Mar 062018
 

Purwarupa tank tempur utama T-84BM Oplot buatan Ukraina. © Victor Dashkiyeff (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pemerintah AS telah mencapai kesepakatan dengan badan ekspor senjata Ukraina (UkroBoronExport) untuk mendapatkan tank tempur utama Oplot, seperti dilansir dari laman media Oboronno PK.

Pabrik Malyshev yang berada di Kharkiv akan menyiapkan satu tank Oplot untuk Amerika Serikat. Adapun pengiriman tank Oplot akan dilakukan oleh perusahaan eksportir khusus UkroBoronExport.

Sumber publikasi menyatakan pengiriman tank Oplot ini merupakan prospek masa depan.  Menurut dia, Amerika tertarik untuk mempelajari teknologi Ukraina dan sedang mempertimbangkan kerjasama teknis-teknis masa depan dengan Kyiv.

Tank tempur utama Oplot adalah kendaraan tempur berantai yang punya daya tembak tinggi, proteksi yang andal dan mobilitas tinggi. Tank Oplot dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB) untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

MBT Oplot-M dilengkapi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) generasi terbaru, yang melindungi tank dari serangan hulu ledak tandem. Tank telah dilengkapi dengan sistem penanggulangan Shtora, untuk mengurangi resiko terkena serangan senjata anti tank yang dilengkapi dengan pemandu semi otomatis.

Tank tempur utama Oplot-M ini dipersenjatai dengan senjata smoothbore kaliber 125 mm dan dilengkapi autoloader tipe karosel. Tank ini bisa menembakkan rudal anti tank 9K119M Reflex (NATO menyebutnya AT-11 Sniper-B).

Perlu dicatat sebelumnya bahwa Ukraina bukan kali ini saja memasok tank ke AS. Pada tahun 2003, Pemerintah AS juga telah memperoleh empat tank tempur utama T-80 UD dari Ukraina. Keempat tank T-80UD tersebut tiba di Pusat Uji Aberdeen Angkatan Darat AS antara Desember 2003 dan Januari 2004.

Bagikan:

  43 Responses to “Ukraina Sepakat Ekspor Tank Oplot ke AS”

  1.  

    Kirim jg ke Indonesia

  2.  

    secara sistematis teknologi dari blok timur akan dioplos dengan teknologi blok barat

    •  

      oplos bagaimana,,,,,oplot adalah tank tua yg terbaik di eropa…tua desainnya tapi upgradenya paling canggih jika dibandingkan dgn tank modern seperti leopard dll…….

      utk tank vs tank saya masih meragukan kualitas oplot,,,,tapi jika bekerja sendiri kualitas ERA punya ukraina bisa di acungi jempol…….

      •  

        ya keunggulan tank dari blok timur salah satunya ukraina ini bung WI
        yang belum ada di tank blok barat
        lalu di oplos oleh pihak barat untuk mendapat posisi terunggul antar tank
        tentu saja masih posisi di atas kertas menunggu pembuktian nyata di medan tempur

  3.  

    untuk mendapatkan kemampuan tertinggi tank oplosan ini tidak segan segan pihak barat mengajak kerjasama pengembangan dan kalau perlu beli lisensi sekalian untuk mendapat dominasi yang memadai

    •  

      Pembelian 1 unit ini adalah untuk :
      1. training sebagai simulasi musuh, sudah ada beritanya di sana sebagai opposite / agrresor scenario.
      2. kaitannya nomer 1 , memang akan di oprek teknologi musuh, bukan berarti USA ambil teknologi nya, tetapi lebih mempelajari tingkat teknologi musuh dan kemungkinan teknologi yang dimiliki USA bisa diterapkan
      3. arah pengembangan MBT USA ke depan adalah medium tank, dimana beralih dari MBT 60 ton ke MBT 30-40 ton. Oplot terbaik di kelas ini.

  4.  

    Hahaha. Sebagai Imbal Dagang Atas Javelin Teknologipun Di Korbanin. 😆

    #Peace.

  5.  

    hanya terawangan
    maaf bila tidak tepat