2 didasar lambung jg sangat berguna utk mengatasi kebocoran dinding lambung. yg msl terkena karang, batuan es yg mengapung atw terkena ranjau atw torpedo ringan dgn kerusakan ringan, balaz ini yg akan menyekat dan menutup area dimana kebocoran itu berada, tnp takut, tekanan air laut menerobos masuk keruang mesin. dan krn kebocoran tersekat di dalam ruang balaz maka tekanan air laut dimana trjd kebocoran diminimalisir dan itu artinya kebocoran lambung kapal tsb bisa langsung diperbaiki dgn lgsg diterjunkan dilautan dgn cara di las dan tanpa takut teknisi2 pengelasan tersedot atw terdorong tekanan air dari bolongnya lambung kapal tsb. maaf terlalu panjang dan mendetail. dan sekali lg maaf jk ada yg keliru, saya menyampaikan sebatas yg saya tau utk berbagi bersama. /- mgkn bisa ditambahkan olh yg ahlinya. Salam..

    • WOW rumit jg ea bung membangun kaprang mesti banyak itungan.
      maaf nanya beda gak ma kapal komersial
      mksih

    • sependapat bung pedro
      pembagian ruang ballast dalam beberapa sekat bertujuan untuk lebih meningkatkan titik apung. hal ini berarti jika ada kebocoran pada satu ruang dan kapal menjadi senget/miring maka dapat diseimbangkan dengan mengisi tangki balast di tempat yang diperlukan. disamping itu biasanya konstruksi kapal dibuat lambung berganda dan juga dasar berganda hal ini bertujuan untuk meminimalisir jika terjadi kebocoran agar air tidak membanjiri kamar akomodasi dan juga ruang mesin.pada saat membuat lingkaran putar / ngepot sudut kemiringan masih dibatasi yaitu tidak boleh melewati sudut kemiringan maksimal. karena tidak ada perubahan berat yang ekstrim maka kemungkinan stabilitas awal /statis tidak tidak akan banyak berubah dengan stabilitas dinamis.
      mohon koreksinya jika saya salah.

  32. pt pal kedepannya ada rencana buat bikin destroyer juga gak? sejauh yang ane tahu produk pt pal yang versi militer kan masih sekitar KCR, FPB, LPD dan lagi dalam tahap produksi PKR & Kasel… mohon infonya

  33. hmm..bagus juga ngepottnya

    aku rasa kapal destro ini memakai karet dan plastik di bagian tengah kapal yg di pasang terbalik dan terjadilah gaya tarik menarik ,,pintar juga ni..ngak akan terbalik walau ngepot atw ngesott..
    cuma analisa petani cabe dan jagung..ehehe

    kedepan aku harap para ilmuwan dan pakar teknologi kita bisa dan mampu bikin lebih canggih lagi..klu ini ma mainan anak sd..eheheh..majulah indonesia

    salam satu jiwa satu raga

  34. Bung @waduh. boleh dijelaskan ttg karet dan plastik yg saling tarik menarik ditengah badan kapal itu gunanya utk apa ya bung? krn kalau kapal manuver tajam sprt gambar diatas karet dan plastik ditengah badan kapal sprt bung katakan, kok sprtnya gak ada pengaruhnya.. krn kapal itu mengapung di air dgn lambungnya, jd dia tdk mempunyai pijakan sprt layaknya kenderaan didarat sprt roda dikedua sisi bodynya. nah klw kapal apa yg dipakai utk pijakan dia agar dpt berdiri seimbang, sdg kapal cm mengapung? drmn dia dpt keseimbangan berdiri, kalau dilihat dia lbh tinggi dgn menaranya plus dari beratnya jg, pdhl itu kapal hny cm mengapung tanpa ada pijakan kaki layaknya sumbu roda pd kenderaan darat? hehehe.. silahkan dibabar dimari bung? sprt kata bung diatas, anak SD aja bisa buat ini mainan.. pastilah bung lbh tau drpd mrk yg msh anak2. Silahken pencerahannya bung.. biar org yg gagal faham kayak ane jd ngerti efektif dan gunanya karet dan plastik dipake ditengah badan kapal tsb bung? silahken pliss…?

  35. oia.. karet dan plastik ditengah badan kapal itu bukan Ring buoy aka pelampung ban kan?? saling tarik menarik antara sesama kelasi wkt kapal mw karam? muehehe..

  36. Kapal yang cantik selain canggih, artistik tapi juga mematikan cocok dengan selera bangsa Indonesia. Borong dah cukup 4 biji apalagi plus tot untuk pt pal biar tambah pusing para insinyur pt pal hehehe.

  37. gk kalah sama pespur..bisa manuver juga, tinggal jumping ssambil nembaknya doang mungkin yang belon…hehe

  38. Kapal Penghancurr..impianku, 5 th lg Indonesia punya 2 unit fully armament..

  39. HARUSnya gravity centernnya rendah. kalo tinggi kapalnya terguling piye tho iqi

    • Betul. Semakin rendah pusat gravitasi suatu benda terhadap permukaan di mana ia berada/bergerak semakin sulit ia terguling.
      Sepertinya si wartawan terbalik dalam menerjemahkan konsep pusat gravitasi

  40. Mungkin maksudnya tinggi kualitas perhitungan dan penempatan CG ya?
    Apalagi CG-nya bisa dinamis dan terkontrol. Mungkin tuh kapal bisa menari-nari 😀

 Leave a Reply