Uji Rudal Hipersonik Fregat Admiral Gorshkov Telah Tuntas

Fregat Admiral Gorshkov tembakkan rudal Tsirkon

JakartaGreater – Rusia telah menyelesaikan uji terbang rudal jelajah hipersonik Tsirkon yang canggih, dengan peluncuran dari kapal permukaan, fregat Admiral Gorshkov, ujar sumber yang dekat dengan kementerian pertahanan Rusia kepada TASS, 29/9/2021.

“Uji terbang Tsirkon, dengan peluncuran dari pantai dan dari fregat Project 22350 Admiral Gorshkov telah berhasil diselesaikan. Lebih dari 10 peluncuran dilakukan, yang terbaru pada bulan Juli,” ujar sumber itu.

Menurut sumber itu, rangkaian uji coba Tsirkon berikutnya akan dimulai pada November. Tes diperkirakan akan berlanjut tahun depan. Setelah itu, pengiriman rudal ke angkatan bersenjata Rusia akan dimulai.

Asosiasi Penelitian dan Produksi Reutov untuk Pembuatan Mesin (NPO Mashinostroenia), yang telah mengembangkan dan memproduksi rudal hipersonik Tsirkon, menolak untuk mengomentari informasi tersebut.

fregat Admiral Gorshkov

Fregat Admiral Gorshkov. Fregat Admiral Gorshkov tembakkan rudal Tsirkon. (@ Russian Ministry of Defense Press)

Baca juga: Tanggapan Pakar Rusia Soal Uji Rudal Hipersonik AS

Pada 24 Agustus, Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangani kontrak dengan kontraktor pertahanan untuk pengiriman rudal hipersonik Tsirkon kepada pasukan Rusia dalam forum pertahanan Angkatan Darat-2021. Menurut CEO NPO Mashinostroenia Alexander Leonov, rudal harus dipenuhi pada 2025.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan bahwa rudal hipersonik Tsirkon yang mampu terbang dengan kecepatan 9 Mach (sembilan kali kecepatan suara) dan menyerang target pada jarak lebih dari 1.000 km akan segera siaga tempur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada 19 Juli bahwa fregat Laksamana Armada Uni Soviet Gorshkov telah berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik Tsirkon ke sasaran darat. Rudal itu terbang dengan kecepatan Mach 7 (tujuh kali kecepatan suara) melintasi jarak lebih dari 350 km.

Leave a Reply