Uji Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B

Kendaraan peluncur roket R-Han 122B (foto : @ Kemhan RI)

Garut, Jakartagreater.com, Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Alpalhan Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan uji dinamis Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B Tahap II-II, Tahun 2019.

Uji dinamis Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B tahap II-II disaksikan oleh Staf Ahli bidang Politik Kemhan Laksda TNI Ir. A. Budiharja Raden, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani dan para pejabat di lingkungan Kemhan, PT. Dahana (Persero), PT. Pindad, LAPAN, PT.DI serta tim uji dinamis Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B Tahap II-II, dirilis situs Kemhan RI, 14-11-2019.

Uji coba diawali sambutan dari Kepala Energetic Material Center PT. Dahana, Ir. Benny Gunawan, sambutan kedua oleh Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, selanjutnya sambutan oleh Staf ahli bidang politik Kemhan Laksda TNI Ir. A. Budiharja Raden kemudian pelaksanaan uji coba.

Litbang Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122 B Tahap II-I TA. 2019 merupakan program litbang yang bekerjasama dengan LAPAN, PT. Dahana dan PT. Pindad.

Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B adalah Kendaraan peluncur roket laras banyak (multiple rocket launcher system – MRLS) buatan dalam negeri karya anak bangsa. Diharapkan proses peluncuran roket secara otomatis mampu dieksekusi lebih cepat.

Uji Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B. (@ Kemhan RI)

Mekanisme pengisian roket ke peluncur didesain sedemikian rupa supaya dicapai waktu operasi yang lebih singkat. Sistem peluncur menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) WAGO 750-8206/040-000 XTR sebagai pengontrol utama yang dapat diprogram untuk menyimpan rangkaian instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik seperti : logika, sekuen, timing, counting, dan aritmatika.

Pengembangan Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B ini adalah untuk menghasilkan kendaraan peluncur yang dapat berfungsi dengan baik dan stabil sesuai spesifikasi yang diharapkan tanpa adanya kesalahan dan kerusakan baik saat endurance maupun penembakan.

Di samping itu diharapkan sistem otomatisasi dan manual dapat dioperasikan oleh operator sesuai prosedur dan operasi penembakan yang dikehendaki.

Prototipe peluncur roket ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kendaraan peluncur roket R-Han 122B sebagai dukungan dalam program pengembangan Roket Nasional.

17 pemikiran pada “Uji Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B”

  1. Mau uji coba kendaraan peluncur saja, ceremoninya luar biasa, bikin habis Dana. terlalu banyak sambutan. Padahal Fokus utmanya uji coba. Harusnya sunyi2 aja. Lebih baik Nanti Kalau sudah sukses smuanya baru di sambut dengan meriah…. Itu baru ok

  2. Rhan 122B termasuk dlm katagori altilleri roket seperti halnya Astros buatan brazil,BM 21 grad buatan rusia , RM 70 buatan ceko dan yg paling terkenal adalah TOS 1 buratino buatan rusia yg memiliki hululedak thermobarik.

Tinggalkan komentar