Agu 292018
 

Jet tempur F/A-18E Super Hornet Angkatan Laut AS. © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Para insinyur NASA yang berasal dari Glenn Research Center, Armstrong Flight Research Center serta Boeing telah berhasil menggunakan material “Shape Memory Alloys” (SMA) untuk menggerakkan bagian sayap berukuran penuh dari jet tempur F/A-18 Hornet.

Seperti dilansir dari laman NASA, bagian sayap seberat 300 pon dilepas dari F/A-18 di NASA Armstrong, California, memungkinkan tim peneliti untuk membuktikan bagian sayap lipat bisa menggunakan material baru aktuator nikel-titanium-hafnium bersuhu tinggi, dan mampu menerapkan torsi 5.000-inci-pon.

Dimulai pada posisi horizontal, mekanisme SMA dipanaskan menggunakan listrik dan didinginkan sesuai perintah untuk memungkinkan sayap bergerak 90 derajat ke atas dan ke bawah. Lebih penting lagi, para peneliti mampu memindahkan bagian sayap ke posisi yang dipilih dengan kontrol yang sangat tepat.

Pengujian menggunakan aktuator SMA dan sayap F/A-18 Hornet di NASA Glenn akan berlanjut hingga musim panas. Langkah berikutnya adalah meningkatkan kemampuan torsi SMA menjadi 20.000-inci-pon, yang mencakup tepi terdepan dan trailing bagian sayap.

Tes yang sukses ini adalah tonggak untuk Proyek Spanwise Adaptive Wing NASA, yang mempelajari bagian lentur atau membentuk sayap pesawat. Kemampuan membentuk sayap dapat meningkatkan kinerja dengan mengurangi berat dan drag dari pesawat, sekaligus meningkatkan kontrol pesawat.

Bagikan:

  4 Responses to “Uji Sayap Lipat F/A-18 AS Gunakan Material SMA”

  1.  

    mantap.

    •  

      emang kalo teknologi dasar mamariki boleh lah dikasi jempol, tapi sayangnya banyak yang terlalu kecepetan, akhirnya gagal diterapkan ke produk jadi karena belum ada padanan/supply material pelengkap.

      contoh, perang bintang dulu, konsep ada, jaringan satelit siap dibuat, tapi ternyata, laser yang mau dipake terlalu gedhe dayanya, dan gak bisa ditampung dalam satelit kecil…akhirnya ya gitu deh

  2.  

    Pespur boeing mantap sih melebihi loket xixixi… Apa Sales boeing ga pernah nawarin pespurnya yah kesini ?? Cocok juga kalau diwarin kesini… Tapi jng nawarin F 18 soalnya jadi ingat sm aksi Slonong boy Hornetnya kangguru kampret dulu jadi mending F 15 aja xixixi…

 Leave a Reply