Jun 052016
 

Bertempat di Kharkov, Ukraina melakukan uji coba air BTR-4 Baru, “Bucephalus”, ujar keterangan pers National Academy of the National Guard, Ukraina, 2/6/2016. BTR Armored personnel carrier ini dikonfigurasi untuk keperluan Marinir dan negara yang tidak disebutkan namanya.

BTR-4 ini tampak dilengkapi dengan 4 ATGM modern, 30 mm automatic cannon dan modern fighting system yang ditanamkan ke dalam kendaraan ini.

tank btr-4  1

Negara itu adalah Indonesia. Ingat bahwa pada bulan Februari 2014, Jakarta melakukan draft kontrak akuisisi lima BTR-4 sebagai trial batch untuk Marinir Indonesia, dan mendiskusikan kemungkinan pembelian berikutnya 50 unit BTR-4 untuk Korps Marinir Indonesia.

Namun, pada bulan Mei 2014 Menteri Pertahanan Indonesia, mengatakan penolakannya atas akuisisi 50 unit BTR-4 saat meletusnya perang di Ukraina. Perjanjian untuk penyediaan lima unit BTR-4 untuk ujicoba, mungkin aktif kembali, setelah jeda panjang kevakuman.

tank btr-4 2

Armored personnel carrier ini dibangun oleh Kharkiv Morozov Design Bureau (KMDB), yang menyatakan peningkatan kemampuan dari BTR-4 terus dilakukan hingga saat ini. Antara lain memasang mesin yang baru, penambahan peralatan dan sejumlah tipe senjata lainnya. Ujicoba ini dilakukan di Saltov reservoir, Kharkov, Ukraina.

tank btr-4 3

“Hasil dari tes, saya dapat mengatakan bahwa kendaraan lapis ini dilengkapi dengan fitur hebat, untuk APC. Sangat mudah mempersiapkannya untuk bergerak di air, cukup cepat dan bermanuver selama penggerak dalam air. Kami telah berpengalaman untuk memeriksanya ke dalam air pada sudut 25 derajat. Kemampuannya yang mudah mengatasi rintangan air, membuat kendaraan lapis baja ini yang terbaik dan sangat kuat dari semua produksi Ukraina”, kata Letnan Kolonel Victor Kashpur.

Berikut video ujicoba BTR-4 yang dipublikasikan 1/6/2016 :

Korrespondent.net

Bagikan:

  31 Responses to “Ujicoba BTR-4 Ukraina dan Kelanjutan Pesanan Indonesia”

  1.  

    Lanjutkan

  2.  

    Waduh, negeri Jiran bisa panas dingin dengan alutsista TNI kita :v

  3.  

    Marhaban ya ramadhan, mohon maaf lahir dan bathin… selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalakannya….

  4.  

    yg banyk jangan ketengn belinya

  5.  

    BTR 4 udh ada di indonesia bung…hari jum.at kemarin alutsista ini di angkut oleh kendaraan transporter TNI dan lewat di jalan perak Barat menuju surabaya tol kebetulan kantor tempat saya bekerja berada di jl perak barat..ada satu yg lewat…

  6.  

    Ehihihihihii.. Lagi dan lagi Gegel@ gagal pertamax..

    Mudah2 jadi dibeli nih BTR.. Plus TOT dengan Pindad.. (NgarepBR.com)..

  7.  

    Wait and see aja dulu …

  8.  

    aku rasa pindad mau bikin yang 4?4 roda.. kan anoa hanya 3?3 roda saja.. belum lagi pindad masih kesusahan bikin anoa berenang.. mgkin ini jalan anoa 4?4

  9.  

    aku rasa pindad mau bikin yang 4?4 roda.. kan anoa hanya 3?3 roda saja.. belum lagi pindad masih kesusahan bikin anoa berenang.. mgkin ini jalan anoa 4?4

  10.  

    aku rasa pindad mau bikin yang 4?4 roda.. kan anoa hanya 3?3 roda saja.. belum lagi pindad masih kesusahan bikin anoa berenang.. mgkin ini jalan anoa 4?4

  11.  

    Jadi.. nggak…jadi..nggak….

  12.  

    Dulu katanya dibatalkan. Tapi sekarang alhamdulilah jadi beli
    Kalau bagus, beli yang banyak. Kan Marinir kita ada 3 divisi.

  13.  

    Ini hasil kerjasama saat rezim lama kayaknya…kayaknya lo….hehehe peace..

  14.  

    Saya nggak tau apa2 tentang alutsista, tapi liat yg ini jadi mendadak suka. Tampilannya elegan namun garang, pengen punya atu aja buat nongkrong, pasti keliatan keren.

  15.  

    ahoy…ahoy…ok….lah…slmt menjalnkn ibadah puasa..bagi yg menjlnkn..marhbn ya.ramadan…

  16.  

    Belinya dikit amat ya cuman lima unit doank…mudah”an ada rencana nambah lagi he..he..he…..

  17.  

    Oot :
    Running text ……. Koalisi saudi di yaman masuk DAFTAR HITAM PBB. Gmn tuh nasib tentara jaguh.?????

  18.  

    Andai tinggi panser anoa dan badak kita seperti btr-4.

  19.  

    Bagusan bomerang rusky stanag levelnya diatas btr…joint production kenapa ya jendral jendral buat sama rusky…biar gak ketengan kayak gini…
    Sedihh…kelas ketengan…

  20.  

    gahar juga klo pesannya opsi lengkap macam yg diuji coba…. buoyancy kit, pipa snorkel, ATGM, canon 30mm…marinir tambah gahar klo nambah 50 lagi…

  21.  

    PERTAMAX MATAMU SUWEX SU…….

  22.  

    Letak snorkel nya tidak menguntungkan. Mendingan BTR80A, apalagi jika dibandingkan dng BMP3F.

  23.  

    Kok sekarang susah koment yaaah

  24.  

    jika melihat video berenangnya btr-4 ini kok kelihatannya kalah gesit dibanding berenangnya anoa ya.

  25.  

    Kerren tp bagian depannya masih menggunakan kaca jd kurang sangar.

  26.  

    Jadi ingat penolakan irak karena kualitas pengelasan yg dibawah standard , harga memang murah namun kualitas jg harus diperhitungkan

 Leave a Reply