Ukraina Sukses Uji Roket Berpemandu Baru

Roket baru diluncurkan dari peluncur swagerak 9K58. (Sumber: Defence Blog)

JakartaGreater.com – Pada tanggal 22 Desember, angkatan bersenjata Ukraina berhasil menguji roket permukaan-ke permukaan berpemandu dengan presisi tinggi di daerah pembuktian militer di wilayah Odesa, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menurut Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksandr Turchynov, tes ini mengakhiri seluruh tahapan proses pengembangan dan produksi rudal Ukraina.

“Sekarang kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa Ukraina memiliki senjata rudal kuat terbaru, yang akan menjadi argumen yang valid untuk pencegahan para penyerang”, tutur Sekretaris NSDC Ukraina menekankan.

Turchynov mengatakan bahwa selama pengujian karakteristik balistik ditentukan, sistem pemandu presisi tinggi diperiksa, efisiensi bahan bakar padat rudal baru dan keandalan memukul target oleh bagian tempur juga diperiksa. “Juga, yang sangat penting, kami menguji kualitas material rudal baru yang dibuat dari superalloy yang diproduksi dengan peralatan teknologi unik, yang pemasangannya selesai bulan lalu di Artem State Joint Stock Company”, catat Sekretaris NSDC dari Ukraina.

“Selama pengujian, rudal secara akurat mencapai titik sasaran, ini adalah hasil yang unik, yang sekali lagi membuktikan keuntungan rudal Ukraina atas analog Rusia”, katanya.

“Hari ini kita telah membuat langkah lain yang tegas untuk memperkuat pertahanan dan keamanan Ukraina”, sebut Turchynov.

Roket berpemandu 300mm yang baru, juga dikenal sebagai VILHA, dikembangkan oleh biro teknik Luch bekerjasama dengan perusahaan industri pertahanan Ukraina lainnya. Roket tersebut memiliki motor yang kokoh dan bisa dipersenjatai dengan berbagai jenis hulu ledak. Ini memiliki apa yang disebut sistem koreksi inersia, yang memberikan stabilisasi sudut putaran selama fase penerbangan.

Sistem baru ini bisa memberikan serangan sejauh 50 – 300 km dengan tingkat presisi tinggi. Roket baru diluncurkan melalui peluncur swagerak 9K58.

Roket baru diluncurkan dari peluncur swagerak 9K58. (Sumber: rnbo.gov.ua) (Sumber: rnbo.gov.ua) (Sumber: rnbo.gov.ua)

Tinggalkan komentar