Aug 312018
 

Peluncur rudal permukaan-ke-udara Patriot di Fort Bliss, Jerman. © Mark Halloway via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat Valeriy Chaly mengumumkan pada 28 Agustus bahwa pemerintah akan berusaha membeli sistem pertahanan rudal modern dari Amerika Serikat.

Dalam wawancara dengan Radio NV, Ukraina, Valeriy Chaly mengatakan bahwa Ukraina telah menanyakan kemungkinan penjualan sistem pertahanan rudal dari Amerika Serikat.

“Ukraina telah menanyakan secara resmi kepada Washington untuk kemungkinan penjualan sistem pertahanan rudal senilai US $ 750 juta per unit, yang diperlukan setidaknya untuk 3 kompleks militer Ukraina”, kata Valeriy Chaly.

Duta besar pun menambahkan bahwa permintaan yang relevan ini diutarakan dalam pertemuan tingkat tinggi Presiden Ukraina dan Amerika Serikat di Brussels, serta saat pertemuan dengan  penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump, John Bolton.

Sejumlah ahli menyatakan pandangan berbeda tentang masalah ini. Diasumsikan bahwa Ukraina meminta kemungkinan penjualan “sistem pertahanan rudal” Patriot untuk menggantikan sistem rudal S-300PT dan S- 300PS yang menua.

Ukraina berencana menggunakan sistem rudal Patriot untuk memperkuat pertahanan negaranya dan mencegah ancaman regional. Sistem pertahanan rudal Patriot adalah fondasi pertahanan udara dan pertahanan rudal bagi 15 negara didunia.

Sejak Januari 2015, Patriot telah mencegat lebih dari 100 rudal balistik dalam operasi tempur di seluruh dunia, lebih dari 90 pencegatan tersebut telah melibatkan rudal permukaan-ke-udara berbiaya rendah buatan Raytheon.

Raytheon telah membangun lebih dari 220 unit kendaran peluncur Patriot dan mengirimnya ke pelanggan di 15 negara. Banyak dari negara-negara tersebut telah memilih untuk memanfaatkan arsitektur fleksibel Patriot dan meningkatkan sistem mereka.

  3 Responses to “Ukraina Ingin Membeli Sistem Pertahanan Udara dari AS”

  1.  

    patriot sudah battleproven, sudah cegat 100 rudal.

    s-400 yg dibanggakan panasboy bisa terbang sampai kelangit ketujuh, diharapkan bisa cegat 1001 rudal hanya dengan 1 rudal s-400. scorenya masih nol.

    s-500 yg dibanggakan panasboy juga belum klihatan bentuknya, tpi diklaim bisa jatuhkan semua target. scorenya masih nol.

    ini kenyataan.

 Leave a Reply