Uji Poseidon Konfirmasi Kecepatan, Jangkauan Tak Terbatas – Sumber

JakartaGreater.com – Uji coba bawah air dari unit penggerak kendaraan bawah laut nirawak bertenaga nuklir (UUV) Poseidon Rusia, mengkonfirmasi jangkauan yang tidak terbatas dan kecepatan maksimum lebih dari 200 km/jam, menurut sumber industri pertahanan Rusia seperti dilansir dari laman TASS pada hari Rabu.

“Selama uji coba di laut dari unit daya kendaraan tak berawak, spesifikasi yang dinyatakan sebelumnya tentang jangkauan penggunaan yang tak terbatas dan kecepatan lebih dari 200 km/jam telah dikonfirmasi”, kata sumber itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Sabtu, melaporkan berakhirnya tahap utama pengujian untuk kendaraan bawah laut nirawak strategis, Poseidon.

Pada akhir Desember tahun lalu sumber industri pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS bahwa pengujian unit tenaga nuklir dari UUV sedang berlangsung di laut saat ini. Sumber mencatat bahwa reaktor telah dipasang pada lambung kendaraan yang beroperasi.

Putin pertama kali mengatakan tentang kendaraan bawah laut nirawak dengan unit tenaga nuklir dalam pidatonya dihadapan Majelis Federal pada bulan Maret 2019.

Presiden melaporkan bahwa UUV tersebut akan dilengkapi muatan konvensional dan nuklir serta akan dapat menghancurkan fasilitas infrastruktur musuh, kapal induk dan target lainnya.

Leave a Reply