Agu 112018
 

Angkatan Bersenjata Ukraina memperkuat pertahanan udara dan pertahanan rudal mereka dengan mengaktifkan kembali S-300V1, sistem pertahanan udara strategis yang unik © Youtube

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Ukraina telah memperkuat pertahanan udara dan pertahanan rudal mereka, dengan mengaktifkan kembali S-300V1, sistem pertahanan udara strategis yang unik, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Setelah runtuhnya Uni Soviet, dua unit militer yang dilengkapi dengan sistem anti rudal balistik S-300V1 berakhir di Ukraina.

Brigade rudal anti-pesawat ke-25 (A1181) dikerahkan di Stryi, wilayah Lviv dan Brigade rudal anti-pesawat ke-137 (A3024) di Uman, wilayah Cherkasy. Secara bertahap, kedua brigade yang dipersenjatai dengan sistem S-300V1 telah dibubarkan dari tahun 2002-2012, meskipun ada protes dari pihak militer.

Sejak tahun 2014, ketika sejumlah besar sistem pertahanan udara Ukraina tidak bisa beroperasi, ada dorongan kuat untuk mengembalikan sistem S-300V1 yang dirancang untuk melumpuhkan rudal balistik jarak pendek, jarak menengah, aeroballis dan rudal jelajah.

Semua sumber daya Ukraina difokuskan untuk memperbaiki dan memulihkan sistem yang ada yang mampu menahan ancaman dari sistem rudal Iskander dan rudal Kalibr Rusia.

Fitur unik sistem pertahanan udara S-300V1 terdiri dari satu-satunya sistem anti rudal balistik mobile yang sesungguhnya di dunia. Sistem S-300V1 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh multi-kanal. Sistem ini dapat memberikan pertahanan teater dan pertahanan udara yang efektif.

Sistem S-300V1 ini memiliki kekebalan yang tinggi terhadap jamming, oleh karena itu mampu menjatuhkan target udara dalam ECM berat dan serangan balasan, dalam segala cuaca, siang dan malam. Hanya sistem jenis ini yang dapat mengusir serangan rudal balistik atau jelajah jarak dekat dan menengah.

S-300V1 dimaksudkan untuk mengalahkan rudal balistik taktis dan jarak menengah, serta target aerodinamis pada jarak hingga 200 km. Sistem rudal ini dipasang pada kendaraan berlapis baja berantai dilengkapi dengan catu daya dan sistem navigasi mandiri, serta peralatan survei dan penentuan posisi.

Bagikan:

  5 Responses to “Ukraina Aktifkan Lagi Sistem Rudal S-300V1”

  1.  

    .. udah pada gak rebutan pertama ya

  2.  

    kl sy coment pertama biasa baenlah.
    ga ada untungnya bos.
    kn cuma buat tambah wawasan sj.

  3.  

    Korban tekanan AS terpaksa dulu di non-aktifkan, eh sekarang saat Krimea bermasalah dan AS cuma “NATO” akhirnya ni hanud dipakai lagi…

  4.  

    Karena Ukraina itu berusaha melawan takdir… takdir mereka adalah bersekutu dengan Russia apapun situasinya… memilih bersekutu dengan negara2 barat hanya akan menempatkan Ukraina dalam situasi yang kacau balau… mereka memang memiliki beberapa faktor kunci dari sistem militer Russia tetapi mereka harus sadar kalau Russia akan bisa menggantikannya, dan justru berbalik mereka akan sulit mendapatkan dukungan seperti dari Russia bahkan meskipun itu dari barat… apalagi Trump lagi getol dengan jargon Pay back…

  5.  

    S-300 Long Range Surface to Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=Nrtm1dKjrAo

 Leave a Reply