Jul 192017
 

Jet tempur generasi kelima T-50 PAK FA buatan Rusia melaksanakan uji penerbangan. © Marina Lystseva

ZHUKOVSKY – Uji coba penerbangan tahap awal PAK FA (Perspective Airborne Complex of Front-line Aviation) atau disebut juga sebagai Sukhoi T-50, direncanakan akan berakhir pada bulan Desember 2017, menurut Kepala Staf Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondarev, pada hari Selasa, seperti dilansir dari laman TASS Defense.

“Kami memang memiliki sesuatu yang patut dibanggakan. Tahap pertama uji coba PAK FA akan selesai pada bulan Desember ini dan akhirnya kami akan menerima pesawat semacam itu”, katanya.

Bondarev juga menambahkan bahwa Sukhoi T-50 adalah pesawat terbang yang sempurna, yang telah menunjukkan kemampuannya pada pameran dirgantara internasional MAKS.

Ia juga melanjutkan bahwa tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata mengenai apa yang bisa dilakukan Sukhoi T-50 PAK FA saat ini. Tidak akan melihat hal seperti itu di tempat lain.

“Ada sejumlah pesawat sejenis, tapi hanya mampu terbang kedepan saja, sedangkan T-50 Rusia telah menunjukkan segalanya kemampuan di udara. Menurut saya setiap negara ingin memiliki pesawat canggih dan keunggulan manuver seperti itu dan kami memilikinya”, katanya.

T-50 (PAK FA) adalah pesawat tempur siluman generasi kelima buatan Rusia, yang telah melakukan terbang perdana pada tahun 2010. Sebelumnya di laporkan bahwa produksi massal jet siluman T-50 akan dimulai pada tahun 2017 dan memasuki layanan dengan Angkatan Udara Rusia

Menurut informasi terbaru, rangkaian tahap uji coba pesawat tersebut diharapkan selesai pada tahun 2018.

Dilaporkan sebelumnya bahwa jet tempur T-50 yang dilengkapi dengan mesin canggih baru akan melakukan penerbangan debutnya pada kuartal keempat tahun 2017. Hingga saat ini, T-50 masih menggunakan mesin tahap pertama yang disebut 117S, sementara mesin baru belum diberikan nama dan secara konvensional disebut sebagai mesin tahap kedua.

Bagikan:

  17 Responses to “Uji Terbang Tahap Awal PAK FA Berakhir di Penghujung 2017”

  1.  

    Mantap

  2.  

    Pakfa vs F-35 coming soon…

  3.  

    RI wajib borong, tapi gak pake label “akan”

  4.  

    “Hingga saat ini, T-50 masih menggunakan mesin tahap pertama yang disebut 117S, sementara mesin baru belum diberikan nama dan secara konvensional disebut sebagai mesin tahap kedua.”

    Berarti secara tdk langsung PAK FA ini nantinya akan diupgrade lg dr segi mesin?
    Pengembangan 2010 – 2017 termasuk cepat soalnya..

  5.  

    Wkkkkk….

 Leave a Reply