JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 242014
 

image

image

image

image

image

image

image

Kapal perusak angkut helikopter Jepang Izumo Class, telah menyelesaikan ujicoba laut tahap lainnya. Izumo yang diluncurkan 9 Agustus 2013 Merupakan kapal perusak helikopter terbesar kedua yang pernah dibangun sejak Perang Dunia ke-2. Kapal itu bergabung dengan Maritime Self- Defense Forces Jepang.

Izumo dibangun di galangan kapal Jepang Marine United di Yokohama. Selain sebagai platform anti-kapal selam, kapal ini mampu mengisi peran penting dalam pertahanan wilayah Jepang.

Dulunya Izumo adalah kapal lapis baja yang ikut dalam Pertempuran Tsushima di Selat Tsushima yang disebut sebagai pertempuran laut terakhir dan paling menentukan sepanjang Perang Jepang-Rusia (1904–1905). Izumo yang terlibat dalam perang itu sebenarnya adalah kapal perang hasil rampasan dari Inggris.

Izumo juga seperti kapal induk yang dianggap senjata ofensif. Dengan panjang 428 meter, pesawat F-35 bisa landing di kapal ini. Izumo bisa dikatakan kapal perusak yang juga kapal Induk.

Dek penerbangan dan hangar mampu menampung 14 helikopter, termasuk dua CH – 47 Chinooks. Dek penerbangan yang besar memungkinkan operasi penerbangan simultan hingga lima helikopter.

Berbagi

  34 Responses to “Ujicoba Destroyer Izumo”

  1.  

    mantaff nie klo d akuisisi…

    •  

      @tidur Siang abis solat

      dikagetkan pesawat super tucano sama PesawatJet ( g jelas , double burn )
      dilangit halim

    •  

      selamat sore

      428 meter disamarkan dengan dengan “kapal perusak angkut helikopter” 😀
      dengan panjang 400+ bisa dengan cepat diubah menjadi kapal induk sarang fighter
      ini jawaban jepang terhadap akusisi kapal induk cina

      sebagai jawaban atas pembangunan pangkalan cina di kep spratly maka lanud dan lanal ranai di natuna harus kita tingkatkan fasilitas, kemampuan dan “penghuni”nya (geser Sukhoi ke Natuna)

  2.  

    Hebat..nih Jepang dah mulai Kapal Induk lagi…..

  3.  

    ikut menyimak

  4.  

    Pt pal juga harus segera wujutkan projeknya, nkri jaya

  5.  

    Sekarang punya kapal induk

  6.  

    mantappp

  7.  

    mantab :mrgreen:

  8.  

    Kalau standar jepang seperti ini, bisa jadi roket sipil H2 sebenarnya adalah ICBM ghoib berhulu ledak nuklir

  9.  

    Indonesia juga harus sudah mulai membangun kapal sekelas ini untuk menunjang program poros maritim dunia. Indonesia juga sudah mampu membuatnya dengan platfon dasar kapal kargo Star 2000 yang Berbobot lebih dari 25,000 ton buatan PT PAL yang sudah di Ekspor ke korea dan eropa.

  10.  

    Salam kenal untuk teman2 warjager…oya para sesepuh Jakarta Greather kenapa jarang muncul…kangen juga dengan komen dan ulasanya.

  11.  

    destroyer kok modelnya kek LHD

    apa armanentnya full kek destroyer

    :mrgreen:

  12.  

    428 meter?
    Emang sepanjang itu.?

  13.  

    Calon rumah F-35 B STOVL..
    Modus yang sama juga dilakukan Australia.

  14.  

    Jempol buat jepang,,tni kapan punya gitoan,,padahal anggaranya lumayan besar,,,

  15.  

    apa kabarnya mistral made in pt pal :mrgreen:

  16.  

    “Kapal induk Izumo” dibangun atas prakarsa Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) menggantikan Kapal induk sejenis yakni Hyuga Class. Kalau dilihat sepintas Kapal induk Izumo sangat mirip dengan kapal induk konvensional pada umumnya, hanya saja jepang bermaksud lain dalam menggunakan kata Helicopter sebagai hal utama yang diangkut kapal induk ini, maksud tujuan tersembunyi jepang tersebut adalah sebagai kapal induk F35 Lighting II terbaru yang akan dimiliki Jepang dalam waktu dekat.
    Mengusung desain Flat-Top dengan panjang 248 meter dan lebar 38 m, kapal ini mampu menahan beban seberat 19.500 ton yang dipercaya dapat menggotong 14 helikopter berbagai jenis, selain itu Izumo tidak memiliki ketapel untuk meluncurkan pesawat tempur, juga tidak memiliki rampa “sky-jump” di flight decknya untuk meluncurkan pesawat bersayap tetap (fixed wing aircraft) tetapi kemungkinan besar izumo hanya akan mengakomodasi pesawat berplatform VSTOL (vertical and/or short take-off and landing ) seperti Helicopter, V22 Osprey dan F35 Lighting II.

    Selain itu untuk operasi lainnya, kapal ini mampu mengangkut 400 tentara dan 50 truck seberat @3.5 ton, dilengkapi juga dengan 2 x 21 Cell RAM yang diperca sebagai peluru kendali permukaan ke udara, 2 x 20mm Phalanx CIWS yang dikenal sebagai meriam anti peluru kendali, dan 2 x Triple 324mm topedoe. Bukan kapal induk namanya kalau Jepang tidak melengkapi Izumo dengan beberapa Sensors and processing systems canggih seperti OYQ-12 combat direction system, OPS-50 AESA radar, OPS-28 surface-search radar, OQQ-23 bow sonar dan peralatan lain seperti Electronic warfare & decoys.

    Para pejabat Jepang mengatakan kapal itu akan digunakan dalam pertahanan nasional terutama dalam peperangan anti-kapal selam dan misi pengawasan daerah perbatasan dan untuk meningkatkan kemampuan mengangkut personel & peralatan dalam menghadapi bencana alam berskala besar, seperti gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011.
    dengan tubuh yang gembrot, Izumo hanya disokong mesin berpenggerak turbine gas 4 × GE/IHI LM2500IEC yang mampu ngesot dengan kecepatan 30 knot atau 56 km/jam.

  17.  

    hadoh ganteng banget neh kapal

  18.  

    Kapal Destroyer/Induk..??

  19.  

    Mantab kapalnya …
    Dengan dibangunnya kapal induk tsb pesan tersirat dr jepang adalah mereka siap dan mampu utk melakukan peperangan diluar wilayah mereka sendiri jika terjadi perang.
    Karena tdk menutup kemungkinan proyeksi peperangan masa datang adalah ditengah lautan para armada perang saling bertemu dn adu strategi dlm acara Smackdown tsb …

  20.  

    biasa udah tau spekx sebelum d rancang,lebih hebat ramcangan kapal lhd proyek pt. pindad liat aj klo dah jadi pasti malaysia sama singpur kaget…cukup diam & tau,maaf oot

  21.  

    biasa udah tau spekx sebelum d rancang,lebih hebat rancangan kapal lhd proyek pt. pindad liat aj klo dah jadi pasti malaysia sama singpur kaget…cukup diam & tau,maaf oot

  22.  

    428 m.
    Panjang amat.
    Kpn nih RI bs bangun kapal sepanjang ini?

  23.  

    mengingatkan akan armada laut kekaisaran jepang saat WWII dimana ada siryu, hiryu, shikoku, ryukoku dll yang mampu menguasai pasifik. kebangkitan dai nippon ini kayaknya ya..

  24.  

    setegah kilometer,boong banget!!,bisa buat pendaratan antonov225 kali..

  25.  

    Nah! Kapal induk Helikopter inilah yg perlu kita miliki untuk menjaga wilayah laut kita dari segala tantangan dan hambatan dari luar NKRI

    PT.PAL pernah membuat dg skala yg lebih kecil Landing Platform Dock 125m – KRI BANJARMASIN – 592, lihat :
    – (http://www.pal.co.id/v5/product/index.php?act=detail_product&p_id=52&page=P_1)
    – (http://defense-studies.blogspot.com/2011/01/tni-perkenalkan-kri-banjarmasin-buatan.html)

    Tentunya bukan persoalan yg terlalu sulit bila PT.PAL membuat lagi dgn skala yg lebih besar dan lebih canggih, apalagi PT.PAL pun sudah berpengalaman membuat kapal2 tanker s/d 50.000 DWT, misalnya Merchant shipbuilding Star-50 yg pernah dipesan Phillipina lihat:
    – (http://www.bumn.go.id/data/uploads/gallery/50/Header%20bumn-Star%2050%20(3).jpg)

    Dengan demikian PT.PAL hanya tinggal mendesain dan memodifikasi sesuai kebutuhan TNI AL sebagai kapal induk Heli atau bisa bekerjasama dg negara2 sahabat yg sudah berpengalaman!

  26.  

    Rusia navy sptny jg pny plan tuk bkin sekelas izuma memakai platform mistral..

  27.  

    admin mana? fatal itu salah ukurannya. bobot seiprit tapi panjang sampai ngalahin USS Gerald R. Ford, emangnya dari triplek?

 Leave a Reply