Mar 062018
 

Purwarupa tank tempur utama T-84BM Oplot buatan Ukraina. © Victor Dashkiyeff (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pemerintah AS telah mencapai kesepakatan dengan badan ekspor senjata Ukraina (UkroBoronExport) untuk mendapatkan tank tempur utama Oplot, seperti dilansir dari laman media Oboronno PK.

Pabrik Malyshev yang berada di Kharkiv akan menyiapkan satu tank Oplot untuk Amerika Serikat. Adapun pengiriman tank Oplot akan dilakukan oleh perusahaan eksportir khusus UkroBoronExport.

Sumber publikasi menyatakan pengiriman tank Oplot ini merupakan prospek masa depan.  Menurut dia, Amerika tertarik untuk mempelajari teknologi Ukraina dan sedang mempertimbangkan kerjasama teknis-teknis masa depan dengan Kyiv.

Tank tempur utama Oplot adalah kendaraan tempur berantai yang punya daya tembak tinggi, proteksi yang andal dan mobilitas tinggi. Tank Oplot dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB) untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

MBT Oplot-M dilengkapi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) generasi terbaru, yang melindungi tank dari serangan hulu ledak tandem. Tank telah dilengkapi dengan sistem penanggulangan Shtora, untuk mengurangi resiko terkena serangan senjata anti tank yang dilengkapi dengan pemandu semi otomatis.

Tank tempur utama Oplot-M ini dipersenjatai dengan senjata smoothbore kaliber 125 mm dan dilengkapi autoloader tipe karosel. Tank ini bisa menembakkan rudal anti tank 9K119M Reflex (NATO menyebutnya AT-11 Sniper-B).

Perlu dicatat sebelumnya bahwa Ukraina bukan kali ini saja memasok tank ke AS. Pada tahun 2003, Pemerintah AS juga telah memperoleh empat tank tempur utama T-80 UD dari Ukraina. Keempat tank T-80UD tersebut tiba di Pusat Uji Aberdeen Angkatan Darat AS antara Desember 2003 dan Januari 2004.

Bagikan :

  44 Responses to “Ukraina Sepakat Ekspor Tank Oplot ke AS”

  1.  

    Kirim jg ke Indonesia

  2.  

    secara sistematis teknologi dari blok timur akan dioplos dengan teknologi blok barat

    •  

      oplos bagaimana,,,,,oplot adalah tank tua yg terbaik di eropa…tua desainnya tapi upgradenya paling canggih jika dibandingkan dgn tank modern seperti leopard dll…….

      utk tank vs tank saya masih meragukan kualitas oplot,,,,tapi jika bekerja sendiri kualitas ERA punya ukraina bisa di acungi jempol…….

      •  

        ya keunggulan tank dari blok timur salah satunya ukraina ini bung WI
        yang belum ada di tank blok barat
        lalu di oplos oleh pihak barat untuk mendapat posisi terunggul antar tank
        tentu saja masih posisi di atas kertas menunggu pembuktian nyata di medan tempur

  3.  

    untuk mendapatkan kemampuan tertinggi tank oplosan ini tidak segan segan pihak barat mengajak kerjasama pengembangan dan kalau perlu beli lisensi sekalian untuk mendapat dominasi yang memadai

    •  

      Pembelian 1 unit ini adalah untuk :
      1. training sebagai simulasi musuh, sudah ada beritanya di sana sebagai opposite / agrresor scenario.
      2. kaitannya nomer 1 , memang akan di oprek teknologi musuh, bukan berarti USA ambil teknologi nya, tetapi lebih mempelajari tingkat teknologi musuh dan kemungkinan teknologi yang dimiliki USA bisa diterapkan
      3. arah pengembangan MBT USA ke depan adalah medium tank, dimana beralih dari MBT 60 ton ke MBT 30-40 ton. Oplot terbaik di kelas ini.

  4.  

    Hahaha. Sebagai Imbal Dagang Atas Javelin Teknologipun Di Korbanin. 😆

    #Peace.

    •  

      selamat sore bung Jimmy
      apa betul ini bung Jimmy yang dulu
      kalau betul semoga anda tetap sehat dan semakin baik baik saja

    •  

      Betul jg, tapi kok cuma sebiji yg dikirim ke AS guna untuk dipelajari teknologinya padahal Abrams kan canggih! Atau untuk referensi mengetahui teknologi eks soviet kemungkinan ada kemiripan dgn Tank3 Rusia terutama Armata.he3. Asal njeplak.

      •  

        Kemungkinan besar seperti itu, sama dg pembelian Su-27 bekas Ukraina dulu.

        •  

          Menurut saya karena Ukraina sebenarnya sedang dalam situasi yang berat, ga punya uang, negerinya sedang bermasalah, bahkan disinyalir kekurangan tenaga ahli yang mumpuni dan kualitas produksi yang buruk…
          Satu2nya hal yang masih memiliki hubungan dengan Russia adalah Oplot… karena basisnya dari T-72 dan mungkin sejenis dengan T-80 yang merupakan versi sebelum keluarnya T-90…
          Hanya ini yang bisa dijadikan alat tukar Ukraina, karena tidak ada lagi yang lebih baik yang bisa dijadikan alat tukar…
          Jangan2 malah mengincar autoloadernya…

      •  

        Itu supaya hubungan amerika & ukraina itu tetap membaik, jd tank oplos itu cuma formalitas saja

        Hahhaahaaaa

      •  

        aduh bang biji mane ini……..tank M1 / Leo memang tank terkuat. tapi dalam artian jika tank tersebut ditembak oleh peluru dari meriam. kalok ditembak pake ATGM ya tetep aja loyo.

        tank oplot yg katanya pakai ERA terbaru dan dilengkapi pelindung ATGM tentu saja mampu bertahan dr serangan ATGM, tapi jika melawan tank bisa saja loyo.

        semua itu ada kelebihan dan kelemahannya. kgk ada yg sempurna………T-90 aja loyo di suryah…..tapi semua tergantung fansboy aja mau nerimo apa legowo……..

        •  

          Lho Yg Jelas Suriah Membuktikan Bahwa T-90 Kebal Dari TOW Dgn Kontkant Dan Shtoranya. 😛

          •  

            Justru di Suriah yang diturunkan T-90A versi yang dimiliki oleh Russia, dan terbukti dihajar sama TOW masih berujud, seperti ledakan terjadi bukan pada body Tank, sudah begitu crewnya terlihat jelas keluar dengan selamat dari Tank… dan hanya itu yang jelas2 bisa di verifikasi tentang hit T-90…

        •  

          Mungkin tuh operator tank pas mau perang gak buka2 primbon dulu cari hari baik agar gak apes!he3.canda. Jgn sekarang sulit mengaku2 paling kuat dan canggih karena setiap senjata ampuh pasti dicari juga lawan setanding jg antidotnya!he3

        •  

          Bung WI tdk slh, bung andre jg bener. Cm saling ga nyambung aja. Yg di maksud di pelajari teknologinya oleh bung andre bkn berarti secara keseluruhan. Saya pikir as beli 1 pst utk di pelajari walaupun bkn scr keseluruhan. Yg di pelajari as apa yg tdk ataw blm mereka kuasai aja. Agar mereka bs membuat tank terbaik dr yg terbaik secara utuh. Tank2 barat pny kelebihan tp jg pny kekurangan yg mgkn jln keluarnya ada pd tank buatan timur. Ini bkn berarti tank buatan timur lbh unggul secara keseluruhan atas tank barat, dan tank barat lbh unggul scr keseluruhan dr tank timur. Moga di maklumi oleh orang2 tenggara. Kkk …

    •  

      Jadi ekspor S-400 ga??

    •  

      nggak salah nie… amerika raja teknologi canggih beli oplot, apagunanya ngeblok ke usa klu nggak dpt pertolongan, tank oplot thailand gimana?

      •  

        Tank oplot Thailand baik2 saja bung, lumayan bs jd objek selfi.he3. Tanknya bagus tapi QCnya buruk malah menjatuhkan nama baik Ukraina.

        •  

          Bagaimana dgn Tank buatan Polandia ya? Klu tdk salah kan dulu dijadikan basis produksi Tank Uni Soviet dan era buk Mega sempat jg melirik Tank Polandia, kok gak kedengaran lg ya?

        •  

          T-72 buatan polandia terkenal yg paling buruk, dulu pernah dpt ToT dan blueprintnya. tpi ruski kgk ngasih blueprint materialnya, otomatis polan, memproduksi tank dgn material lokal buatan mereka sendiri, dan hasilnya tak secantik yg kau kira.

        •  

          tapi utk yg PL-1 itu dikembangkan sesuai dgn standar nato, tank stealth yg modern, cocok utk org kaya. kgk cocok buat yg kantongnya loyo.

        •  

          Kata jimsul yg bangkit dari kubur? Ketertarikan as dengan tank oplos dikarnakan amerika mau mengupgrade tank abramsnya atau mmbuat tank terbaru dari penganalisaa dulu teknologi oplos

        •  

          Mereka mau membuat pesaing Armata… dan itu hanya bisa didapatkan kalau mereka memiliki sistem autoloader… dan untuk saat ini hanya Tank Russia, Leclerc Prancis, China , K2 Korsel ( basic Leclerc ), ukraina yang menggunakan sistem autoloader… dan bisa dilihat yang berbasis Tank Russia/USSR menggunakan sistem autoloader, dan hanya Prancis
          (NATO) dan turunanya di K2 Black Panther Korsel yang menggunakan sistem auto loader…

        •  

          Wah, kenapa begitu bung Yuli, ntar katanya cepet panas lho meriamnya… Trus katanya klo macet autoloadernya gimana?

        •  

          Bukankah Tank PL-1 itu kerjasama Polandia sama BAE ya,… Yah kalo sama BAE sih ane percaya bisa terwujud.

    •  

      hahaha imbal dagang ?
      amrik kgk pake imbal dagang. bung jim lupa ya……di amrik kgk ada sistem offset…
      kalau mau kasih pemanis langsung ngomong ke pejabatnya ajah.

  5.  

    hanya terawangan
    maaf bila tidak tepat

  6.  

    T-84 Oplot – Ukrainian main battle tank (MBT)

    https://www.youtube.com/watch?v=PBW9F3smsPc&feature=youtu.be

 Leave a Reply