Jan 042015
 
Kapal Selam serang nuklir pertama India, INS Arihant

Kapal Selam serang nuklir pertama India, INS Arihant

New Delhi: Kapal selam berkemampuan serang nuklir pertama India, INS Arihant mulai uji coba laut yang melibatkan personil angkatan laut dan ilmuwan India, 15/12/2014.

Kapal selam berbobot 6.000 ton ini, dilengkapi reaktor air bertekanan 80MW yang dirancang dan dibangun di India. Kapal ini berlayar keluar dari galangan Kapal Angkatan Laut di Visakhapatnam.

Sehari setelah ujicoba pejabat india Parikkar menegaskan, pembangunan ini sebagai “tonggak” bersejarah untuk menandai Vijay Diwas (Hari Kemenangan).

Dalam ujicoba laut ini Angkatan Udara Angkatan Laut dan India (IAF) mengerahkan masing jet tempur Mig 29Ks dan SU 30 di sekitar pelabuhan, sementara pesawat pengawasan maritim Boeing P-8I dan pesawat tempur dari pangkalan angkatan laut di Arakkonam membersihkan potensi ancaman di daerah ujicoba.

image

Senelumnya para awak kapal selam berkemampuan nuklir ini telah dilatih dan berpengalaman di mengoperasikan INS Chakra, kapal selam bertenaga nuklir India (tapi tidak serangan nuklir) yang disediakan oleh Rusia.

India berencana untuk memiliki armada lima kapal selam kelas Arihant SSBN untuk melengkapi triad nuklir mereka sebagai deteren. India memiliki doktrin “No First Use (NFU) untuk senjata nuklir, tapi apabila diserang, maka akan ada pembalasan besar-besaran terhadap musuh.

INS Arihant seharusnya keluar ke laut untuk percobaan pada semester awal 2014, namun karena kompleksitas sistem, pemeriksaan kapal dilakukan berkali-kali. Pada bulan Maret sempat terjadi kecelakaan kecil di pelabuhan, dan meskipun tidak berhubungan dengan kapal selam, namun hal itu dianggap sebagai masukan untuk pemeriksaan ulang segala sesuatunya.

Kepala DRDO Dr Avinash Chander mengatakan bahwa “rudal nuklir dan sistem tempur lainnya untuk INS Arihant telah siap karena pembangunan paralel, dan sebagai percobaan, mereka akan dipasang dan diuji satu per satu “.

India juga memiliki kebijakan No Nuclear Test setelah eksperimen mereka tahun 1998, dan untuk itu, ketika senjata onboard ditembakkan dari bawah air, mereka akan memiliki hulu ledak dummy.

Perlu diingat bahwa Rusia, sejauh ini telah meminjamkan dua kapal selam bertenaga nuklir (SSN) ke India – INS Chakra pada 1980-an – telah membantu dalam membangun reaktor nuklir miniatur untuk INS Arihant. Namun, reaktor INS Arihant dianggap sedikit kurang bertenaga, dan kapal berikutnya harus memiliki reaktor yang lebih kuat naik ke 100 mw.

Meskipun demikian, kontribusi Rusia telah diakui oleh pemerintah India berulang kali. Rusia juga membantu dalam membangun pangkalan angkatan laut di Visakhapatnam, dan bagian Mess dari pangkalan itu diberi nama Kremlin, sebagai sejarah bagi keterlibatan Rusia. (defencereviewasia.com).

Bagikan Artikel :

  55 Responses to “Ujicoba pertama kapal selam serang nuklir India”

  1. first..

  2. 1

  3. wee la dalah pertamax

  4. Nice…

  5. Jangan pd ngiri……..INA masihh sngat jauh…..! Untuk sekarang mari mimpi dulu…….

    • Indonesia??? buahahahhha…aaa..mari mimpi dan berkhayal dengan yg ghoib2 saja itu sudah cukup….Reality..salut buat india,yang maju biarlah tetap maju..yang suka ghoib biarlah terusin aja gobliknya…

      • santai aja bro kalau di Indonesia. meskipun India membuat kapal selam nuklir lebih dari !00 biji.serahkan saja sama kawan2 kita di sumatera Selatan yang terbiasa makan kapal selam setiap pagi sebagai sarapan maupun makan siang. jadi banggalah dengan NKRI meski pembuatan kapal perang dan kapal selam melalui PT. PAL bertahap tetapi pasti. salam hangat.

    • Kenapa Mesti Nuklir? kenapa yg nggak pakai Nulir Dianggap Ketinggalan?.. Alasannya apa?
      Ausy aza nggak mau pakai nuklir, malah beli Soryu Class
      Japan,korea aza pengen “Green Navy”.

  6. ikut nyimak.. no comment…

  7. india setrong, ks anti sadap (bhs india, siapa jg yg ngerti)

  8. indonesia cuma bisa mlongo sambil ngiler nya netes tes tes..
    Kita bukan negara blok om sam atau om bear.jd cuma mimpi klo kita dapat TOT dgn mudah.
    Andai saja usaha bung karno yg saat itu lengket dengan rusia d teruskan oleh rezim berikutnya,,ASIA dalam genggaman.

  9. 4x lebih berat dari U-209

  10. mamarika aje jiper ma negaranya amitamitabacan,,ttp aje indonesia tumpah darah ku, wlw pun msh bermimpi untuk trs maju dlm segala hal ,,

  11. Hanya pendapan tukang sayur aja .secara teknis kita sangat ngat besar kemungkinan untuk mampu untuk membuatnya tinggal seberapa besar komponen bangsa yang berkaitan dg itu mendukungnya . Seperti china untuk menghasilkan produk yg menurut kita katagori teknologi cukup baik seperti mesin industri madya .Dapat dikerjakan oleh suatu industri yang tingkat peralatannya setingkat dg bengkel kebanyakan di indonesia.Dan yang jauh lebih penting dia mampu memasarkan di tingkat global

  12. dengan diluncurkan ins arihat.maka ins chakra akan dialihkan rusia menjadi kri cakra.tunggu saja tangal apungnya…

  13. Tahapan pembuatan KS sdh kita mulai kok..walau untuk kelas 209..dng mulai dibangun galangan khusus KS di PT. Pal dng di bantu KorSel dng Project 3 KS CBG Class..kalau cerita Nuklir pengalaman kita sdh puluhan tahun terbukti Reaktor mini di Puspitek Serpong sdh puluhan tahun aman2 aja..hanya untk skala masif & besar di masyarakat kita sendiri kalau cerita Nuklir msh pro & kontra..tapi terakhir fusi nuklir untk Kesehatan sdh di bangun di Amerika yg diresmikan oleh Dahlan Iskan waktu itu..intinya SDM kita sebenarnya mampu hanya skrng keinginan & kemauan dari Pemerintah & Masyarakat kita sendiri terkait dng Teknologi Nuklir sdh siap blm..:)

  14. set dah yang bagus beginian pasti dari negara laen mulu, kita kapan om. serba gak jelas, kapal induk helikopter star-50 gak jelas, helikopter serang gandiwa gak jelas, IFX tenggelem, untung aje fregate sigma jadi bikin, kalo kagak gua banting nih laptop

  15. Idih….. Prinsip kayak gitu buang aja, pake prinsip yg selalu tertawa dia yg menang,…. Hahaha

  16. Bung Bapermas, walo India udah leading di lawasan asia masalah submarine nuke, Republik Indonesia harus dapat mandiri walo kelas SUB CBG sama memperbanyak pengadaan Aks Panter buat antidot subnya dan itu pt di udah bisa ebuatnya …
    Bung Jalo udah kasih realiti … hik .. hiks ..

    Merdeka

  17. mimpi dlu.. tabah sampe akhir

  18. pas buat lawan tanding chanboogo , hahahahahaha.

    • Jangan gitu dong Bung, orang terbang ke bulan berawal dari mimpi dan jadi kenyataan .. You tau sendiri bahwa didalam budaya kita khususnya budaya jawa tulen masyarakat kita bersikap ramah dan baik dgn orang lain namun kita juga siaga karena senjata keris diumpetin dibelakang punggung seperi halnya JENDERAL SUDIRMAN apalagi pimpinan kita jawa tulen jadi tak ingin pamer 2 senjata … silakan negara lainenebal sepwrti apa … he he sekedar analisa buat brang ghoib

  19. Yg penting ada ari-nya

  20. malah lucu lucuan,,
    tp benar juga,cuma ad d indo kapal selam bisa nyanyi,,Ari lasso

  21. Kita punya prinsip ” bira duniha hata bita halah hapi duniha gibi bita henang”

    Transletnya kira2 gini ” biar dunia nyata kita kalah asal dunia gaib kita menang”

    India punya ins arihat kita juga punya kri 212 astuti class pakai lambang kapak

  22. Berawal dr project changbogo.. . Perlahan lahan pasti pt.PAL mampu buat kasel yg gahar. .
    ingat slogan dr artikel bung jalo.. “anda percaya , kami pasti bisa”..
    tp jk apa yg telah dibuat oleh inhan dlm negri baik bumn maupun swasta gk di lirik ma pemerintah n user.. Y percuma , inhan qt gk bkalan maju2,. Lha wong “ngelirik” aja dh ogah, apalagi mau megang2/ngoperasiin.

  23. semua memang berawal dari mimpi, tapi kalau gak pernah terbangun dan mulai mengejar mimpi itu dan mewujudkannya jadi nyata, mimpi itu akan tetap menjadi mimpi…

  24. biasa saja

  25. Tergantung pada kemauan politik dan character SDMnya, Indonesia sangat bisa. Kalau bisanya ngeyel dan bangga dengan import brand maka Indonesia pasti banyak disukai negara2 lain sebagai consumer gemar world top brand i.e ferrary, tapi pakenya di kubangan. Radar saja tidak punya, mengontrol wilayah udara saja tidak bisa, tapi tetap bangga berfoya foya di negara yang masih mendikte gerak kita di wilayah udara negara kita sendiri. Masuk akal ngak dengan character warga negara kita?

  26. menurut hemat saya, apa yang sudah di lakukan sama tetangga kita adalah contoh untuk kita lebih optimis bahwa kita bisa melakukan apapun, karena secara hak azasi diawajibkan untuk belajar, belajar tidak harus meniru, tidak harus menciptakan, tidak juga harus membuat, optimis juga adalah bagian dari belajar, dengan optimis kita bisa meraba apa yang tampak, melihat apa yang kasat mata, menghayal apa yang tidak terlihat, wright bersaudara dan thomas alfa edison adalah bukti dari optimis, membuat adalah hasil akhir dari khayalan yang diseniergikan dengan ilmu pengetahuan.

  27. mimpi boleh2 saja, tapi klw bermimpi terus kagak bangun bangun, bagaimana tuh …. ???

  28. Untuk apa jg iri dgn India. Wajar saja ketika krisis moneter Asia akhir 1990an India tdk ikut terpengaruh jg punya anggaran militer 5 kali lipat dr kita. Kita sendiri baru membangun kekuatan militer sejak 2006 dipemulai oleh Anoa dan masih dlm proses kearah situ tp jgn ke India lebih baik patokannya Turki ato Cina

    India sukses sering bikin maenan baru nan gahar ttp sering sukses jg dlm menghancurkannya. Bayangkan saja brapa banyak insiden yang sukses melibatkan alutsista India sendiri padahal nyatanya bkn dalam kondisi perang. Contoh sejak Su30 MKI operasional total dihitung setidaknya ada 2 skuadron lenyap secara sukses gara2 insiden sprt kecelakaan, tabrakan, terbakar dll. Untuk matra laut banyak yg sukses berubah fungsi menjadi rumpon bhk rekor pd tahun 2012 ato 2013 dimana salah satunya kasel kilo berubah jd sarang ikan gara2 terbakar & tenggelam selepas maintenance.

    Maintenance & kualitas elektronik militer mereka benar2 bobrok nan mantap. Kasus radar & sonar ngaco sdh wajar sdh jadi prestasi tersendiri. Mknya kasus tabrakan sdh umum.

    Mudah2an TNI tdk perlu mengikuti prestasi India yang satu ini

    • apik mas.ga smua harus ngikut.mandeg jadi bangsa latah co.tetanga punya bgini pingin….singapuras beli ks baru..kita panas dingin ingin beli juga.padahal dengan roket r han 500 bisa kita ratakan singoporno rate taneh..

  29. Sedih….
    Kapan jkgr jd tempat belajar militer spt dulu…
    Jd tempat ibu2 ngerumpi…

  30. Disini banyak banget pasukan NASI BUNGKUS, jelas banget dari cara komentarnya.

    Mo masalah itu cuma impian, barang ghaib, toch kalaupun Indonesia sudah bisa membuat memang perlu dikasih tau ke anda-anda semua.

    Lach EMANK KALIAN INI SIAPA?

    Pasukan NASI BUNGKUS, Stop ngebohongin orang terus,

  31. Mau nangis rasanya mengetahu India udah punya KS serang nuklir, dibuat di negaranya sendir pulak.
    Pdhl yg paling gue tau soal India paling kasus2 pemerkosaannya ama film2nya doang
    Lah, Indonesia ? flagshipnya aj masih kelas korvet CMIIW, blom lagi isu2 alutista2 ghoib yg ikut memperkeruh kenyataan.
    Tapi yasudahlah, tabah sampai akhir 🙂

  32. Gw gak terlalu yakin indo punya sejata ghoib yg dlm hayalan penulis (………) tapi gw yakin 1.000.0000… % sdm indo mampu membuat senjata yg lebih dari crita2 ghoib. Cuma pemimpinnya blm mau…selama korupsi ms merajalela… pimpinan kurang nasionalis. Peliharalah mimpi anda… minimal anda bs tenang dlm mimpi…. sdm indonesia sangat hebat dan mampu syang pemimpinnya selama ini….smoga yg sekarang lebih baik…..(walau kemaren gak milih dia)

    Jayalah NKRI ku tercinta……

 Leave a Reply