Jul 112017
 

Main Battle Tank (MBT) T-84 Oplot-P buatan Ukraina yang dirancang untuk Pakistan. © Ukraine Defense Minister

Delegasi Kementrian Pertahanan Pakistan, dipimpin oleh Jenderal (Purn) Zamir ul Hassan Shah, secara resmi mengunjungi Ukraina untuk menghadiri pertemuan komisi gabungan di bidang produksi pertahanan dan militer, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menteri Pertahanan Pakistan juga telah mengunjungi SE Malyshev Plant di Kharkiv dimana ia diperkenalkan dengan produksi kendaraan lapis baja modern Ukraina. Dia menyebutkan bahwa Pakistan menghargai hubungannya dengan Ukraina dan yakin bahwa hubungan itu akan semakin erat seiring dengan waktu.

Beberapa sumber melaporkan bahwa Ukraina sekarang berada di ambang penandatanganan kesepakatan untuk menyediakan tank tempur utama terbaru dan upgrade kepada Pakistan.

Pada bulan April, “Delovaya Stolitsa” mewawancarai Duta Besar Pakistan untuk Ukraina Mayjend (purn) Athar Abbas, mengatakan bahwa Pakistan tertarik membeli 100 unit MBT Oplot-P dari Ukraina. (versi ekspor untuk Pakistan).

Pada akhir Mei, “Podrobnosti” melaporkan tentang SE Malyshev Plant telah menyelesaikan tank tempur utama Oplot-P yang ditujukan untuk Pakistan, dan perlu pengujian lagi sebagai bagian dari tender. Pakistan telah melakukan uji coba terhadap tank Oplot-M pada 2015.

Menteri Pertahanan Pakistan Letjend (Purn) Zamir ul Hassan Shah saat kunjungan resmi ke Ukraina. © Ukraine Defense Minister

Awalnya, pemerintah Pakistan telah menandatangani sebuah kesepakatan dengan Ukraina untuk memasok 200 unit mesin untuk tank tempur utama (MBT) Al Khalid, menurut salah satu pejabat pertahanan Pakistan.

Menurut laporan media Ukraina, Ukraina dan Pakistan juga telah mulai menerapkan hasil kesepakatan bilateral untuk melakukan upgrade MBT T-80UD militer Pakistan.

Kantor berita Ukraina, Interfax juga telah mengungkap bahwa perwakilan dari kontraktor pertahanan terbesar milik negara Ukraina telah bertemu dengan pejabat industri pertahanan Pakistan dalam Pameran dan Konferensi Pertahanan Internasional tahun ini di Abu Dhabi dan menyimpulkan sejumlah kesepakatan.

Menurut dua kontrak yang ditandatangani, Ukraina dijadwalkan untuk memasok 88 sistem pengamatan tank dan memulai sebuah proyek percontohan untuk perombakan batch awal dari 5 uniy MBT T-80UD Angkatan Darat Pakistan. Dan semua tergantung pada kepuasan Islamabad dengan pekerjaan upgrade pada 5 tank pertama, yang mencakup keseluruhan inventarisasi militer sekitar 300 unit MBT T-80UD.

Menteri Pertahanan Pakistan Letjend (Purn) Zamir ul Hassan Shah berkunjung ke pabrik perakitan kendaraan lapis baja SE Malyshev Plant di Ukraina. © Ukraine Defense Minister

 

Menteri Pertahanan Pakistan Letjend (Purn) Zamir ul Hassan Shah berkunjung ke pabrik perakitan kendaraan lapis baja SE Malyshev Plant di Ukraina. © Ukraine Defense Minister

Bagikan:

  2 Responses to “Ukraina-Pakistan di Ambang Penetapan Kesepakatan Baru”

  1.  

    seharusnya Tank KAPLANT menjadi tank tempur yang sudah siap memasuki industri penjualan walau baru protetipe “KAPLAN” Tank Eropa Rasa Rangger ASIA gmana hehehee

  2.  

    MBT al khalid ini nasibnya masih lebih bagus daripada MBT tetangganya arjun… Sekarang lagi digodok lagi arjun mark2…blom jelas Apakah kira2 ditolak lagi nanti xixixi

 Leave a Reply