Jun 262017
 

Tank tempur utama (MBT) T-84 Oplot-M buatan Ukraina. © Moo Pheromon’s

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC) Ukraina, yaitu Oleksandr Turchynov menginformasikan bahwa pemerintah akan membeli setidaknya 10 unit tank tempur utama Oplot baru pada tahun 2018.

“Pesanan pertahanan negara untuk tahun depan harus mencakup pengambil-alihan setidaknya 10 unit tank Oplot”, kata Turchynov saat kunjungan kerja ke wilayah Kharkiv, 23 Juni.

Diwilayah Kharkiv, Sekretaris NSDC mengunjungi Pabrik Biro Desain Mesin Malyshev yang berbasis di Kharkiv dan ambil bagian dalam sesi perluasan Dewan Militer Garda Nasional Ukraina.

Tank tempur utama (MBT) Oplot dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB) untuk Angkatan Bersenjata Ukraina. Tank tempur utama tersebut dapat menghancurkan target berbasis darat dan pesawat yang terbang diketinggian rendah, sambil menawarkan perlindungan yang superior dan mobilitas tinggi untuk pasukan.

Kementerian Pertahanan Ukraina melantik MBT Oplot ke dalam layanan pada tahun 2009. Pada bulan September 2011, Angkatan Darat Kerajaan Thailand memesan 49 MBT Oplot-T melalui perusahaan dagang UkrSpetsExport.

  9 Responses to “Ukraina Akan Membeli 10 Unit T-84 Oplot-M Tahun 2018”

  1. Bentuknya tdk meyakinkan…. :sorry :games

    • Emang MBT nyang meyakinkan bentuknya macam mana bang Cendol ??

      • Bung @cendol kelamaen jawabnya…ane wakilin bung col….mksud bung cendol yg paling meyakinkan itu ya armata td dong bung, kan doi mbt terkuat sejagad, klo abrams mah mbt ternorak sejagat…xixi apalagi oplot, mbt terjelek sejagat…

        • Wah… berarti ini masalah sekera ya bung yg baik…..

          Terus terang ana kagak suka model Armata, ana lebih suka sama bentuk MBT Merkava 4…… bentuknya keliatan ngeyel banget, macam yg bikin tank !!…

          :ngakak

    • Maksudya kang Cendol, bentuk tank yg meyakinkan itu jika dilengkapi dg AIP (air independen propulsion) kali?

      Jika tidak salah (berarti benar) untuk negara asia tenggara yg mengoperasikan tank potlot eh oplot adalah Thailand, sementara Malaysia cukup bangga dg tank Pendekar, yg aslinya adalah tank PT-91Twardy buatan Polandia. Tidak jelas, apakah itu suatu kebetulan atau kesengajaan, Polandia sbg produsen PT-91 Twardy bertetangga dg Ukraina produsen Oplot sementara di asia tenggara pemakai Oplot dan Twardy juga bertetangga, yakni Thailand dan Malaysia. Andai (ini andai loh) Thailand dan Malaysia sampai bentrok dg menggunakan tank masing-masing barangkali sangat asyik melihat tank Oplot beradu gulat melawan tank Pendekar (Twardy). Nanti bisa dilihat atau dirumuskan, siapa yg paling jaguh mengadu strategi dan taktik antara awak tank Oplot melawan awak tank Pendekar, juga bisa dirumuskan tank mana yg lebih batel propen dilihat dari tingkat kehancuran yg dihasilkan serta berbagai kemampuan masing-masing tank. Barangkali tank Oplot lebih batel propen dlm kerangka dan pelapis bajanya shg peluru dari tank Pendekar selalu mental walau sdh menyentuh badan tank Oplot, dilain pihak sesuai namanya Pendekar, tank Pendekar sangat lincah dan gesit bak pendekar silat, meliuk-liuk menyodok tank Oplot dari belakang, samping bahkan bawah. Sekuat-kuatnya baja tank Oplot jika disodok terus-terusan tentu akan peyot juga…
      :takut

  2. Barang ukraine kagak moncer, ga lg2 deh beli disono, btr 4m aja trlalu dipaksakan belinya…akhirnya ga ditambah kan??Mending btr 80a kemana-mana deh,..

    • Eit… jangan salah abang yg baik, Oplot M masuk 10 besar tank terbaik dunia loh……… !!??….

      Tau tuh yg bikin survey siapa ??…. :ngakak

      • Iya sih abang yg soleh…tp ane kagak suka tuh ama oplot, ga yau napa…xixix bener berarti urusan selera nie, klo ane dr tampilan keseluruhan ane suka model dr lecrec, tp dr tampak belakang ane suka leopard dan dari segi kekuatan ane suka armata serta dari kegantengan ane suka t90s…gmn gitu ganteng bgt tank nya…xixi

 Leave a Reply