JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 172018
 

Sistem rudal permukaan-ke-udara S-300V1 (SA-12 Gladiator) Angkatan Bersenjata Ukraina © Ukraine MoD

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Ukraina pada tanggal 12 April 2018 lalu, mengumumkan bahwa Ukraina berencana untuk memodernisasi dan mengembalikan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S-300V1 alias SA-12 Gladiator / Giant ke layanan, seperti dilansir dari laman Kemenhan Ukraina.

Menurut pengumuman di situs resminya, Ukraina saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk bisa meningkatkan sistem pertahanan udara S-300V1 yang unik, menyediakan pertahanan terhadap rudal balistik, rudal jelajah dan pesawat.

Sistem rudal permukaan-ke-udara S-300V1 (SA-12 Gladiator) Angkatan Bersenjata Ukraina © Ukraine MoD

Menteri Pertahanan Ukraina Stepan Poltorak mengatakan bahwa mereka kini sedang membahas isu untuk memodernisasi dan menyebarkan S-300V1, Kub, Tor dan sistem pertahanan udara lainnya.

“Selama pertemuan resmi, telah diputuskan tentang bagaimana caranya memodernisasi sistem pertahanan udara Angkatan Bersenjata Ukraina”, catat Stepan Poltorak.

S-300V1 adalah satu-satunya sistem pertahanan udara canggih yang dikembangkan untuk memberikan kemampuan penting dimedan tempur dan wilayah belakang serta pusat administrasi dan politik negara. Sistem ini bukanlah bagian dari S-300, termasuk yang dirancang oleh pengembang lain.

Dibangun oleh Antey bukannya Almaz, dan rudal 9M82 dan 9M83 dirancang oleh NPO Novator. Suffix V adalah singkatan dari Voyska yang berarti Angkatan Darat. S-300V1 dirancang untuk membentuk lapisan sistem pertahanan udara tingkat atas, yang akan menyediakan pertahanan terhadap rudal balistik, rudal jelajah dan pesawat terbang.

Sistem persenjataan S-300V1 terdiri dari kendaraan pos komando, radar pengawasan menyeluruh, radar pemindaian sektor, hingga 4 radar pemandu rudal, dan hingga 24 kendaraan peluncur. Ini bisa melibatkan helikopter dan pesawat terbang di ketinggian mulai dari 25 hingga 30.000 meter, sasaran ber-RCS rendah seperti kendaraan udara tak berawak, pesawat siluman, rudal jelajah supersonik dan subsonik.

S-300V1 dapat menyerang hingga 24 target secara bersamaan dengan 48 rudal 9M83 (dua rudal per target).

Bagikan:

  14 Responses to “Ukraina Akan Upgrade Sistem Rudal S-300V1”

  1.  

    S-300 Long Range Surface to Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=Nrtm1dKjrAo&t=26s

  2.  

    https://www.youtube.com/watch?v=so8jly1VTNA MENJADI PEMBELAJARAN BUAT INDONESIA, NEGARA YANG SIAP MENERIMA ANCAMAN DARI AGRESOR ADALAH NEGARA YANG MEMPUNYAI SISTEM PERTAHANAN UDARA YANG KUAT!!

  3.  

    Berharap pemerintah bisa mempertimbangkan payung udara dari ukraina. Walaupun gak secangkir milik Rusia, tapi ukraina mewarisi ilmu dari Rusia, baik tank, pesawat, kapal ataupun rudal. Bahkan mesin fregat pun dari Rusia. Semoga bisa di akuisisi dan mendapat TOT demi kemajuan rhan

  4.  

    Boleh jg dibeli lisencinya agar sesudah dpt ilmunya bs memgembangkan sendiri dan meningkatkan kecanggihannya secara bertahap sesuai perkembangan teknologi terkini dan terdepan!he3.ngimpi.com

  5.  

    Saya memang mengakui jika industri hulu di Indonesia relatif tertinggal, kalau dibandingkan industri hilir di indonesia. Kalau industri hilir itu kan kita bisa bicara tentang Pindad, Pal, dan sebagainya. itu adalah industri hilir. Artinya industri yang memang memproduksi sesuai yang langsung digunakan,” tutur Ade.

    Kemudian untuk total bahan baku yang digunakan oleh PT Pindad adalah 70 persen berasal dari impor sedang sisanya dari dalam negeri.

    Ternyata kandungan lokal produk Pindad masih 30%. Gak kebayang nantinya IF-X bakal memiliki lokal berapa %

    Apakah mesti bangga? Ya, saya bangga tapi…. dengan “banyak catatan”

  6.  

    Indonesia butuh rudal sekelas s300 dan s400 beserta teknologi nya, tp itu sulit terjadi kecuali dgn triks alih teknologi yg disamarkan, biar amrik gak sewot

    Kalau beli dan belajar dari amrik gimana?? Kagak lah yauuw … emangnya kita sdh terlalu bodohkah? xixixi

  7.  

    Indonesia butuh rudal sekelas s300 dan s400 beserta teknologi nya, tp itu sulit terjadi kecuali dgn triks alih teknologi yg disamarkan alias ngumpet, biar amrik gak sewot

    Kalau beli dan belajar dari amrik gimana?? Kagak lah yauuw … emangnya kita sdh terlalu bodohkah? xixixi

  8.  

    Pasti susah beli senjata dari ini negara soalnya harus izin ASU dulu

 Leave a Reply