Mar 282017
 

Kapal selam nuklir Proyek 885 “Severodvinsk”, Angkatan Laut Rusia

Pengujian operasional “Severodvinsk”, kapal pertama dari Proyek 885, kelas Yasen (Kelas Severodvinsk), sebuah kapal selam serangan bertenaga nuklir, telah membuktikan karakteristik rancangannya, menurut Vladimir Dorofeyev, Direktur Utama Biro Desain Kelautan Malachite yang mengembangkan Severodvinsk dan berbasis di St. Petersburg, sebagaimana dilansir dari Navy Recognition.

“Secara keseluruhan, pengujian operasional telah menunjukkan hasil yang sangat baik. Karakteristik desain adalah yang utama untuk ditunjukkan, misalnya peluncur rudal dan torpedo terbaru, bahwa kapal selam kelas Yasen telah memenuhi ekspektasi sebagai kombatan dan sesuai dengan apa yang diharapkan”, katanya.

Menurut Dorofeyev, kapal selam tersebut memiliki karakteristik yang baru dari jenisnya, dan kinerja multi perannya telah dibuktikan melalui operasi eksperimental dan operasi taktis. Dia mencontohkan modularitas persenjataan yang terdapat pada kapal selam, baik sebagai pencegah konvensional strategis dan sebagai senjata anti kapal.

“Yasen mewujudkan solusi novel dari desain yang radikal dan fitur arsitektur yang memungkinkan untuk menjaga gaya aneh Malakhit dan menerapkan solusi tata letak persenjataan canggih”, menurut Vladimir Dorofeyev.

Dorofeyev juga menekankan bahwa kapal selam kelas canggih tersebut bisa disertakan robot, jika perlu.

“Robot yang berada di kapal selam bukanlah akhir dari tujuan itu sendiri. Setiap kapal selam ini dirancang untuk melaksanakan misi tertentu, seperti perang melawan kapal selam, peperangan anti permukaan atau serangan darat. Dari sudut pandang ini, menggunakan robot kapal selam bukanlah akhir dari tujuan tersebut, bukanlah tujuannya, kita harus segera bergegas dengan cepat saat ini”, jelasnya.

Yang terpenting adalah kontribusi robot untuk membantu kapal selam dalam menyelesaikan misinya, Dorofeyev menambahkan.

Kapal selam bertenaga nuklir pertama, Proyek 885 yang bernama “Severodvinsk” diterima oleh Angkatan Laut Rusia pada 17 Juni 2014 dan telah melakukan operasi eksperimental sebelum musim semi 2016 lalu. Tujuh kapal selam kelas tersebut, termasuk 6 diantaranya yang menampilkan peningkatan desain sebagai Proyek 885M, dijadwalkan untuk segera dibangun.

  14 Responses to “Uji Operasional Kapal Selam Kelas Yasen Terbukti Sukses”

  1. Pesanan NKRI kah..

  2. pesan 5 yang terakhir arman maulana..ok

  3. pesan 6 pelengkap untuk “AReMANIA” fansnya arema 😆 hihihi

  4. hahahahaha……apalah komen di atas semua kena sindrom arema-aremahan….

  5. Entah gimana ceritanya… kapal selam ini bisa d beri nama Yasen… d china ada kasel kelas Jin… d inggris ada kelas Astuti…. kayak nama cewek Indonesia…. hehehe

    • Yasen klau di Artikan ke bahasa Indonesia Jadi Pohon Ash…. Mungkin di namai Yasen Karena bentuknya yg bagus kaya pohon Ash/Yasen…. Bung Cendol

  6. Kita pesen yang tipe ini ga bung? Atau jangan2 malah udah berenang di mari

  7. Om yasen yg menyeramkan dan menakutkan di dalam gelap dan tersembunyi di tengah samudra,

 Leave a Reply