Uji Terbang Rx-1220 untuk Periksa Kekuatan Struktur Roket

Uji Terbang Rx-1220 untuk Periksa Kekuatan Struktur Roket. (@ Lapan)

Garut, Jawa Barat, Jakartagreater.com   –  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menguji dua roket RX-1220 diluncurkan pada Minggu 23-12-2018 di Landasan TNI AU Karang Papak, Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat, dirilis situs Lapan.

Roket yang diluncurkan merupakan hasil penelitian dari Pusat Teknologi Roket LAPAN dengan menggunakan launcher/peluncur. Uji terbang ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan komponen struktur roket mulai dari nosecone sampai dengan sirip.

Roket pertama diluncurkan mengunakan sirip dengan bahan yang telah digunakan sebelumnya. Hasil yang diperoleh saat pengujian pertama sangat baik sesuai perkiraan. Adapun roket kedua dicoba memakai sirip berbahan alumunium yang lebih ringan namun bahan tersebut belum memenuhi ekspektasi seperti bahan sirip pada roket pertama.

Uji Roket RX-450

LAPAN juga berhasil menguji terbang roket dengan diameter 450 mm di stasiun peluncuran roket Balai Uji Teknologi dan Antariksa dan Atmosfer Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jum’at, 28-12-2018.

 

Rhan-450 merupakan roket balistik dengan konfigurasi panjang total 7,1 meter, diameter 0.45 meter, kecepatan max 4000 Km/jam, massa 1600 Kg, dengan muatan sensor dinamika terbang dan ballast. Setelah persiapan dan pembacaan SOP peluncuran roket, pada pukul 09.05 WIB Rhan-450 diterbangkan. Roket meluncur baik menembus awan pantai Pameungpeuk dengan azimuth penembakan 193 derajat.