Feb 132018
 

Jet tempur siluman F-313 Qaher buatan Iran melakukan uji pra-penerbangan. © Iran Army/Youtube

JakartaGreater.com – Jet tempur siluman mutakhir F-313 “Qaher”, yang dirancang dan diproduksi oleh para ahli dalam negeri Iran sedang menjalani tes pra-penerbangan dan melakukan taksi cepat, menurut mantan Menteri Pertahanan Brigjend Hossein Dehqan, seperti dilansir dari laman Kantor Berita Tasnim (TNA).

Berbicara kepada TNA, Brigjend Dehqan menunjuk pada proses pengembangan Qaher dan mengatakan bahwa jet tempur siluman tersebut telah dirancang untuk melakukan misi dukungan udara dekat.

“F-313 Qaher (Penakluk) telah menjalani tes pra-penerbangan. Salah satu tes yang harus dilakukan pesawat terbang adalah meluncur di landasan pacu dengan cepat”, katanya

Taksi adalah pergerakan sebuah pesawat terbang di darat, dengan tenagannya sendiri, berbeda dengan towing atau push-back dimana pesawat digerakkan oleh tarikan.

Selain F-313 Qaher, dia juga menunjuk pada pengembangan jet buatan dalam negeri lainnya, yakni Kowsar-88, mengatakan bahwa pesawat itu juga melakukan perjalanan taksi yang cepat, persiapan untuk take-off.

Jet tempur generasi kelima F-313 Qaher Iran tersebut diluncurkan pada bulan Februari 2013, merupakan jet tempur siluman berkursi tunggal yang mampu lepas landas dan mendarat di landasan pacu yang pendek.

Pakar dan teknisi militer Iran dalam beberapa tahun terakhir telah membuat kemajuan besar dalam pembuatan berbagai peralatan domestik, membuat Angkatan Bersenjata Iran mandiri di bidang senjata.

Bagikan Artikel :

  31 Responses to “Uji Pra-Penerbangan Jet Siluman F-313 Iran”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    Pesawat tempur siluman ko modelnya begitu-begitu saja….. saya jadi bosan melihatnya.

  3.  

    pesawat meragukan.. saya lebih yakin produk N-219 PT DI.

  4.  

    Ane belum tau data spesifikasi nih pespur. Ada yg tau speknya kayak gimana?? Payloadnya berapa?? Ceilling Servicenya berapa?? Jangkauan terbang berapa, RCS berapa?? Pake radar dan Avionik apa?? Apakah sudah pake AESA??? Kemampuan rasio gaya dorong terhadap bebannya berapa?? Bahkan nih pesawat udah dibuat sejak 2013 yg artinya jauh lebih cepat daripada KFX/IFX. Tapi Ane lum pernah liat videonya tuh pespur udah terbang belum.

  5.  

    Kalo dilihat dari semua pesawat siluman ini yg paling kecil.
    Juga mesinya masih belum TVC jadi manuver masih kaya jet gen 4.
    Iran membuat salut di embargo masih bisa mandiri

  6.  

    Kagak Manjur Nih Barang Knapa ? Tanya Langsung Sama Bung TN

  7.  

    Fake fighter plane, pesawat odong2 buat nakuti musuh, bukan malah takut musuh iran malah kena bully pesawat tu

  8.  

    INI ADALAH SEBUAH MAINAN ANAK BERUPA MOBIL-MOBILAN TAMIYA DARI BAHAN PLASTIK YANG DIKASIH SAYAP BUATAN IRAN.
    MAINAN YANG BERNAMA QAHER INI COCOKNYA DIKASIH NAMA QADIR (NAMA SEORANG PELAWAK, RED) SESUAI DENGAN TIPIKAL REPUBLIK IRAN SYIAH LAKNAT RAYA YANG SUKA NGIBUL BUAT PROPAGANDA.

 Leave a Reply